7 Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan

Manfaat sayur toge yang paling terkenal mungkin untuk meningkatkan kesuburan pria. Padahal sayuran ini masih punya beragam khasiat lainnya, seperti contoh berikut ini.
Image title
5 Oktober 2022, 22:14
Manfaat sayur toge
freepik.com
Manfaat sayur toge

Manfaat sayur toge paling terkenal mungkin khasiatnya untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Padahal, bahan pangan menyehatkan dengan tekstur renyah ini masih memiliki ragam kebaikan lainnya bagi kesehatan tubuh.

Toge sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk sayur yang diperoleh dari proses pertumbuhan pada biji atau kacang-kacangan. Manfaat toge hadir berkat kandungan nutrisinya.

Berbagai vitamin penting tersedia di dalam toge. Sebut saja seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, serta mineral berupa zat besi, kalium, dan fosfor. 

Manfaat sayur toge terasa semakin lengkap dengan hadirnya senyawa antioksidan, guna menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh.

Advertisement

Untuk mengetahui kandungan gizi yang tersimpan pada toge, simak pembahasan berikut ini agar Anda dapat mengetahui informasi lengkapnya.

Kandungan Gizi Toge

PEDAGANG TAOGE NAIK HAJI
PEDAGANG TAOGE NAIK HAJI (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/wsj.)

 

Manfaat sayur toge kerap kali didapatkan saat seseorang menyantapnya pada makanan seperti soto, tumis, gado-gado, dan sebagainya. Umumnya toge juga bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah.

Selain mudah diperoleh, toge utamanya yang berasal dari kecambah kacang hijau punya kandungan gizi melimpah. 

Menurut WebMD, berikut ini merupakan kandungan gizi yang tersedia dalam satu cangkir toge:

  • Lemak jenuh 0 gram
  • Lemak trans 0 gram
  • Kolesterol 0 miligram
  • Natrium 8 miligram
  • Kalium 0 miligram
  • Jumlah karbohidrat 17 
  • Serat makanan 3 gram
  • Gula 0 gram
  • Protein 7 gram

Sesuai gambaran di atas, sayur toge memiliki kadar lemak yang sangat rendah, tanpa kolesterol, dan tanpa lemak jenuh. Hal ini menjadi alasan mengapa manfaat sayur toge sangat berdampak baik bagi tubuh.

Berdasarkan laporan USDA, toge yang sebelumnya merupakan kacang hijau mengandung kadar vitamin C dan vitamin B6 cukup signifikan. Di dalamnya juga tersedia zat besi, riboflavin, asam pantotenat, niasin, serta thiamin.

Salah satu manfaat sayur toge yang mungkin jarang diketahui oleh sebagian besar orang, bahan pangan ini dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga toge sering dipakai sebagai pelengkap hidangan untuk diet.

Kandungan serat dan tingkat karbohidrat yang rendah, menjadikannya sayuran yang menyehatkan bagi tubuh Anda.

Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan

Ada banyak manfaat sayur toge untuk kesehatan. Dihimpun dari WebMD dan sumber lainnya, berikut merupakan contoh khasiat yang dimiliki sayuran tersebut:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Chemistry Central Journal, disebutkan kalau manfaat sayur toge salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sayur toge atau kecambah kacang hijau diklaim mampu sanggup menghalau infeksi, serta memberikan perlindungan bagi tubuh agar terhindar dari banyak penyakit.

Manfaat sayur toge ini berasal dari kandungan flavonoid yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

2. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Di dalam toge tersimpan sebuah blok pembangun protein yang bernama peptida. Unsur ini diproduksi ketika benih kacang hijau berkecambah.

Kandungan tersebut memberikan efek bagi tubuh agar terhindar dari darah tinggi. Beberapa penelitian juga menganggap, manfaat sayur toge salah satunya untuk mengatasi penyakit tersebut.

3. Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan Pencernaan

Tersedianya serat yang baik di dalam toge begitu membantu memperlancar proses pencernaan. Kemudian kandungan prebiotik pada toge juga berfungsi menjaga jumlah bakteri baik di usus agar tetap seimbang.

4. Membantu Mengontrol Gula Darah

Toge merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Bila dikonsumsi teratur, senyawa itu akan membantu mengontrol gula darah di dalam tubuh.

Selain itu, toge berperan penting dalam mengatur aktivitas amilase. Sebuah enzim yang diperlukan tubuh guna memecah dan mencerna gula. 

5. Manfaat Sayur Toge untuk Kesehatan Jantung

Kandungan vitamin K yang ada pada toge membantu untuk pembekuan darah dan menghambat penumpukan kalsium di pembuluh darah. Hal ini pun menjadi salah satu alasan kenapa The American Journal of Clinical Nutrition menyarankan pentingnya vitamin K dalam makanan yang dikonsumsi manusia.

Toge juga bisa menjadi solusi tepat guna menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), sekaligus meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL). Dengan begitu, kesehatan jantung Anda tetap terjaga.

6. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan nutrisi di dalam toge sangat membantu untuk meningkatkan kesehatan mata. Senyawa antioksidan pada sayuran ini berguna mencegah terjadinya degenerasi makula terkait usia di mata.

7. Diklaim Dapat Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan bagi manusia. Untungnya solusi untuk mencegah kondisi tersebut terjadi yakni dengan rutin mengkonsumsi toge secara teratur.

Banyak studi yang mengklaim bahwa manfaat sayur toge adalah mencegah kanker. Hal ini disebabkan karena protein dan peptida dalam toge juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Dengan melihat betapa baiknya manfaat sayur toge, tidak ada salahnya Anda mulai mencoba mengkonsumsinya secara teratur.

Pilih toge yang masih segar dan baik sebelum mengolahnya jadi makan. Usahakan jangan sampai toge tersebut berbau apek atau terasa berlendir.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait