Mengenal Jenis Jamur Kuku dan Penyebab Infeksinya

Image title
4 Oktober 2022, 21:33
Jari kaki yang terinfeksi jenis jamur kuku.
unspalsh.com
Jari kaki yang terinfeksi jenis jamur kuku.

Infeksi dan jenis jamur kuku bisa menyerang siapa saja, tak terkecuali Anda. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya kontaminasi jamur pada bagian kuku tangan atau kuku kaki.

Jenis jamur kuku bisa dibedakan berdasarkan sifat jamur yang menginfeksi bagian kuku. Guna mengetahui bagaimana penyebab dan kapan waktu untuk mengobati jamur kuku, simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Kuku Berjamur

Menurut Mayoclinic, jamur kuku merupakan suatu kondisi yang dimulai dengan munculnya bintik putih sampai kuning kecoklatan di bawah ujung kuku atau kuku kaki. Umumnya kondisi awal ini tidak terlalu membahayakan.

Akan tetapi di saat infeksi jamur masuk lebih dalam, kuku bisa berubah warna, menebal dan bagian tepinya rusak. Infeksi dari jenis jamur kuku dapat mempengaruhi beberapa kuku lainnya.

Andaikan kondisi ini dirasa ringan dan tidak mengganggu, Anda mungkin tidak memerlukan perawatan. Sebaliknya, Jika keadaannya terasa begitu menyakitkan serta menyebabkan kuku menebal, langkah-langkah perawatan serta pemberian obat secara mandiri dapat membantu. 

Sayangnya, pola treatment tersebut tidak begitu efektif. Sebab, serangan dari beberapa jenis jamur kuku sering muncul kembali.

Mengutip laman Hello Sehat, penyebab kuku berjamur adalah karena infeksi dari beberapa jenis jamur kuku. Paling sering terjadi biasanya akibat dermatofit.

Seseorang dapat tertular jenis jamur kuku ini ketika berada di tempat seperti kolam renang atau ruang ganti umum. Penyebarannya akan semakin masif kalau kondisi lingkungannya lembap.

Kuku jari kaki merupakan bagian paling rentan terhadap infeksi jenis jamur kuku. Mengingat kaki lebih sering terbungkus sepatu, sehingga sangat jarang terkena paparan sinar UV dari matahari yang dapat membunuh jamur. 

Jenis Jamur Kuku

Merujuk pada buku Penyakit Jamur Kulit, jenis jamur yang sering menyerang lapisan luar tubuh seperti pada kulit dan kuku disebut sebagai dermatofitosis. 

Organisme ini akan menimbulkan kerusakan di bagian epidermis mulai dari stratum korneum sampai stratum basalis.

Hal tersebut dapat terjadi karena jenis jamur kuku ini punya afinitas terhadap keratin, sehingga infeksinya dapat menyerang lebih dalam.

Jamur kuku atau dikenal juga dengan sebutan onychomycosis, dapat menginfeksi hampir semua bagian kuku Anda. Jika kondisinya sudah sangat parah, maka rasa nyeri dan kurang nyaman tidak bisa dihindari.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...