Cuaca adalah Kondisi Atmosfer di Bumi, Ini Contoh dan Manfaatnya

Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2022, 16:59
Cuaca adalah kondisi atmosfer yang dipengaruhi oleh angin, kelembapan, sinar matahari, dan curah hujan
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah.
Ilustrasi Cuaca Berawan

Iklim dan cuaca saling berkaitan dengan satu sama lain. Cuaca adalah keadaan di atmosfer dalam jangka waktu tertentu dan wilayahnya terbatas. Ada berbagai unsur pembentuk cuaca seperti suhu udara, angin, hujan, dan sinar matahari.

Cuaca bisa berubah-ubah karena perubahan udara di sekeliling bumi. Ada berbagai kondisi cuaca yang sering ditayangkan televisi. Contohnya saja cuaca cerah, panas, hujan, dan berawan. Berikut penjelasan lengkap tentang cuaca.

Pengertian Cuaca 

Cuaca adalah keadaan atmosfer termasuk suhu, angin, kelembaban, curah hujan, kekeruhan, dan tekanan atmosfer. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cuaca adalah keadaan udara dalam waktu dan wilayah yang terbatas.

Cuaca mengacu pada kondisi jangka pendek atmosfer lebih rendah. Ada beberapa jenis cuaca seperti cuaca cerah, berawan, dingin, panas, dan hujan.

Ilmu yang mempelajari tentang cuaca adalah meteorologi. Di Indonesia ada lembaga khusus yang membidangi cuaca yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Menurut BMKG cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.

Mengutip dari Nationalgeographic.org, ahli meteorologi melakukan analisis data dari satelit, stasiun cuaca, dan pelampung untuk memprediksi cuaca. Prediksi cuaca ini bisa dilakukan selama beberapa hari sampai minggu mendatang.

Jika kalian melihat televisi, ada prakiraan cuaca yang ditampilkan. Prakiraan cuaca ini bisa berbeda tergantung daerah.

Manfaat Cuaca

Cuaca mempengaruhi kebutuhan dan aktivitas manusia. Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan prakiraan cuaca untuk bekerja.

Berikut manfaat cuaca untuk aktivitas manusia:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement