Cuaca adalah Kondisi Atmosfer di Bumi, Ini Contoh dan Manfaatnya

Cuaca adalah kondisi atmosfer yang dipengaruhi oleh berbagai unsur. Keadaan cuaca bisa berubah dalam waktu dan wilayah terbatas. Berikut penjelasan mengenai manfaat dan kondisi cuaca.
Dwi Latifatul Fajri
7 Oktober 2022, 16:59
Cuaca adalah kondisi atmosfer yang dipengaruhi oleh angin, kelembapan, sinar matahari, dan curah hujan
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah.
Ilustrasi Cuaca Berawan

Iklim dan cuaca saling berkaitan dengan satu sama lain. Cuaca adalah keadaan di atmosfer dalam jangka waktu tertentu dan wilayahnya terbatas. Ada berbagai unsur pembentuk cuaca seperti suhu udara, angin, hujan, dan sinar matahari.

Cuaca bisa berubah-ubah karena perubahan udara di sekeliling bumi. Ada berbagai kondisi cuaca yang sering ditayangkan televisi. Contohnya saja cuaca cerah, panas, hujan, dan berawan. Berikut penjelasan lengkap tentang cuaca.

Pengertian Cuaca 

Cuaca adalah keadaan atmosfer termasuk suhu, angin, kelembaban, curah hujan, kekeruhan, dan tekanan atmosfer. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cuaca adalah keadaan udara dalam waktu dan wilayah yang terbatas.

Cuaca mengacu pada kondisi jangka pendek atmosfer lebih rendah. Ada beberapa jenis cuaca seperti cuaca cerah, berawan, dingin, panas, dan hujan.

Advertisement

Ilmu yang mempelajari tentang cuaca adalah meteorologi. Di Indonesia ada lembaga khusus yang membidangi cuaca yaitu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika. Menurut BMKG cuaca adalah kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu.

Mengutip dari Nationalgeographic.org, ahli meteorologi melakukan analisis data dari satelit, stasiun cuaca, dan pelampung untuk memprediksi cuaca. Prediksi cuaca ini bisa dilakukan selama beberapa hari sampai minggu mendatang.

Jika kalian melihat televisi, ada prakiraan cuaca yang ditampilkan. Prakiraan cuaca ini bisa berbeda tergantung daerah.

Manfaat Cuaca

Cuaca mempengaruhi kebutuhan dan aktivitas manusia. Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan prakiraan cuaca untuk bekerja.

Berikut manfaat cuaca untuk aktivitas manusia:

  • Pelaut dan pilot membutuhkan kan prakiraan cuaca untuk mengetahui adanya badai besar atau hujan.
  • Petani membutuhkan cuaca untuk menanam dan memanen padi.
  • Petugas pemadam kebakaran memantau cuaca untuk menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran hujan.
  • Prakiraan cuaca untuk memperingatkan orang-orang tentang kondisi cuaca terkini.
  • Prakiraan cuaca juga membantu perencanaan misi militer dan perdagangan.

Kondisi Cuaca

Kondisi cuaca bisa berubah dalam waktu tertentu. Dalam ramalan cuaca untuk besok, minggu, dan bulan depan terdapat simbol-simbol. Kondisi cuaca ini disimbolkan awan, matahari, hujan dan awan, hingga petir.

Simbol tersebut menjelaskan kondisi cuaca terkini. Contohnya saja simbol matahari untuk kondisi cuaca cerah. Matahari dan awan berarti cerah berawan, sedangkan awan dan hujan berarti cuaca hujan.

Berikut kondisi cuaca yang perlu diketahui:

1. Cuaca Hujan

Dalam ramalan cuaca, simbol cuaca hujan yaitu awan dan tetesan air. Hujan terjadi karena air yang menguap membentuk awan. Semakin keatas, maka suhu uap air semakin rendah.

Dalam suhu tertentu uap air akan mengembun menjadi titik-titik air. Kemudian titik air ini jatuh ke bumi dalam bentuk hujan.

2. Cuaca Berangin

Cuaca berangin menjelaskan perbedaan tekanan udara. Misalnya ketika siang hari, daratan lebih cepat panas dari lautan. Hal ini membuat tekanan udara diatas daratan lebih rendah dari tekanan udara diatas laut.

3. Cuaca Dingin

Kondisi cuaca dipengaruhi oleh kelembapan udara, suhu udara rendah, dan kecepatan angin. Jika kelembapan udara tinggi, maka angin bertiup kencang dan suhu udara rendah.

4. Cuaca Cerah

Cuaca cerah menjelaskan keadaan langit dalam kondisi terang. Matahari bersinar tetapi suhu udara tidak terlalu panas. Selain itu awan berlapis tipis seperti bulu serat halus.

5. Cuaca Berawan

Jenis lainnya dari cuaca adalah kondisi berawan, di mana sinar matahari tertutupi awan. Jika melihat langit, awan menebal karena kumpulan uap air. Uap air ini berasa dari air sungai, air laut, danau, dan kolam yang menguap.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait