Cara Membuat Grafik di Excel dan Diagram

Ghina Aulia
23 November 2022, 21:29
Cara Membuat Grafik di Excel
pexels
Ilustrasi orang dan lembaran berisi diagram.

Perangkat lunak atau software keluaran Microsoft yang cukup populer, salah satunya adalah Excel. Tampilannya berupa spreadsheet yang menampilkan lembar kerja berisi banyak sel. Sel merupakan kotak kecil yang mengisi worksheet.

Microsoft Excel memiliki fitur yang lengkap dan berbagai keunggulan. Beberapa fitur yang populer adalah hitung-menghitung, mengurutkan data, pengolahan data dan masih banyak lagi.

Excel hampir serupa dengan Microsoft Word namun tampilannya berbeda dan fiturnya relatif lebih kompleks. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengelola banyak data dan perlu untuk diolah.

Pada kesempatan ini, Katadata.co.id akan membahas cara membuat grafik di Excel yang bisa Anda diterapkan. Grafik juga menjadi salah satu fitur Excel dalam hal pengolahan data.

Grafik kerap digunakan untuk mengelompokkan data berdasarkan kategori-kategorinya. Misalnya seperti jumlah, jenis barang, total penjualan dan lain-lain. Lebih jelasnya, berikut ini adalah cara membuat grafik di Excel.

Cara Membuat Grafik di Excel

1. Blok tabel yang ingin dibuat menjadi grafik
2. Klik tab ‘Insert’
3. Klik ‘Insert Line or Area Chart’ pada bagian ‘Charts’
4. Data otomatis akan menjadi grafik.

Itulah cara membuat grafik di Excel. Namun perlu diketahui bahwa grafik juga dikenal dengan istilah diagram garis atau line chart. Maka dari itu, grafik termasuk di bagian Charts.

Terkait dengan hal tersebut, kami juga akan memberitahu cara membuat diagram. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

Cara Membuat Diagram di Excel

1. Blok tabel yang berisikan data
2. Klik tab ‘Insert’
3. Pilih opsi diagram yang ingin digunakan
4. Diagram akan terbentuk.

Dapat disimpulkan bahwa untuk membuat diagram, Anda harus membuat tabel terlebih dahulu. Tujuannya adalah mengelompokkan data agar lebih mudah dianalisis. Diagram juga memiliki berbagai jenis. Berikut ini adalah penjelasannya.

Jenis Diagram di Excel

1. Column or Bar Chart (Diagram Batang)
Diagram batang adalah diagram yang berbentuk panjang layaknya batang. Data akan dikelompokkan berdasarkan tinggi batang dengan koordinat X dan Y sebagai kategorinya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement