Cara Mengatasi Rambut Mengembang, Kering dan Keriting

Ghina Aulia
11 Oktober 2022, 19:25
Cara mengatasi rambut mengembang
pexels/Ron Lach
ilustrasi orang menghadap belakang yang menggunakan rol rambut

Perawatan rambut menjadi salah satu hal penting yang dijaga kaum hawa, mangacu pada istilah rambut sebagai mahkota wanita. Dengan merawat rambut, maka kesehatan dan kebersihan kulit kepala ikut terjaga.

Sayangnya, tidak semua jenis rambut bisa diberlakukan sama. Beda jenis dan karakter rambut, maka Anda membutuhkan perawatan rambut khusus, termasuk cara mengatasi rambut mengembang

Pasalnya, rambut mengembang dapat membuat tampilan kurang menarik. Selain itu, rambut juga terlihat kusam, tidak terawat serta sulit ditata. Ditambah lagi, tekstur rambut akan terasa kasar dan kering

Umumnya rambut mengembang dipicu beragam masalah, sehingga untuk mengatasinya memerlukan produk perawatan yang tepat. Dengan begitu, cara mengatasi rambut mengembang bisa menjadi solusi untuk Anda yang menginginkan rambut lebih sehat dan lembut.

Faktor Penyebab Rambut Mengembang

Melansir dari situs Fimela, penggunaan bahan kimia berlebih menjadi salah satu penyebab rambut mengambang. Terlebih ketika rambut lebih sering terpapar sinar matahari, sehingga menyebabkan kerukan tekstur, hingga kering.

Faktor lain yang menyebabkan rambut mengembang adalah penggunaan pengering rambut yang berlebihan. Paparan udara atau angin yang berlebih dari alat pengering juga mengeluarkan udara panas sehingga mudah merusak helai rambut.

Tidak hanya pengering, penggunaan alat penata rambut yang menghantarkan panas secara langsung juga dapat merusak rambut, seperti catokan. Maka dari itu, pastikan Anda sudah mengaplikasikan produk heat protection agar rambut terjaga dari paparan energi panas.

Solusi Rambut Mengembang

Banyaknya faktor penyebab tersebut, membuat cara mengatasi rambut yang mengembang dan kering menjadi tidak mudah. Alternatifnya, Anda perlu melakukan beberapa perawatan, seperti meluruskan dan melembutkan rambut atau dikenal dengan istilah smoothing.

Meski hasilnya instan, tetap diperlukan perawatan berkelanjutan agar rambut tidak mudah kembali mengembang. Anda juga perlu memahami terlebih dahulu proses perawatannya karena cukup berisiko, karena rambut akan terpapar langsung dengan zat kimia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...