Dijuluki Superfood, Ini Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan

Image title
7 Oktober 2022, 19:14
Ilustrasi sayur kale
unspalsh.com
Ilustrasi sayur kale

Secara tampilan kale memang tidak begitu menarik. Akan tetapi, manfaat sayur kale sangat beragam dan bisa menyehatkan tubuh.

Kale atau kubis merupakan sayuran hijau kaya nutrisi. Tanaman yang berasal dari spesies Brassica oleracea ini memiliki daun panjang dan melebar. Sedangkan warnanya seperti kembang kol.

Advertisement

Manfaat sayur kale dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya. Sayuran hijau seperti kale cocok dijadikan santapan bergizi tinggi yang khasiatnya tidak perlu diragukan lagi.

Kale biasanya dihidangkan dalam makanan yang ditumis, dikukus, hingga sebagai campuran smoothie buah. Sayur yang tergolong superfood ini efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga memperbaiki pencernaan.

Kandungan Nutrisi Sayur Kale

Hampir semua sayuran dari keluarga kubis seperti kale dan sawi mengandung vitamin C lebih tinggi daripada sayuran lainnya. 

Ditambah lagi dengan adanya potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, bahan pangan menyehatkan ini layak disebut superfood.

Terlepas dari banyaknya manfaat sayur kale, tumbuhan tersebut sering diabaikan. Padahal kale mempunyai kandungan nutrisi yang mengesankan.

Apa saja kandungan nutrisi yang tersedia di sayur kale? Berikut informasi lengkapnya menurut laman Healthline:

Dalam 89 gram kale mentah mengandung:

  • 22 kalori
  • Protein: 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin K: 85 %
  • Vitamin C: 54 % 
  • Folat: 10 % 
  • Mangan: 7 % 
  • Vitamin B6: 6 % 
  • Kalsium: 4 % 
  • Kalium: 4 % 
  • Magnesium: 3 % 

Padatnya kandungan nutrisi dan mineral yang tersimpan di dalam kale, menjadikannya sebagai salah satu sumber makanan nabati paling direkomendasikan.

Kale diketahui memiliki senyawa yang disebut fitonutrien. Kandungan ini dapat memberikan kekuatan pelindung sel. Dipadukan dengan antioksidan yang melimpah, manfaat sayur kale menawarkan perlindungan terbaik agar terhindar dari radikal bebas.

Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan

Manfaat sayur kale sudah dikenal oleh masyarakat sejak dulu. Meski berasal dari daratan Eropa, sayuran hijau ini sudah tersebar hingga ke seluruh dunia. Termasuk salah satunya Indonesia.

Sayur kale merupakan makanan yang kaya nutrisi dan sangat sehat. Mengutip Wikifarmer, lebih dari 92% unsur pembentuk sayur ini adalah air.

Sayuran hijau seperti kale memberi tubuh nutrisi penting yang memperkuat sistem kekebalan dan menjaga kesehatan. Sayuran ini rendah kalori sehingga direkomendasikan untuk atlet dan cocok bagi pelaku diet.

Manfaat sayur kale tidak hanya sebatas itu saja. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini beberapa khasiat yang dimiliki kale:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement