Contoh Buku Kas Harian untuk Sekolah dan Perusahaan

Anggi Mardiana
18 November 2022, 14:40
Contoh buku kas harian
Freepik
Ilustrasi, seseorang melakukan perencanaan keuangan pribadi.

Contoh buku kas harian termasuk informasi penting yang harus diketahui oleh perseorangan maupun perusahaan untuk mengetahui perkembangan keuangan. Dengan adanya buku kas harian maka seseorang bisa mengetahui kondisi keuangannya.

Beragam keputusan penting bisa diambil dengan melihat kondisi keuangan. Dari sini Anda bisa melihat bagaimana kas bertumbuh atau berkurang. Analisanya bisa dilihat dengan membuat rencana keuangan di masa berikutnya menggunakan bantuan buku kas.

Advertisement

Manfaat Buku Kas Harian

Buku kas harian tentunya memiliki sejumlah manfaat, salah satunya menyederhanakan entri transaksi tunai untuk tujuan akuntansi yang lebih besar. Agar lebih jelas, berikut sejumlah manfaat buku kas harian yang dilansir dari Majoo.id:

1. Mengecek Kesalahan

Bukan rahasia umum lagi apabila kesalahan dalam pengelolaan keuangan kerap terjadi namun hal ini bisa diantisipasi dengan memiliki buku kas. Dengan begitu, kesalahan bisa segera dideteksi.

2. Catatan Harian

Setiap transaksi tunai bisa dicatat ke dalam buku kas harian. Cara ini cukup membantu dalam pengelolaan catatan penerimaan dan pembayaran kas secara teratur. Dengan kata lain, pencatatan bisa dilakukan segera setiap hari.

3. Mengidentifikasi Kelalaian

Manfaat buku kas harian selanjutnya ialah mengidentifikasi adanya kelalaian, pencurian atau penggelapan sehingga bisa diidentifikasi. Anda bisa mencocokan buku kas dengan jumlah uang yang dipegang.

4. Memastikan Penerimaan Uang dan Pembayaran

Adanya buku kas harian juga bermanfaat untuk memastikan penerimaan uang dan pembayaran. Dalam aktivitas bisnis harian, mungkin saja banyak transaksi penerimaan uang dan pembayaran yang harus disesuaikan baik uang masuk maupun keluar.

5. Menunjukan Jumlah Uang yang Dimiliki

Kas merupakan aset bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan beragam tindakan ekonomi secara segera. Selain penting dimiliki, buku kas harian akan memberikan gambaran jelas tentang saldo dan kas yang dimiliki dalam suatu perusahaan.

Contoh Buku Kas Harian

Buku kas harian cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan keperluan misalnya untuk perusahaan, sekolah, pribadi, toko, koperasi, bendahara desa, warung dan lainnya. Berikut contohnya:

1. Contoh Buku Kas Harian Excel untuk Catatan Pribadi

Contoh buku kas harian pribadi bisa dibuat dengan menggunakan format Excel. Berikut contohnya:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement