7 Cara Menghilangkan Kusam di Wajah dan Penyebabnya

Image title
2 November 2022, 09:30
Ilustrasi, cara menghilangkan kusam di wajah
Pexels/cottonbro
Ilustrasi, cara menghilangkan kusam di wajah

Kulit yang tampak kusam sering tampak kurang sehat dan tidak berkilau, lelah, serta bertekstur kasar. Kulit kusam juga memiliki warna dan tekstur yang tidak rata. Kusam di wajah disebabkan oleh sejumlah alasan yang berbeda.

Kulit biasanya menjadi kusam dan kering karena penurunan produksi minyak alami. Penurunan ini terjadi karena suplai darah yang tidak mencukupi di lapisan luar kulit, terpapar udara dingin, angin dan suhu ekstrim, serta terlalu sering berada dalam ruangan kering.

Merangkum penjelasan dalam situs Healthline, SkinKraft, dan Vogue, ada berbagai cara menghilangkan kusam di wajah.

Cara Menghilangkan Kusam di Wajah

Berikut cara menghilangkan kusam di wajah.

1. Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Cara menghilangkan kusam di wajah dimulai dengan memilih produk perawatan kulit yang tepat. Pilih pembersih dengan pH seimbang yang ringan untuk wajah. Normalnya, tingkat pH kulit berada di antara 4,7-5,7.

Hindari pembersih berbusa karena semakin banyak busa, semakin basa sifatnya sehingga mengacaukan pH normal kulit wajah. Jika Anda memiliki kulit kering, gunakan pelembap berbasis krim.

Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, hindari krim dan gunakan pelembab berbahan dasar losion atau gel untuk mencegah minyak berlebih.

2. Gunakan pembersih wajah yang melembapkan

Menggunakan pembersih wajah dapat dijadikan cara menghilangkan kusam di wajah. Gunakan pembersih yang tidak membuat kulit kering. Sabun dan pembersih yang keras dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga semakin memperburuk kekeringan dan iritasi.

Cari pembersih wajah yang mengandung ceramide, yaitu bahan yang paling mirip dengan produksi alami pada kulit. Selain itu, alternatif lainnya yaitu formula krim yang tidak berbusa.

3. Oleskan pelembab pada kulit yang setengah basah

Waktu terbaik untuk menggunakan pelembap adalah saat kulit masih sedikit basah karena membantu menahan kelembapan ke dalam kulit. Setelah mandi, keringkan kulit dengan handuk dan segera oleskan pelembab.

Gunakan pelembap setiap hari sebagai cara menghilangkan kusam di wajah. Saat kulit lembap, permukaannya akan memantulkan cahaya yang membuat kulit tampak lebih sehat. Pilih pelembap dengan bahan-bahan seperti minyak bunga matahari, ceramide, atau squalane yang melembapkan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...