6 Manfaat Kunyit Hitam untuk Lambung, Diklaim Ampuh Atasi Mag

Image title
20 Oktober 2022, 22:54
kunyit hitam
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/ama.
Pedagang rempah-rempah melayani pembeli di Pasar Cikurubuk, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Seni (23/3/2020). Menurut pedagang sejak merebaknya wabah virus corona atau COVID-19, harga bahan baku untuk pembuatan jamu tradisional atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, jeruk nipis dan sirih mengalami kenaikan sekitar 40 persen, akibat permintaan naik hingga dua kali lipat.

Kunyit hitam merupakan tanaman obat yang berasal dari India. Meski tidak sepopuler jenis lainnya, khasiat kunyit ini ternyata sangat beragam. Khususnya manfaat kunyit hitam untuk lambung.

Kunyit Hitam adalah herbal yang dapat tumbuh pada wilayah beriklim tropis di seluruh dunia. Tanaman tersebut memiliki rimpang atau akar yang cukup berbeda dari kunyit pada umumnya. Di mana bagian dalam akarnya berwarna hitam gelap.

Manfaat kunyit hitam untuk lambung berasal dari kandungannya. Selain dikenal akan senyawa antioksidannya yang tinggi, kunyit hitam bersifat antiemetik yang membantu meredakan mual dan muntah.

Pada dasarnya kandungan kunyit hitam dan jenis lainnya hampir sama. Terpenting, tanaman herbal ini mengandung kurkumin yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh.

Lebih lanjut, berikut ini merupakan manfaat kunyit hitam untuk lambung menurut Health Benefits Times dan sumber lainnya.

Ragam Manfaat Kunyit Hitam untuk Lambung

Dalam sistem pencernaan, lambung merupakan organ vital yang memiliki peranan penting. Lambung sendiri adalah organ otot yang berada di bagian sisi kiri perut atas. 

Saat makanan masuk ke dalam lambung, organ tersebut akan mengeluarkan asam dan enzim untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, memelihara kesehatan lambung sama saja dengan mencegah terjadinya gangguan pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas kita.

Kembali ke topik utama, manfaat kunyit hitam untuk lambung juga telah terbukti secara medis. Menurut studi yang dipublikasikan di Pharmacognosy Journal, tanaman ini bisa menjadi alternatif herbal untuk berbagai penyakit dan dapat digunakan sebagai obat.

Adapun manfaatn kunyit hitam untuk lambung, di antaranya:

1. Mengatasi Mual dan Muntah

Gangguan sistem pencernaan umumnya dapat menimbulkan gejala mual dan muntah. Kabar baiknya, ramuan atau ekstrak kunyit hitam bisa dimanfaatkan untuk meredakan rasa mengganggu semacam ini.

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa manfaat kunyit hitam untuk lambung memiliki sifat antiemetik. Khususnya yang terkandung pada ekstrak etanol kunyit hitam.

Jika dikonsumsi teratur, maka kunyit hitam efektif meredakan mual dan muntah. 

2. Meredakan Gangguan Mag

Mag merupakan gangguan pencernaan yang banyak dialami oleh sebagian besar orang. Saat gejalanya muncul, si penderita akan mengalami peningkatan asam lambung, mula, perut kembung, dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...