21 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu, Unik, dan Mudah Dirawat

Beberapa orang menyukai suasana rumah yang diisi oleh hewan-hewan lucu dan unik. Berikut rekomendasi jenis hewan peliharaan yang lucu dan unik
Dwi Latifatul Fajri
28 September 2021, 17:35
21 Rekomendasi Hewan Peliharaan Lucu, Unik, dan Mudah Dirawat
pixabay.com

Beberapa orang menyukai suasana rumah saat diisi hewan-hewan lucu dan unik. Anda juga bisa dengan mudah menemukan hewan peliharaan yang mudah dipelihara, jinak, dan serta memiliki warna menarik.

Jenis hewan peliharaan yang banyak dipilih, umumnya adalah kucing dan anjing. Kedua hewan ini memiliki bulu halus hingga berwajah imut. Dalam merawatnya, pemilik hewan juga perlu memberikan makan dan minuman yang cukup, perawatan ekstra, dan tempat tinggal nyaman. 

Daftar Hewan Peliharaan

1. Ikan Cupang

Ikan cupang atau Betta Fish memiliki beragam corak, warna, dan jenis. Ikan hias ini berasal dari Asia, dulunya hidup di perairan dangkal, rawa-rawa, kolam, atau sungai berarus lambat.

Ikan berukuran mini ini kemudian dikembangkan menjadi berbagai varian dan memiliki warna cantik. Cupang yang dipelihara cenderung hidup sendiri dan ditempatkan pada wadah terpisah dari ikan lain.

Selain itu, cupang juga masuk dalam daftar hewan peliharaan yang mudah dirawat. Di alam bebas ikan ini bisa memakan larva dan serangga kecil. Anda bisa memberi makan secara rutin memakai pelet dan makanan ikan berukuran kecil.

Jika Anda tertarik memelihara ikan cupang, pastikan untuk membersihkan wadahnya secara teratur. Anda juga bisa menambahkan obat anti jamur dan daun ketapang untuk kesehatan ikan cupang.

2. Kelinci

Kelinci masuk dalam daftar hewan peliharaan yang mudah dirawat. Anda bisa membelikan kandang dan rutin memberi air, serta sayuran pada kelinci. Selain itu, Anda harus membersihkan secara rutin kotoran di kandang.

Selain mudah dirawat, kelinci termasuk hewan lucu dan menggemaskan. Binatang pengerat ini memiliki bulu halus dan wajah imut. Di Indonesia ada jenis kelinci populer yang biasanya dijadikan hewan peliharaan. Jenis kelinci itu antara lain:

  • Kelinci Rex

Jenis kelinci yang memiliki bulu putih dasar dan warna hitam bintik-bintik di tubuhnya. Kelinci ini berasal dari Argentina.

  • Kelinci Anggora

Kelinci Anggora memiliki bulu panjang dan tebal seperti kucing anggora. Kelinci ini berasal dari Turki. Ada beragam warna kelinci seperti putih, coklat, dan abu-abu.

  • Kelinci Satin

Hewan peliharaan satu ini memiliki warna coklat dan hitam, serta berbuntut pendek. Kelinci ini berasal dari Amerika Serikat (AS)

  • Kelinci Lop

Merupakan kelinci bertelinga panjang dan berbulu tebal. Kelinci ini memiliki warna putih, hitam atau coklat.

3. Landak Mini

Landak mini berukuran kecil, bulunya tidak tajam, dan jinak pada manusia. Landak mini memiliki duri halus yang bisa dibersihkan dengan sikat. Hewan peliharaan ini berasal dari Afrika dan bisa hidup selama 3-6 tahun.

Landak mini termasuk binatang aktif, namun kadang pendiam, dan membutuhkan banyak perawatan. Jika Anda ingin memelihara landak mini, pastikan memiliki air yang cukup untuk minum. Beri makanan berkualitas seperti buah, sayur, dan camilan untuk landak.

4. Anjing

Anjing banyak dipelihara dan terdiri dari berbagai jenis. American Kennel Club (AKC) menemukan 195 jenis dan 79 jenis anjing terbaru. Ada berbagai jenis anjing sebagai hewan peliharaan, menjaga rumah, dan bermain bersama anak-anak.

Anjing memiliki sifat periang, lucu, dan taat pada pemiliknya. Anda bisa melatih anjing peliharaan untuk menangkap bola atau kayu. Sekarang ini, ada ratusan varian anjing mulai dari ukuran terkecil seperti chihuahua sampai anjing berukuran besar seperti bulldog.

5. Ikan Hias

Mengutip dari Insider.com, ikan hias masuk dalam daftar hewan peliharaan populer di Amerika Serikat. Di negara tersebut, setiap rumah atau sekitar 12% memelihara ikan hias. Ikan hias masuk dalam daftar hewan yang mudah dirawat dan menyenangkan.

Ada berbagai jenis ikan hias air tawar dan air laut yang bisa dimasukkan dalam akuarium berukuran besar. Anda bisa memberikan tanaman air, pasir, oksigen dan hiasan untuk menambah cantik akuarium. Makanan ikan hias bisa beragam, seperti jentik nyamuk, kutu air, pelet, sampai cacing sutra.

Ada berbagai jenis ikan hias yang bisa dipelihara di akuarium seperti Ikan guppy, neon tetra, ikan sumatra, ikan neon hitam, ikan emas, angelfish, dan masih banyak lagi.

6. Ikan Arwana

Ikan arwana masuk dalam daftar ikan peliharaan berharga tinggi. Hewan peliharaan ini masuk dalam suku kecil ikan air tawar primitif. Ikan arwana masih kerabat dengan ikan arapaima gigas.

Ikan ini memiliki bentuk warna yang indah dan kepala yang unik. Harga satu arwana mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Ada beberapa jenis ikan arwana seperti:

  • Arwana Super Red

Ikan arwana ini berasal dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum, Kalimantan Barat. Mengutip dari Kkp.go.id, ikan arwana ini berwarna merah dan dikelompokkan menjadi 4 varietas. Varietas tersebut adalah Arwana Merah Darah (Blood Red), Merah Cabai (Chili Red), Merah Orange (Orange Red), dan Merah Emas (Golden Red).

  • Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden ,CBG)

Ikan ini dijumpai di beberapa daerah seperti Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Ikan arwana ini memiliki warna dasar ungu, biru, emas, dan perak. Ikan arwana gold dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan jenis lain.

  • Arwana Golden Red (Red Tail Golden, RTG)

Ikan arwana ini memiliki warna emas pada bagian sisik. Ikan arwana golden red muda memiliki warna lebih kusam dibandingkan jenis yang lain.

  • Arwana Hijau (Green Arwana/ Golden Piano)

Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan Indonesia. Hewan peliharaan satu ini memiliki warna kelabu kehijauan garis-garis di bagian ekor. Ikan ini juga memiliki mulut lebih besar dibanding jenis ikan arwana lainnya.

  • Arwana Banjar

Arwana Banjar memiliki warna sirip jingga pucat, ekor berwarna kuning atau jingga, dan tidak memiliki warna merah di badan. Ikan arwana jenis ini memiliki ciri khas bentuk kepala cenderung bulat dan mulut tidak terlalu lancip.

  • Arwana Silver/Arwana Brazil

Ikan arwana silver memiliki panjang 50-60 cm dan berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini memiliki warna platinum perak atau silver. Bagian tubuhnya berwarna perak merata.

IKAN ARWANA BUNGKUK
IKAN ARWANA BUNGKUK (ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang)

7. Lovebirds (Burung Cinta)

Lovebirds adalah jenis burung yang bisa dipelihara di rumah. Hewan peliharaan satu ini banyak dipelihara karena bentuknya yang mungil dan warnanya yang indah. Burung ini juga membentuk koloni dan biasanya hidup berpasangan.

Jika Anda tertarik memelihara Lovebirds, berikan biji-bijian, sayur, dan buah untuk makanannya. Selain itu, Anda juga membutuhkan air dan kandang besar untuk memelihara burung jenis ini

8. Burung Kakatua

Burung kakatua termasuk hewan peliharaan yang ramah dan penyayang. Kakatua memiliki kecerdasan, sehingga Anda bisa melatih untuk meniru suara manusia dan mampu hidup 10-14 tahun. Kakak Tua memiliki warna tubuh yang indah.

Ada beberapa jenis burung kakatua yaitu Kakatua Hitam, Kakatua Maluku, Parkit Australia, Kakatua putih, Kakatua koki, Kakatua Galah, Kakatua Baudin.

9. Burung Merpati

Burung merpati termasuk burung jinak dan jarak menggigit. Burung merpati memiliki paruh kecil dan bulu lembut. Corak burung merpati beragam, ada yang abu-abu dan memiliki garis hitam, ada merpati berwarna putih. Jenis merpati antara lain Merpati Es, Merpati Kamyshin, Oriental Roller, dan Antwerp Smerle.

10. Burung Kenari

Burung kenari (serinus canaria) awalnya berasal dari Kepulauan Canary, Spanyol. Burung Kenari menyebar hampir ke seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Burung ini berukuran kecil 10-12 centimeter dan bobotnya sekitar 15 gram. Burung kenari banyak dipelihara karena memiliki kicauan merdu.

11. Kura-Kura

Kura-kura termasuk reptil yang populer dipelihara banyak orang. Kura-kura memiliki cangkang keras dan bisa hidup lama. Jika Anda ingin memelihara kura-kura, buatlah kolam berisi air untuk kura-kura berenang. Makanan kura-kura tergantung jenisnya, ada yang memakan ikan, sayuran, bahkan buah.

Jenis kura-kura peliharaan paling umum adalah Red Ear Slider. Kura-kura asal Brasil ini memiliki warna merah di bagian telinga. Kura-kura ini memiliki warna paduan hijau dan kuning. Jenis lainnya yaitu Trachemys Scripta Elegans, Leopard Tortoise, Indian Star Tortoise, Aldabra Tortoise, Spurred Tortoise, Sulcata Tortoise, dan masih banyak lagi.

12. Reptil

Reptil masuk dalam hewan peliharaan unik dan jinak. Beberapa orang menyukai reptil karena pemeliharaan dalam kandang dan memiliki warna eksotis. Jenis reptil yang banyak dipelihara seperti:

  • Ular Jagung

Ular Jagung dan jenis ular jinak yang memiliki warna indah banyak dipelihara. Ular ini juga memiliki pola unik dan umumnya berukuran kecil. Anda bisa memberi pakan tikus sebagai makanan ular.

  • Iguana

Hewan peliharaan termasuk reptil besar yang bisa dipelihara. Iguana dewasa termasuk jinak suka memanjat dan malas bergerak. Hewan ini biasanya memakan buah-buahan dan sayur.

  • Leopard Gecko

Leopard Gecko adalah jenis tokek yang memiliki warna cerah seperti putih hitam, kuning, jingga, dan masih banyak lagi. Gecko berasal dari Pakistan, India, dan Iran yang banyak dipelihara.

Warna tubuh yang eksotis dan pemeliharaan mudah, membuat beberapa orang tertarik memelihara. Gecko berukuran 15-25 cm dan bisa hidup sampai 20 tahun.

  • Bunglon

Selain ular dan iguana, bagi pecinta reptil, bunglon masuk hewan peliharaan unik. Bunglon memiliki warna menarik karena bisa menyesuaikan warna dengan lingkungan (mimikri). Ada beberapa jenis bunglon seperti Bunglon Yaman, Senegal, Jackson, Fischer, Panther, Surai, dan Flap-Necked.

13. Kucing

Kucing jenis Scottish Fold
Kucing jenis Scottish Fold (Thirdman/Pexels)

Hewan peliharaan ini termasuk jenis karnivora yang banyak dipelihara orang. Kucing termasuk hewan lucu, imut, berbulu, dan bertingkah lucu. Mengutip dari Animal Clinic, ada 40-70 ras kucing berbeda. Cat Fanciers Association (CFA) menyebutkan ada 42 ras kucing dan Asosiasi Kucing Internasional menyatakan ada 71 ras kucing.

Selain kucing domestik yang dipelihara, ada beberapa kucing ras dari luar negeri yang disukai. Kucing ras yang dipelihara di Indonesia antara lain kucing Bengal, Maine Coon, kucing Persia, British Shorthair, kucing Siam, Sphynx, Ragdoll, Kucing Munchkin, Kucing hutan Norwegia, Russian Blue, Savannah, Kucing Anggora, Himalaya, dan masih banyak lagi.

14. Kuda

Di Indonesia, kuda tidak termasuk hewan peliharaan umum. Sedangkan di luar negeri, kuda termasuk hewan peliharaan mahal karena membutuhkan perawatan dan kandang yang besar. Setiap tahun pemilik harus merogoh kocek perawatan cukup besar untuk memelihara kuda.

15. Ferrets

Ferrets adalah mamalia yang masih satu genus dengan cerpelai. Ferret (Mustela putorius furo) termasuk hewan jinak yang memiliki campuran warna coklat, hitam, dan putih. Panjang ferret rata-rata 51 cm dan ekornya mencapai 13 cm.

16. Guinea pigs

Guinea Pigs atau Tikus belanda (cavia porcellus) adalah hewan pengerat berukuran besar. Sebenarnya hewan ini berasal dari Andes dan memiliki bulu tebal. Guinea Pigs memiliki tubuh hampir sama dengan kelinci, tetapi telinganya kecil dan bentuk wajah seperti hamster.

17. Hamsters

Hamster termasuk hewan peliharaan populer karena bentuknya yang kecil dan memiliki warna bagus. Makanan hewan peliharaan satu ini biasanya biji, sayur, dan buah. Anda bisa memberikan hamster tempat yang luas dan nyaman.

Hamster termasuk hewan berumur pendek karena bisa bertahan sampai 3 tahun. Sedangkan hamster peliharaan bisa bertahan sampai berumur 3,5 tahun.

18. Ikan Koi

Dalam bahasa Jepang, ikan koi merujuk pada nishikigoi dalam bahasa Jepang. Koi merupakan simbol tpersahabatan dan cinta. Ikan koi termasuk salah satu ikan hias yang bisa ditempatkan di kolam atau akuarium. Ada jenis koi seperti Kohaku, Taisho Sanshoku, dan Showa Sanshoku.

19. Ayam

Ada beberapa jenis ayam yang biasanya dipelihara. Jenis ayam ini memiliki bentuk dan bulu unik. Beberapa orang menempatkan ayam peliharaan di kandang yang besar. Ayam peliharaan ini biasanya berharga tinggi daripada ayam untuk diternakkan. Jenis ayam peliharaan antara lain ayam Cemani, Pelung, Batik, Onagadori, Kalkun, Serama, Ketawa, Mutiara, dan Poland.

20. Otter

Otter atau berang-berang merupakan hewan peliharaan yang dapat hidup di dua alam. Di alam liar, hewan ini biasanya makan ikan dan hidup berkelompok. Berang-berang dipelihara karena jinak dan lucu.

21. Sugar Glider

Sugar Glider atau Wupih Sirsik merupakan hewan peliharaan berukuran kecil. Sugar Glider banyak dipelihara karena jinak dan bentuknya hampir mirip bajing. Sugar Glider memiliki corak warna abu, hitam, dan putih.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait