Memahami Rumus Limit Trigonometri dan Contoh Pembahasan Soal

Dwi Latifatul Fajri
17 Oktober 2022, 11:40
Rumus Limit Trigonometri
Pexels.com/Dids
Ilustrasi segitiga

Trigonometri adalah cabang ilmu matematika, untuk mengukur sudut segitiga. Dalam kehidupan sehari-hari, trigonometri penting untuk menghitung matematika dan kajian astronomi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, trigonometri diartikan sebagai mengukur sudut dan sepadan segitiga. Trigonometri adalah cabang ilmu matematika yang berhubungan dengan sudut segitiga. Kata trigonometri ini berasal dari bahasa Yunani. Trigonon artinya sudut dan metro bermakna mengukur.

Penggunaan trigonometri sudah ada sejak lama. Berdasarkan sejarah, cabang matematika ini dipakai lebih dari 3000 tahun lalu. Masyarakat Mesir Kuno, Babilonia, dan peradaban bangsa lembah Indus menggunakan trigonometri.

Ada berbagai rumus salah satunya limit trigonometri. Metode untuk menghitung rumus limit trigonometri adalah metode konvensional atau super. Metode biasanya menggunakan rumus dasar untuk menyelesaikan batas fungsi trigonometri. Menyelesaikan limit trigonometri membutuhkan banyak waktu. Sehingga membutuh metode super untuk menyelesaikan batas segitiga.

Manfaat Limit Trigonometri

Limit adalah suatu batasan nilai memakai pendekatan fungsi. Limit disebut juga nilai yang didekati suatu fungsi ketika mendekati nilai tertentu. Mengutip dari zenius.net, limit trigonometri adalah nilai yang mendekati sudut fungsi trigonometri.

Cara menghitungnya mirip dengan limit fungsi aljabar. Tetapi, fungsi trigonometri harus diubah dulu. Limit trigonometri ini bermanfaat dalam berbagai bidang. Contohnya saja bidang kedokteran.

Kacamata lensa cekung menggunakan bantuan limit trigonometri. Lensa kacamata ini supaya bisa dilihat oleh orang yang mengalami rabun jauh. Limit trigonometri dipakai untuk menghitung batasan jarak dari pusat optik lensa cekung di titik fokus.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...