11 Cara Mengusir Tikus yang Membandel di Rumah

Cara mengusir tikus dapat dilakukan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah. Anda dapat mencoba rekomendasi cara berikut ini agar tikus tidak datang lagi.
Image title
1 Oktober 2021, 18:06
Ilustrasi cara mengusir tikus
DSD/Pexels
Ilustrasi cara mengusir tikus

Tikus yang masuk ke dalam rumah merupakan permasalahan yang mungkin pernah Anda alami. Hewan pengerat satu ini berukuran kecil dan tubuhnya fleksibel sehingga mampu menyusup melalui celah sempit.

Sebagai hewan mamalia yang berdarah hangat, tikus masuk ke rumah untuk mencari tempat berlindung dan makanan. Merujuk pada publikasi Colorado State University, tikus memiliki gigi seri besar yang tidak berakar dan tumbuh terus menerus.

Hal tersebut membuat mereka harus mengasah gigi dengan menggerogoti bermacam-macam bahan. Perilaku itu dapat berdampak pada rumah, terutama bagian pintu dan jendela sebagai pembatas.

Kehadiran tikus di dalam rumah merupakan masalah serius. Tikus dapat membawa penyakit berbahaya, merusak rumah, mencemari air, meninggalkan bau tak sedap, dan berpotensi menyebabkan korsleting jika menggigit kabel.

Untuk mengatasi masalah hama tikus, Anda dapat mencoba cara mengusir tikus dengan bahan alami dan kimia berikut ini.

1. Gunakan lada hitam

Mengusir tikus menggunakan lada hitam dapat dilakukan dengan mudah. Lada hitam mengandung bahan kimia yang disebut piperin yang beracun bagi tikus. Menaburkan lada hitam juga dapat mengiritasi saluran hidung dan menyebabkan ketidaknyamanan pada tikus.

Pertama, Anda harus membersihkan semua sampah, sisa makanan, dan potensi sumber air bagi tikus. Tujuannya adalah menghalangi mereka dari dan memaksa mereka untuk mencari di tempat lain.

Temukan tempat tikus bersembunyi dan isi dengan lada hitam yang digiling kasar. Area ini bisa jadi di belakang lemari es, mesin cuci dan pengering, di sepanjang dinding, di dekat tempat sampah, dan di celah-celah.

2. Letakkan bawang bombai

Bau bawang bombai adalah cara alami untuk mengusir tikus. Tikus tidak dapat mentolerir baunya. Caranya, kupas dan cincang satu buah bawang bombai. Leakkan di tempat yang ditinggali tikus. Kemudian ganti setelah sudah busuk.

3. Oleskan minyak peppermint

Bau minyak peppermint dapat mengusir tikus. Indra penciuman tikus sangat sensitif sehingga bau minyak peppermint mengganggu dan pada akhirnya membuat mereka pergi. Untuk melakukan ini, oleskan 25-30 tetes minyak peppermint ke bola kapas dan letakkan di tempat-tempat di mana tikus biasa ditemukan.

4. Gunakan adonan soda kue

Soda kue memiliki efek berbahaya bagi tikus. Ketika soda kue dikonsumsi tikus, muncul reaksi yang menyebabkan gas dalam lambung. Karena tikus tidak dapat buang angin, gas menyebabkan tekanan internal dan pada akhirnya membunuh mereka.

Hal pertama yang dilakukan adalah memakai sarung tangan. Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menyentuh bahan kimia dan zat apa pun yang Anda gunakan selama proses ini.

Langkah kedua adalah menggabungkan satu cangkir tepung dengan 1 cangkir gula atau coklat bubuk. Kemudian tambahkan satu cangkir soda kue dan aduk rata. Campuran cokelat atau gula dapat menarik tikus untuk memakannya dan soda kue di dalamnya akan membunuh mereka setelah mengonsumsi.

Letakkan adonan soda kue di tempat Anda bisa menemukan kotoran tikus. Pantau area tersebut sampai tidak lagi melihat tanda-tanda serangan tikus.

5. Semprot minyak kayu putih

Aroma minyak kayu putih yang kuat dapat mengusir tikus di rumah Anda. Menurut penelitian tahun 2014 dalam "The Scientific World Journal", larutan kayu putih dengan konsentrasi 5% disarankan untuk digunakan.

Untuk mengusir tikus, semprot minyak kayu putih di tempat yang biasa dikunjungi tikus.

6. Taruh adonan amonia di tempat tikus

Amonia digunakan untuk mengusir tikus karena aromanya serupa dengan aroma yang dikeluarkan oleh predator seperti kucing. Untuk memanfaatkan amonia sebagai pengusir tikus, campurkan dua cangkir amonia dengan 6,5 ons air dan dua sendok detergen.

Tuang larutan ke dalam mangkuk dan letakkan di area yang dilewati tikus. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan saat mengolah adonan amonia ini.

7. Semprot cairan pemutih

Cairan pemutih atau bleach umumnya digunakan sebagai bahan pembersih di rumah. Tetapi, cairan ini juga dapat mengusir tikus. Encerkan pemutih dengan air agar bau tidak terlalu menyengat di rumah Anda.

Semprot cairan pemutih di area yang dilewati tikus. Selain untuk mengusir tikus, pemutih juga dapat mendesinfeksi area yang terkena kotoran, darah, dan urin tikus.

8. Gunakan perangkap tikus

Perangkap tikus merupakan cara efektif dan mudah digunakan untuk mengusir tikus. Ada beberapa jenis perangkap tikus yang tersedia di pasaran. Anda dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Tetapi, lebih baik gunakan perangkap tikus yang hanya menangkap tanpa membunuhnya. Untuk menarik tikus, taruh umpan makanan yang memikat tikus. Saat mereka terjebak, Anda dapat melepaskan mereka ke luar rumah.

9. Periksa rumah

Sebelum mengusir tikus, Anda perlu melakukan pemeriksaan rumah secara menyeluruh untuk mengetahui dari mana asalnya. Periksa bagian luar rumah, perhatikan saluran air, retakan di pintu dan jendela, celah di sekitar ventilasi, dan seluruh potensi akses tikus.

Setelah Anda tahu tempat mana saja yang dilewati tikus, Anda dapat menutup titik masuk dan memasang jebakan.

10. Tutup lubang, retakan, dan celah

Hasil dari pemeriksaan rumah memberi Anda petunjuk tentang letak celah sehingga dapat ditutup. Untuk hasil yang tahan lama, isi celah ini dengan wol kawat, pelat logam, semen, atau dempul, semen, atau plester. Periksa mereka beberapa kali sebulan untuk memastikan mereka terpelihara dengan baik.

11. Bersihkan rumah secara menyeluruh

Tikus menyukai tempat sempit dan gelap untuk bersembunyi. Salah satu cara terbaik untuk mengusir tikus adalah dengan menghilangkan tempat persembunyiannya. Bersihkan rumah secara menyeluruh dan beri perhatian khusus pada bagian yang penuh dengan barang.

Buang sampah di tempat sampah tertutup dan lakukan pemeliharaan kebersihan pipa dan saluran pembuangan secara berkala.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait