8 Cara Merawat Rambut Keriting Ini Patut Dicoba

Cara merawat rambut keriting dimulai dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat, hingga menggunakan air dingin saat keramas.
Image title
6 Oktober 2022, 05:12
Ilustrasi, cara merawat rambut keriting
Pexels/Jean Alves
Ilustrasi, cara merawat rambut keriting

Rambut keriting atau bergelombang yang alami terlihat indah, tetapi membutuhkan perawatan ekstra. Mengutip SkinKraft Laboratories, rambut keriting cenderung mudah kering dan lebih rentan bercabang dan patah karena strukturnya yang bergelombang.

Jika dibiarkan, rambut keriting menjadi rentan terhadap kerusakan. Rambut keriting yang kering disebabkan karena minyak alami yang melapisi kulit kepala tidak mudah turun ke batang rambut. Itulah sebabnya rambut keriting jauh lebih rentan terhadap kekeringan daripada rambut lurus.

Cara Merawat Rambut Keriting

Melansir dari Healthline dan SkinKraft Laboratories, berikut beragam cara merawat rambut keriting.

1. Pilih Sampo dan Kondisioner yang Tepat

Cara merawat rambut keriting dimulai dengan memilih sampo dan kondisioner yang tepat. Carilah sampo dan kondisioner yang dirancang khusus untuk rambut keriting. Sebagai rekomendasi, gunakan produk yang mengandung bahan-bahan berikut:

Advertisement
  • Minyak alami, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak bunga matahari, dan minyak alpukat.
  • Lidah buaya.
  • Keratin.
  • Shea butter.
  • Panthenol dan provitamin.
  • Ekstrak tumbuhan.

Mencuci rambut merupakan langkah pertama dan terpenting dalam setiap rutinitas perawatan rambut, terutama untuk rambut keriting. Dengan demikian, rambut bebas dari debu, minyak berlebih, sel kulit mati, dan penumpukan produk di kulit kepala.

Gunakan sampo ringan yang bebas dari bahan kimia beracun, seperti sulfat, silikon, alkohol, dan paraben yang dapat mengiritasi kulit kepala. Sulfat adalah agen pembusa, sementara paraben adalah pengawet yang digunakan dalam produk perawatan rambut.

Coba gunakan sampo dengan formula surfaktan ringan, bebas pewangi, bebas sulfat, bebas silikon, dan bebas paraben.

2. Hindari Keramas Berlebihan

Sampo dirancang untuk membersihkan kulit kepala dan menghilangkan minyak berlebih. Dengan demikian, keramas berlebihan dapat membuat rambut keriting menjadi kering karena menghilangkan kelembapan pada rambut.

Selain itu, terlalu sering menggunakan sampo dapat merusak rambut karena sampo menghilangkan minyak alami yang dihasilkan kulit kepala dan dapat membuat rambut dan kulit kepala terlalu kering.

3. Gunakan Perawatan Rambut Keriting Sebelum Keramas

Perawatan sebelum keramas dilakukan sebagai cara merawat rambut keriting. Jika Anda memiliki rambut yang sangat kasar atau keriting, coba menggunakan perawatan sebelum keramas menggunakan kondisioner. Tujuannya yaitu membantu melindungi helai rambut sehingga sampo tidak menghilangkan minyak alami rambut.

Opsi perawatan sebelum keramas lainnya yaitu menggunakan masker rambut atau minyak pengkondisi ke rambut kering sambil memisahkan bagian rambut. Biarkan selama 20 menit. Anda bisa mengenakan topi mandi atau handuk untuk menahan panas dan membuka kutikula. Ini memastikan bahwa masker atau minyak menembus rambut dengan baik. Bilas setelah 20 menit.

4. Cuci Rambut Keriting Minimal Seminggu Sekali

Rambut keriting harus dibersihkan setidaknya sekali seminggu untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Saat keramas, pastikan rambut Anda benar-benar basah sebelum menambahkan sampo ke telapak tangan. Gunakan ujung jari untuk meratakan sampo hingga ke kulit kepala dan menghilangkan kotoran. Pijat sampo dengan lembut ke seluruh rambut sebelum dibilas.

Rambut keriting rentan terhadap kekeringan, itulah sebabnya keramas seminggu sekali disarankan untuk keseimbangan minyak alami rambut tanpa menyebabkan masalah rambut lainnya.

5. Gunakan Sisir Bergigi Jarang

Untuk merawat rambut keriting, gunakan sisir bergigi jarang untuk menghilangkan kusut pada rambut keriting. Sisir dari bawah ke atas agar rambut tidak kusut. Gunakan sisir dengan lembut supaya rambut tidak patah atau rontok.

Pilih sisir berkualitas tinggi dengan bulu alami, bukan plastik. Pilihan lainnya adalah tidak menggunakan sisir sama sekali. Jika Anda memiliki rambut ikal yang sangat lentur, coba aplikasikan kondisioner tanpa bilas dan kemudian usap rambut basah dengan ujung jari.

6. Urai Rambut Keriting Sebelum Dicuci

Cara merawat rambut keriting selanjutnya yaitu mengurai rambut sebelum mencucinya. Anda dapat mengurai rambut hanya dengan menggunakan air. Opsi lain yakni menggunakan semprotan anti kusut untuk memudahkan proses.

Jika Anda memiliki tekstur rambut halus dengan pola ikal longgar, gunakan jari ke seluruh rambut dengan lembut untuk menghilangkan kusut tanpa menyebabkan kerusakan. Untuk tekstur rambut yang lebih kasar dan pola ikal yang lebih padat, gunakan sisir bergigi lebar.

7. Keramas Pakai Air Dingin

Keramas pakai air dingin merupakan cara merawat rambut keriting karena air panas menghilangkan minyak alami dari kulit kepala dan rambut Anda. Air panas juga dapat membuka kutikula yang membuat helaian rambut rentan kusut dan patah. Oleh sebab itu, selalu gunakan air dingin saat keramas.

8. Potong Rambut Keriting untuk Menghindari Ujung Bercabang

Potong rambut Anda setiap 6-8 minggu untuk menghilangkan ujung bercabang dan rambut rusak. Saat memotong rambut keriting, lebih baik membiarkan ikal mengering dan mempertahankan bentuk alaminya daripada membasahinya terlebih dahulu.

Jika Anda memangkas rambut keriting saat basah, Anda akan mendapatkan pola ikal yang longgar. Setelah kering, rambut keriting akan menjadi lebih pendek daripada saat basah karena mengalami penyusutan.

Demikian beragam cara merawat rambut kering yang patut dicoba.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait