Ragam Rumus Excel Mencari Nilai Tertinggi yang Praktis dan Contonya

Tifani
Oleh Tifani
17 November 2022, 15:03
Rumus Excel Mencari Nilai Tertinggi
Freepik
Ilustrasi, seseorang bekerja menggunakan Microsoft Excel.

Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat untuk memudahkan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengolahan angka. Program Excel tentu saja sudah dibekali dengan berbagai macam fungsi untuk mengolah dan menghitung data.

Banyak rumus yang dapat dimanfaatkan di Excel, mulai dari rumus sederhana hingga rumit. Salah satu fungsi sederhana di Excel yang sering dimanfaatkan kebanyakan orang yaitu mencari nilai tertinggi dan terendah pada suatu data.

Rumus Excel Mencari Nilai Tertinggi

Secara umum, ketika ingin mencari suatu nilai tertinggi atau terendah di Excel, sudah otomatis akan terpikirkan untuk menggunakan fungsi MAX dan MIN. Fungsi MAX (dari kata MAXIMUM) adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan nilai tertinggi (angka maksimum) dari sekumpulan nilai atau untuk mendapatkan nilai terbesar dari sejumlah data.

Sedangkan Fungsi MIN (dari kata MINIMUM) adalah fungsi excel yang digunakan untuk menentukan nilai terendah (angka minimum) atau untuk mengetahui nilai terkecil dari sejumlah data dalam bentuk angka. Berikut beberapa rumus excel mencari nilai tertinggi yang sederhana dan mudah digunakan.

1. Rumus Mencari Nilai Tertinggi di Excel dengan Fungsi MAX

Cara mencari nilai tertinggi di Excel bisa dilakukan dengan mudah menggunakan fungsi MAX. Misalnya saja saat memiliki sekumpulan angka seperti 5, 1, 9, 20, 13, 7, 18 dan diminta untuk mencari nilai tertinggi dari kumpulan data tersebut. Melihat sekumpulan angka tersebut pasti akan bisa menjawabnya dengan cepat yaitu angka 20 sebagai nilai tertinggi.

Tetapi bagaimana jika sekumpulan angka yang dimiliki lebih banyak jumlahnya dan lebih kompleks. Akan sulit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencari nilai tertinggi dari kumpulan data tersebut.

Maka dari itu peran fungsi MAX dibutuhkan pada program Microsoft Excel. Berikut adalah penulisan (syntax) fungsi dasar dari rumus MAX. 

=MAX(Number1; [Number2]; ...)

Keterangan sintaks:

  • [Number1]

Merupakan sekumpulan angka, nama range, array, atau referensi sel yang berisi angka-angka yang ingin dicari nilai tertinggi atau maksimumnya.

  • [Number2], ...

(Opsional) Angka, nama range, array atau referensi sel lain yang akan diikutkan untuk dicari nilai paling terbesarnya. Maksimal bisa menambahkan sampai 255 argumen pada fungsi Max ini.

Setelah mengetahui cara penulisan rumus MAX, maka berikut adalah cara menggunakan rumus MAX di Microsoft Excel:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...