8 Cara Merawat Rambut Keriting Ini Patut Dicoba

Image title
6 Oktober 2022, 05:12
Ilustrasi, cara merawat rambut keriting
Pexels/Jean Alves
Ilustrasi, cara merawat rambut keriting

Rambut keriting atau bergelombang yang alami terlihat indah, tetapi membutuhkan perawatan ekstra. Mengutip SkinKraft Laboratories, rambut keriting cenderung mudah kering dan lebih rentan bercabang dan patah karena strukturnya yang bergelombang.

Jika dibiarkan, rambut keriting menjadi rentan terhadap kerusakan. Rambut keriting yang kering disebabkan karena minyak alami yang melapisi kulit kepala tidak mudah turun ke batang rambut. Itulah sebabnya rambut keriting jauh lebih rentan terhadap kekeringan daripada rambut lurus.

Advertisement

Cara Merawat Rambut Keriting

Melansir dari Healthline dan SkinKraft Laboratories, berikut beragam cara merawat rambut keriting.

1. Pilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Cara merawat rambut keriting dimulai dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat. Carilah sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut keriting. Sebagai rekomendasi, gunakan produk yang mengandung bahan-bahan berikut:

  • Minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak bunga matahari, dan minyak alpukat.
  • Lidah buaya.
  • Keratin.
  • Shea butter.
  • Panthenol dan provitamin.
  • Ekstrak tumbuhan.

Mencuci rambut merupakan langkah pertama dan terpenting dalam setiap rutinitas perawatan rambut, terutama untuk rambut keriting. Dengan demikian, rambut bebas dari debu, minyak berlebih, sel kulit mati, dan penumpukan produk di kulit kepala.

Gunakan sampo ringan yang bebas dari bahan kimia beracun, seperti sulfat, silikon, alkohol, dan paraben yang dapat mengiritasi kulit kepala. Sulfat adalah agen pembusa, sementara paraben adalah pengawet yang digunakan dalam produk perawatan rambut.

Coba gunakan sampo dengan formula surfaktan ringan, bebas pewangi, bebas sulfat, bebas silikon, dan bebas paraben.

2. Hindari Keramas Berlebihan

Sampo dirancang untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan minyak berlebih. Dengan demikian, keramas berlebihan dapat membuat rambut keriting menjadi kering karena menghilangkan kelembapan pada rambut.

Selain itu, terlalu sering menggunakan sampo dapat merusak rambut karena sampo menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala dan dapat membuat rambut dan kulit kepala terlalu kering.

3. Gunakan Perawatan Rambut Keriting Sebelum Keramas

Perawatan sebelum keramas dilakukan sebagai cara merawat rambut keriting. Jika Anda memiliki rambut yang sangat kasar atau keriting, coba menggunakan perawatan sebelum keramas menggunakan kondisioner. Tujuannya yaitu membantu melindungi helai rambut sehingga sampo tidak menghilangkan minyak alami rambut.

Opsi perawatan sebelum keramas lainnya yaitu menggunakan masker rambut atau minyak pengkondisi ke rambut kering sambil memisahkan bagian rambut. Biarkan selama 20 menit. Anda bisa mengenakan topi mandi atau handuk untuk menahan panas dan membuka kutikula. Ini memastikan bahwa masker atau minyak menembus rambut dengan baik. Bilas setelah 20 menit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement