Ragam Fungsi Perencanaan Produksi agar Usaha Berjalan Lancar

Tifani
Oleh Tifani
21 November 2022, 14:43
fungsi perencanaan produksi
Katadata
Ilustrasi Perencanaan Produksi

Kegiatan produksi merupakan bagian penting kegiatan ekonomi, pasalnya tahap ini menentukan keseterdiaan barang atau jasa di pasar. Kegiatan ini tak bisa lepas dari perencanaan produksi,

Perencanaan produksi merupakan proses merencanakan memproduksi barang-barang atau jasa dalam suatu periode sesuai jadwal yang ditentukan. Sedang, dikutip dari buku Produk Kreatif dan Kewiraushaan (2018) oleh Liswati, perencanaan produksi adalah kegiatan pra-produksi, yaitu menentukan persyaratan manufaktur, seperti tenaga kerja, material, mesin dan proses-proses manufakturnya.

Advertisement

Fungsi Perencanaan Produksi

Perencanaan produksi merupakan salah satu faktor penting dalam keberlangsungan suatu perusahaan. Adanya perencanaan produksi yang baik, akan mendukung keberhasilan suatu perusahaan secara efektif dan efisien.

Secara umum, fungsi dan tujuan perencanaan produksi adalah merencanakan dan mengendalikan aliran material ke dalam, di dalam dan keluar pabrik, sehingga posisi keuntungan optimal yang merupakan tujuan perusahaan dapat dicapai. Berikut fungsi perencanaan produksi.

  1. Menjamin rencana penjualan dan rencana produksi konsisten terhadapa rencana strategis perusahaan.
  2. Sebagai alat ukur performansi proses perencanaan produksi.
  3. Menjamin kemampuan produksi konsisten terhadap rencana produksi.
  4. Memonitor hasil produksi aktual terhadap rencana produksi dan membuat penyesuaian.
  5. Mengatur persediaan produk jadi untuk mencapai target produksi dan rencana startegis.
  6. Mengarahkan penyusunan dan pelaksanaan jadwal induk Produksi.

Jenis-jenis Perencanaan Produksi

Mengutip dari jurnal berjudul Perencanaan Produksi dengan Metode De Novo Programming (2009) oleh Enny Aryanny, perencanaan produksi yang terdapat dalam suatu perusahaan dapat dibedakan menurut jangka waktu yang tercakup, yaitu:

  • Perencanaan Produksi Jangka Pendek (Perencanaan Operasional)

Jenis perencanaan poduksi ini adalah penentuan kegiatan produksi yang akan dilakukan dalam jangka waktu satu tahun mendatang atau kurang, dengan tujuan untuk mengatur penggunaan tenaga kerja, persediaan bahan dan fasilitas produksi yang dimiliki perusahaan pabrik.

Oleh karenanya perencanaan produksi jangka pendek berhubungan dengan pengaturan operasi produksi maka perencanaan ini disebut juga dengan
perencanaan operasional.

  • Perencanaan Produksi Jangka Panjang

Perencanaan produksi jenis ini merupakan penentuan tingkat kegiatan produksi lebih daripada satu tahun. Biasanya sampai dengan lima tahun mendatang, dengan tujuan untuk mengatur pertambahan kapasitas peralatan atau mesin-mesin, ekspansi pabrik dan pengembangan produk (product development. Biasanya, waktu kegiatan produksi ini ditentukan dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 tahun.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement