5 Hewan Terpintar di Dunia versi Discover Magazine

Image title
17 Oktober 2022, 06:28
Ilustrasi, simpanse, hewan terpintar di dunia
Flickr/Tambako The Jaguar
Ilustrasi, simpanse, hewan terpintar di dunia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan hewan dapat diukur. Tetapi, hasilnya tidak sepenuhnya akurat karena pengukuran kecerdasan hewan berpengaruh pada lingkungan tempat mereka tinggal. Menempatkan mereka sebagai subjek eksperimen dalam laboratorium dapat berdampak pada hasil akhir.

Menurut Scientific American, banyak hewan memiliki kemampuan kognitif khusus yang memungkinkan mereka untuk unggul di habitat. Namun, mereka umumnya tidak dapat memecahkan seperti layaknya manusia. Beberapa hewan dapat melakukannya, sehingga termasuk hewan terpintar.

Merangkum penjelasan dari The Atlantic, saat mempelajari kecerdasan hewan, para ilmuwan biasanya menganalisis kontrol diri, kesadaran diri, dan memori. Kemampuan ini merupakan bagian integral untuk memproses informasi dan membuat pilihan rasional.

Sayangnya, ketika mengukur aspek-aspek tersebut pada hewan, ilmuwan seringkali sulit mencapai akurasi ilmiah. Inilah sebabnya mengapa predikat hewan terpintar di dunia tidak sepenuhnya faktual.

Ada berbagai sumber berbeda yang mengkompilasi hewan-hewan terpintar di dunia. Berikut pembahasan hewan terpintar di dunia versi majalah sains Discover Magazine.

1. Simpanse

Simpanse merupakan hewan terpintar di dunia. Hewan ini memiliki hampir 99 persen DNA manusia, sehingga menjadikan simpanse sebagai kerabat terdekat manusia. Simpanse memiliki jumlah jari tangan dan kaki yang sama serta memiliki sistem saraf, otot, dan tulang yang serupa.

Meskipun manusia memiliki otak yang lebih besar, simpanse dan otak manusia memiliki struktur dan fungsi yang serupa. Simpanse dapat melakukan pemikiran abstrak dan beralasan. Simpanse juga dapat menggunakan sejumlah alat, seperti tongkat dan rumput untuk menggali rayap.

Selain itu, simpanse juga bisa melempar batu dan ranting ketika terancam, melipat daun untuk digunakan sebagai tempat air minum, dan menggunakan batu untuk membuka cangkang keras kacang.

Dalam segi kecerdasan emosi, simpanse memiliki beberapa emosi yang sama seperti manusia. Contohnya, kebahagiaan, kasih sayang, empati, kesedihan dan kecemasan. Hewan terpintar di dunia ini juga memiliki kemampuan memecahkan masalah kompleks, seperti menyeberang jalan dengan aman, menghindari jerat kawat, dan merampok tanaman dari pertanian.

2. Burung Gagak

Burung gagak menjadi hewan terpintar di dunia urutan kedua. Otak burung ini berukuran kecil, tetapi sangat kuat. Otak burung gagak memiliki banyak neuron padat yang berfungsi secara efektif.

Aktivitas penilaian dan pemrosesan masalah biasanya terjadi di bagian korteks serebral yang tidak dimiliki burung gagak. Namun, hewan terpintar kedua ini memiliki pallium, yaitu lapisan tebal berisi materi abu-abu yang menutupi permukaan atas otak besar.

Burung gagak menunjukkan kemampuan menggunakan tongkat sebagai tombak dan alat berkait untuk menggali serangga. Kecerdasan mereka mencakup pemikiran yang lebih tinggi, seperti perencanaan.

Ketika menangkap makanan, burung gagak akan berpura-pura menyembunyikannya dari hewan lain menggunakan bulu mereka. Di daerah tertentu, burung gagak diketahui menjatuhkan kacang kulit ke jalan, sehingga mobil yang lewat melindasnya dan isi kacang dapat dikeluarkan. Kemudian burung pintar ini akan menunggu saat sepi untuk memakan isi kacang.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...