Dijuluki Superfood, Ini Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan

Manfaat sayur kale berasal dari padatnya nutrisi dan mineral penting bagi tubuh. Sayur ini terdiri dari serat serta rendah kalori, sehingga membuatnya cocok dikonsumsi untuk diet.
Image title
7 Oktober 2022, 19:14
Ilustrasi sayur kale
unspalsh.com
Ilustrasi sayur kale

Secara tampilan kale memang tidak begitu menarik. Akan tetapi, manfaat sayur kale sangat beragam dan bisa menyehatkan tubuh.

Kale atau kubis merupakan sayuran hijau kaya nutrisi. Tanaman yang berasal dari spesies Brassica oleracea ini memiliki daun panjang dan melebar. Sedangkan warnanya seperti kembang kol.

Manfaat sayur kale dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya. Sayuran hijau seperti kale cocok dijadikan santapan bergizi tinggi yang khasiatnya tidak perlu diragukan lagi.

Kale biasanya dihidangkan dalam makanan yang ditumis, dikukus, hingga sebagai campuran smoothie buah. Sayur yang tergolong superfood ini efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga memperbaiki pencernaan.

Advertisement

Kandungan Nutrisi Sayur Kale

Hampir semua sayuran dari keluarga kubis seperti kale dan sawi mengandung vitamin C lebih tinggi daripada sayuran lainnya. 

Ditambah lagi dengan adanya potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, bahan pangan menyehatkan ini layak disebut superfood.

Terlepas dari banyaknya manfaat sayur kale, tumbuhan tersebut sering diabaikan. Padahal kale mempunyai kandungan nutrisi yang mengesankan.

Apa saja kandungan nutrisi yang tersedia di sayur kale? Berikut informasi lengkapnya menurut laman Healthline:

Dalam 89 gram kale mentah mengandung:

  • 22 kalori
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin K: 85 %
  • Vitamin C: 54 % 
  • Folat: 10 % 
  • Mangan: 7 % 
  • Vitamin B6: 6 % 
  • Kalsium: 4 % 
  • Kalium: 4 % 
  • Magnesium: 3 % 

Padatnya kandungan nutrisi dan mineral yang tersimpan di dalam kale, menjadikannya sebagai salah satu sumber makanan nabati paling direkomendasikan.

Kale diketahui memiliki senyawa yang disebut fitonutrien. Kandungan ini dapat memberikan kekuatan pelindung sel. Dipadukan dengan antioksidan yang melimpah, manfaat sayur kale menawarkan perlindungan terbaik agar terhindar dari radikal bebas.

Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan

Manfaat sayur kale sudah dikenal oleh masyarakat sejak dulu. Meski berasal dari daratan Eropa, sayuran hijau ini sudah tersebar hingga ke seluruh dunia. Termasuk salah satunya Indonesia.

Sayur kale merupakan makanan yang kaya nutrisi dan sangat sehat. Mengutip Wikifarmer, lebih dari 92% unsur pembentuk sayur ini adalah air.

Sayuran hijau seperti kale memberi tubuh nutrisi penting yang memperkuat sistem kekebalan dan menjaga kesehatan. Sayuran ini rendah kalori sehingga direkomendasikan untuk atlet dan cocok bagi pelaku diet.

Manfaat sayur kale tidak hanya sebatas itu saja. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa khasiat yang dimiliki kale:

1. Manfaat Daun Kale Baik untuk Diet dan Sistem Pencernaan

Daun kale yang diolah dengan cara fermentasi seperti asinan atau kimchi, dipercaya bisa mendatangkan manfaat yang baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu untuk sistem pencernaan.

Kale menawarkan fitosterol dan serat tidak larut. Keduanya berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan sekaligus mencegah terjadinya sembelit.

Kandungan air dan serat yang tinggi, menjadikan kale sangat mudah di masukan ke dalam menu diet. 

2. Melawan Radikal Bebas dan Melindungi Sel Tubuh

Antioksidan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.Ketika levelnya menjadi terlalu tinggi, mereka dapat merusak sel-sel tubuh.

Kale merupakan satu dari sekian banyak sayuran yang kaya akan antioksidan. Selain itu, vitamin C di dalam kale membantu untuk melindungi sel

Vitamin C juga bertindak sebagai asam askorbat. Sebuah senyawa yang berfungsi meningkatkan pembentukan kolagen sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh.. 

3. Manfaat Sayur Kale untuk Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa bioaktif pada kale memberikan perlindungan terhadap sel dari kerusakan DNA. Fungsi ini begitu vital karena dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.

Dilansir dari WebMD, sejumlah studi menunjukan manfaat sayur kale dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Hal ini berkaitan dengan adanya glukosinolat, zat khusus mengandung belerang yang diubah tubuh menjadi pelindung dari kanker.

4. Menurunkan Kolesterol

Sayur kale terbukti memiliki zat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan serat larut di dalamnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengikat kolesterol dalam usus, kemudian menjaganya agar tidak diserap ke dalam darah.

Senyawa tumbuhan yang disebut fitosterol berperan dalam mengurangi kolesterol jahat. Mereka aakan menghalangi penyerapan kolesterol di saluran pencernaan.

5. Menyehatkan Jantung

Antosianin yang ditemukan dalam kale tidak hanya memberikan perlindungan dari peradangan. Kandungan ini berguna juga untuk mengurangi risiko dari serangan penyakit jantung.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin yang merupakan jenis karotenoid, bisa melindungi mata dari penurunan fungsi akibat degenerasi makula serta katarak. 

Dengan mengkonsumsi daun ini secara teratur, maka manfaat sayur kale dapat menyehatkan dan memelihara fungsi mata.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kubis mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang melindungi kulit dari radiasi matahari dan efek sampingnya. Tidak hanya vitamin C,  protein kubis seperti lipoxygenase bertindak melawan peradangan kulit.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait