8 Film Turki Terbaik dari Berbagai Genre, Beserta Sinopsisnya

Image title
18 Oktober 2022, 05:46
Ilustrasi, film Distant (2002), film Turki terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Distant (2002), film Turki terbaik

Film termasuk bagian penting dari kebudayaan Turki dan telah berkembang seiring berjelannya waktu untuk memberikan hiburan bagi penonton di Turki dan seluruh dunia. Mengutip Flickside.com, film Turki melalui perjalanan panjang dalam mencapai pengakuan dunia.

Industri perfilman Turki telah melalui kesulitan ekonomi, masalah hukum, serta ancaman sensor. Sejak tahun 2000-an, terjadi peningkatan genre film eksperimental dan pembuat film sejak saat itu berkelana ke genre lain, seperti komedi dan fiksi ilmiah.

Advertisement

Film Turki terbaik menghadirkan kisah-kisah yang berfokus pada pengasingan, diaspora dan warga asing, penderitaan perempuan, dan modernisme yang menjadi andalan industri film Turki.

Sebagai rekomendasi, berikut pilihan film Turki terbaik dari berbagai genre beserta sinopsisnya.

1. Distant (2002)

Distant termasuk salah satu film Turki terbaik. Film ini bercerita tentang Mahmut, seorang fotografer independen berusia 40 tahun. Setelah istrinya meninggalkannya, Mahmut jatuh ke dalam krisis eksistensial.

Kemudian datang sepupunya, Yusuf, yang meninggalkan desa asalnya setelah sebuah pabrik lokal ditutup. Yusuf datang ke Istanbul untuk bekerja di atas kapal yang berlayar ke luar negeri. Jarak antara kedua pria itu terlihat sekaligus, dan menjadi semakin jelas.

Mahmut terbiasa dengan kehidupan kota besar, sementara Yusuf adalah pekerja desa yang kesepian dan eksentrik yang harus menanggung biaya pengobatan ibunya di kampung halaman.

Film ini dibuat dalam apartemen sang sutradara di Istanbul, menggunakan semua perabotan, peralatan, kamar, mobil, dan sebagainya sebagai alat peraga film. Aktor yang memerankan Yusuf sebenarnya adalah sepupu sang sutradara di kehidupan nyata, dan aktor yang memerankan Mahmut adalah temannya.

2. Innocence (1997)

Rekomendasi film Turki terbaik selanjutnya yaitu Innocence. Dikisahkan bahwa Yusuf telah menjalani hukuman 10 tahun penjara karena membunuh kekasih saudara perempuannya. Yusuf kembali di kota kecil tempat saudara perempuan dan iparnya tinggal.

Ia menginap di hotel murah di mana dia bertemu Bekir, seorang pria yang telah jatuh cinta dengan Ugur, seorang penyanyi wanita di klub malam yang kadang-kadang membiarkan dia tidur dengannya.

Ugur ternyata jatuh cinta dengan seorang pria yang menjalani hukuman seumur hidup karena melakukan beberapa pembunuhan. Yusuf mencoba membantu teman barunya, tetapi suatu hari ia mabuk berat dan Yusuf mendapati dirinya terlibat hubungan dengan Ugur.

3. Winter Sleep (2014)

Dalam film Winter Sleep, Aydin merupakan seorang mantan aktor yang kini mengelola sebuah hotel kecil di Anatolia dengan istri mudanya, Nihal, dan adik perempuannya, Necla. Hubungan Aydin dan Nihal tidak terlalu baik dan saudara perempuannya Necla menderita setelah bercerai.

Di musim dingin saat salju mulai turun, hotel yang mereka kelola tak hanya berubah menjadi tempat perlindungan, tetapi juga tempat yang tak terhindarkan serta memicu permusuhan ketiga orang tersebut.

4. Once Upon a Time in Anatolia (2011)

Once Upon a Time in Anatolia merupakan salah satu film Turki terbaik yang berlatar di daerah pedesaan di sekitar Kota Keskin di Anatolia. Dalam film ini, jaksa setempat, komisaris polisi, dan dokter memimpin pencarian korban pembunuhan oleh seorang tersangka bernama Kenan dan saudaranya yang mengalami gangguan mental.

Tetapi, pencarian ternyata lebih sulit dari yang mereka kira karena Kenan tidak mengetahui lokasi persis mayat tersebut. Saat grup terus mencari, para anggotanya berbicara tentang hal-hal sepele dan kekhawatiran terdalam mereka dalam penyelidikan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement