11 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Image title
1 Oktober 2021, 18:06
Ilustrasi cara mengusir tikus
DSD/Pexels
Ilustrasi cara mengusir tikus

Tikus yang masuk ke dalam rumah merupakan permasalahan yang mungkin pernah Anda alami. Hewan pengerat satu ini berukuran kecil dan tubuhnya fleksibel sehingga mampu menyusup melalui celah sempit.

Sebagai hewan mamalia yang berdarah hangat, tikus masuk ke rumah untuk mencari tempat berlindung dan makanan. Merujuk pada publikasi Colorado State University, tikus memiliki gigi seri besar yang tidak berakar dan tumbuh terus menerus.

Hal tersebut membuat mereka harus mengasah gigi dengan menggerogoti bermacam-macam bahan. Perilaku itu dapat berdampak pada rumah, terutama bagian pintu dan jendela sebagai pembatas.

Kehadiran tikus di dalam rumah merupakan masalah serius. Tikus dapat membawa penyakit berbahaya, merusak rumah, mencemari air, meninggalkan bau tak sedap, dan berpotensi menyebabkan korsleting jika menggigit kabel.

Untuk mengatasi masalah hama tikus, Anda dapat mencoba cara mengusir tikus dengan bahan alami dan kimia berikut ini.

1. Gunakan lada hitam

Mengusir tikus menggunakan lada hitam dapat dilakukan dengan mudah. Lada hitam mengandung bahan kimia yang disebut piperin yang beracun bagi tikus. Menaburkan lada hitam juga dapat mengiritasi saluran hidung dan menyebabkan ketidaknyamanan pada tikus.

Pertama, Anda harus membersihkan semua sampah, sisa makanan, dan potensi sumber air bagi tikus. Tujuannya adalah menghalangi mereka dari dan memaksa mereka untuk mencari di tempat lain.

Temukan tempat tikus bersembunyi dan isi dengan lada hitam yang digiling kasar. Area ini bisa jadi di belakang lemari es, mesin cuci dan pengering, di sepanjang dinding, di dekat tempat sampah, dan di celah-celah.

2. Letakkan bawang bombai

Bau bawang bombai adalah cara alami untuk mengusir tikus. Tikus tidak dapat mentolerir baunya. Caranya, kupas dan cincang satu buah bawang bombai. Leakkan di tempat yang ditinggali tikus. Kemudian ganti setelah sudah busuk.

3. Oleskan minyak peppermint

Bau minyak peppermint dapat mengusir tikus. Indra penciuman tikus sangat sensitif sehingga bau minyak peppermint mengganggu dan pada akhirnya membuat mereka pergi. Untuk melakukan ini, oleskan 25-30 tetes minyak peppermint ke bola kapas dan letakkan di tempat-tempat di mana tikus biasa ditemukan.

4. Gunakan adonan soda kue

Soda kue memiliki efek berbahaya bagi tikus. Ketika soda kue dikonsumsi tikus, muncul reaksi yang menyebabkan gas dalam lambung. Karena tikus tidak dapat buang angin, gas menyebabkan tekanan internal dan pada akhirnya membunuh mereka.

Hal pertama yang dilakukan adalah memakai sarung tangan. Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menyentuh bahan kimia dan zat apa pun yang Anda gunakan selama proses ini.

Langkah kedua adalah menggabungkan satu cangkir tepung dengan 1 cangkir gula atau coklat bubuk. Kemudian tambahkan satu cangkir soda kue dan aduk rata. Campuran cokelat atau gula dapat menarik tikus untuk memakannya dan soda kue di dalamnya akan membunuh mereka setelah mengonsumsi.

Letakkan adonan soda kue di tempat Anda bisa menemukan kotoran tikus. Pantau area tersebut sampai tidak lagi melihat tanda-tanda serangan tikus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...