8 Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tidak Mudah Rusak

Image title
6 Oktober 2022, 05:19
Ilustrasi, rambut berwarna. Cara merawat rambut berwarna dilakukan dengan menunggu tiga hari setelah rambut selesai diwarnai sebelum keramas. Gunakan produk perawatan khusus rambut berwarna.
Pexels/imustbedead
Ilustrasi, rambut berwarna

Rambut yang diberi cat pewarna membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat. Bahan kimia dalam cat rambut berpotensi menyebabkan kerusakan rambut. Oleh sebab itu, rambut berwarna perlu penanganan ekstra.

Sebelum memahami cara merawat rambut berwarna, ada baiknya mengenal apa itu cat rambut. Mengutip MedicalNewsToday, pewarna atau cat rambut adalah zat topikal yang mengubah warna rambut secara sementara, semi permanen, atau permanen.

Pewarna rambut dapat merusak batang rambut, membuatnya rapuh, dan lebih mudah patah. Kebanyakan pewarna rambut permanen menggunakan kombinasi amonia, hidrogen peroksida, dan p-phenylenediamine (PPD) untuk mewarnai rambut.

Amonia membuka lapisan protein di rambut, sehingga cat rambut dapat melapisi batang rambut. Hidrogen peroksida menghilangkan warna alami rambut, dan PPD mengikat rambut untuk mengubah warnanya sesuai yang diinginkan.

Mewarnai rambut dengan cara apa pun dapat menyebabkan:

  • Perubahan struktur lapisan kutikula rambut.
  • Memecah protein di rambut.
  • Menghilangkan lapisan lemak alami pada rambut.

Dengan demikian, diperlukan perlakuan khusus untuk rambut berwarna. Simak cara merawat rambut berwarna berikut dirangkum dari situs L'Oreal Paris, StyleCraze, dan Vogue.

Cara Merawat Rambut Berwarna

Pahami cara merawat rambut berwarna agar tidak mudah rusak berikut ini.

1. Tunggu Tiga Hari Sebelum Mencuci Rambut yang Baru Diwarnai

Cara merawat rambut berwarna dimulai dengan menunggu tiga hari sebelum mencuci rambut yang baru diwarnai. Cara ini bertujuan untuk mencegah warna rambut agar tidak mudah luntur. Selama pewarnaan rambut terjadi proses kimia yang membuat kutikula rambut terbuka dan rentan terhadap kerusakan. Oleh sebab itu, rambut yang baru diwarnai tidak boleh langsung dicuci.

2. Gunakan Sampo Pelindung Rambut Berwarna

Menggunakan sampo pelindung rambut berwarna termasuk cara merawat rambut berwarna agar tidak mudah rusak. Sampo ini berfungsi untuk mencegah kutikula terangkat dan warna rambut merembes keluar

Selain itu, sampo pelindung rambut berwarna akan menyeimbangkan pH alami rambut. Dengan demikian, sampo ini aman untuk menjaga warna rambut dan memastikannya tidak cepat pudar. Ada juga sampo dengan bahan-bahan yang menghidrasi dan menutrisi sehingga dapat memulihkan dan memperbaiki rambut Anda.

Hindari sampo dengan bahan keras seperti sulfat dan alkohol. Bahan tersebut akan menghilangkan warna dan kelembapan dari rambut.

3. Kurangi Frekuensi Keramas

Semakin sering keramas, semakin cepat warna rambut memudar. Oleh sebab itu, mengurangi frekuensi keramas merupakan cara merawat rambut berwarna agar tidak mudah pudar warnanya. Disarankan untuk keramas sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...