4 Manfaat Lari di Siang Hari, Diklaim Ampuh Kurangi Stres

Manfaat lari di siang hari diklaim mampu membawa dampak baik bagi kesehatan. Namun demikian, disarankan agar aktivitas ini tidak dilakukan saat suhu dan cuaca sedang panas-panasnya.
Image title
19 Oktober 2022, 10:42
manfaat lari di siang hari
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Seorang peserta meminum air mineral saat mengikuti ajang Jakarta Marathon 2022 melintas di depan Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (16/10/2022). Sebanyak 15.300 pelari termasuk 864 pelari dari 25 negara mengikuti Jakarta Marathon 2022 itu dengan terbagi dalam empat kategori yakni marathon yang diikuti 1.648 pelari, kategori half marathon diikuti 3.109 pelari, kategori lari 10 kilometer diikuti 3.973 pelari, dan kategori lari lima kilometer diikuti 5.455 pelari.

Manfaat lari di siang hari diklaim cukup efektif untuk membakar kalori di dalam tubuh. Meski begitu, olahraga yang dijalankan di tengah teriknya sinar matahari berpotensi menimbulkan beberapa efek samping.

Berdasarkan satu penelitian yang dipublikasikan di laman Springer Link,  menyimpulkan bahwa olahraga saat kondisi suhu tinggi berdampak pada kinerja sel otot, yaitu bagian mitokondria.

Penelitian tersebut juga menyatakan, kegiatan olahraga saat cuaca panas dapat membatasi efektivitas latihan aerobik dalam meningkatkan daya aerobik

Lari atau jogging biasanya dilakukan di pagi hari. Hal ini karena kondisi udaranya masih segar dan bisa mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. 

Advertisement

Akan tetapi, karena keterbatasan waktu sebagian orang memilih melakukan jogging di siang hari. Kendati suhu udara sedang panas, mereka tetap melaksanakannya.

Walaupun kurang direkomendasikan, beberapa orang menganggap manfaat lari di siang hari sangat berguna untuk meningkatkan stamina.

Selain itu, apa saja manfaat lari di siang hari? Berikut ulasan ringkasnya.

Manfaat Lari di Siang Hari

Menurut sebuah studi dari Journal of Strength and Conditioning Research, waktu terbaik untuk berlari adalah saat suhu tubuh berada pada titik tertinggi dan otot paling lentur, yaitu di pertengahan hingga sore hari atau di pagi hari.

Dari penelitian tersebut, singkatnya kita perlu mengetahui kondisi tubuh sebelum berolahraga. Dengan begitu, manfaat lari di siang hari maupun pagi hari dapat dirasakan oleh tubuh.

Jika Anda hanya memiliki waktu luang di siang hingga sore hari, maka waktu yang dianjurkan yaitu dari mulai pukul 12.30 sampai 19.00, 

Dilansir dari SehatQ dan sumber lainnya, berikut ini merupakan contoh dari manfaat lari di siang hari:

1. Membantu Melatih Daya Tahan Tubuh

Manfaat lari di siang hari salah satunya yaitu bagus untuk melatih daya tahan tubuh. Apalagi lari adalah olahraga yang memiliki efek aerobik tinggi.

Walaupun gerakannya sederhana, aktivitas lari terutama di waktu yang tepat akan membantu menjaga kebugaran tubuh. Ditambah lagi, lari bisa melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga mengurangi gangguan kesehatan karena masalah sirkulasi darah. Misalnya seperti tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah serta serangan jantung.

2. Meningkatkan Stamina

Lari sangat bermanfaat untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Fleksibilitas tubuh atau kelenturan tubuh adalah membuat gerakan dan jangkauan lebih maksimal. Lari juga diketahui dapat mengasah kekuatan tubuh.

Manfaat lari di siang hari berguna untuk meningkatkan stamina. Terutama bagi para atlet. Dengan melakukan latihan ini, mereka dapat menyesuaikan kondisi tubuhnya agar terbiasa melakoni pertandingan meski diadakan di siang hari.

Manfaat lari di siang hari ini mungkin saja akan sangat terasa bagi atlet. Sedangkan untuk orang biasa tidak terlalu berdampak.

3. Mengurangi Stres

Stres dapat disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya seperti banyaknya pekerjaan yang membebani kita. 

Untuk menguranginya, kita bisa mencoba olahraga yang disukai. Lari di pagi hari atau siang menjelang sore mungkin menjadi solusi alternatifnya.

Salah satu manfaat lari di siang hari menjelang sore, yaitu dapat mengurangi stres. Sebab, saat melakukan kegiatan ini secara tidak langsung tubuh akan memproduksi hormon endorfin.

Hormon endorfin merupakan sebuah hormon yang berperan penting dalam menghilangkan rasa khawatir, terutama yang dipicu oleh stres berlebih.

Lakukan lari di pukul 14.30 sampai tubuh benar-benar merasa plong. Bisa juga distop ketika memang tubuh telah mengalami kelelahan. 

4. Membakar Kalori

Manfaat lari di siang hari yang terakhir yaitu membantu proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Suhu panas saat siang, berperan dan membantu tubuh lebih cepat berkeringat.

Meski demikian, banyaknya keringat yang keluar bukan menjadi pertanda bahwa kalori benar-benar terbakar. Untuk itu, metode lari yang baik sangat menentukan seberapa besar kalori yang terbuang.

Kegiatan jogging sendiri, utamanya di pagi hari, dapat membantu melatih otot agar lebih kuat sehingga otot tidak mudah capek saat melakukan aktivitas fisik tertentu tanpa mengalami kelelahan yang berarti, sehingga otot sendi masih bisa menerima beban yang lain.

Sedangkan untuk jogging di siang hari, kita disarankan agar menggunakan pakain yang tepat, mencukupi kebutuhan cairan, serta jangan terlalu memaksakan diri. Sehingga manfaat lari di siang hari bisa kita rasakan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait