Cara Mengubah Angka Menjadi Huruf di Excel dengan Mudah

Tifani
Oleh Tifani
18 November 2022, 08:26
Ilustrasi Mengubah Angka Menjadi Huruf di Excel
Katadata
Ilustrasi Mengubah Angka Menjadi Huruf di Excel

Mengubah angka menjadi huruf di Excel dapat dilakukan secara otomatis, sehingga pengguna dalam mengejakan suatu data. Dengan begitu, akan lebih menghemat waktu dan tenaga. Biasanya kondisi seperti ini sering ditemukan saat membuat kwitansi sebagai bukti penerimaan dan pengeluaran uang. Itu termasuk saat hendak membuat laporan keuangan, atau berguna bagi guru yang sedang menyusun rapor siswa, karena total nilai dibuat dalam bentuk terbilang.

Jika hanya satu atau dua kwitansi, mengetik manual teks terbilang tidak akan menjadi masalah. Namun, jika data yang akan dimasukkan mencapai puluhan, bahkan ratusan kwitansi sekaligus, maka mengetik secara manual tentu akan menyulitkan dan menjadi masalah tersendiri.

Untuk itu, penting untuk mengetahui cara mengubah angka menjadi huruf di Excel agar mempermudah kinerja Anda.

Rumus Terbilang Excel

Kasus seperti ini dapat diselesaikan dengan fungsi atau rumus terbilang excel. Rumus Terbilang di Excel dapat dimanfaatkan untuk merubah angka menjadi kalimat atau huruf terbilang seperti ejaan bahasa Indonesia pada umumnya secara otomatis.

Contoh penggunaan rumus terbilang yaitu saat mengetik bilangan 3.585.632, secara otomatis Microsoft Excel akan langsung mengubah angka menjadi huruf "Tiga Juta Lima Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Enam Ratus Tiga Puluh Dua". Selain efektif karena tidak perlu mengetik secara manual, cara ini dapat menghemat waktu serta dapat terhindar dari kesalahan pengetikkan.

Mengubah Angka Menjadi Huruf di Excel dengan Add-Ins

Secara default Microsoft Excel tidak menyediakan fungsi maupun rumus excel khusus untuk kebutuhan rumus terbilang excel semacam ini. Namun demikian bukan berarti hal tersebut mustahil. Solusinya dengan menggunakan tools tambahan yaitu Add-In Fungsi Terbilang .

Add-In di excel berguna untuk memperluas fungsionalitas program aplikasi excel di berbagai platform. Add-In mencakup dua komponen dasar, yakni aplikasi web dan file konfigurasi yang disebut file manifes.

Add-Ins dapat diperoleh dengan menginstall secara gratis di internet. Setelah proses unduh selesai, untuk dapat menggunakan fungsi terbilang excel, non-aktifkan terlebih dahulu security macro dengan klik menu pada excel dan pilih Options. Selanjutnya, klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Setting. Tekan Enable all macros pada Macro Settings.

Cara menginstal Add-in yang biasanya terinstal dengan excel yaitu jalankan program penyetelan untuk excel.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement