Memahami Cara Top Up Google Play dengan PayPal

Annisa Fianni Sisma
30 November 2022, 17:03
CARA TOP UP GOOGLE PLAY DENGAN PAYPAL
newsroom.paypal-corp.com
Ilustrasi Penggunaan PayPal

Bagi pengguna Google Play, kini dipermudah transaksi top up menggunakan PayPal. Namun, terdapat ketentuan yang berlaku dalam penggunaan PayPal untuk top up Google Play. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini penjelasan terkait cara top up Google Play dengan PayPal selengkapnya.

Cara top up Google Play dengan PayPal dapat dipahami dengan mudah. Dengan layanan ini, pengguna dapat membeli aplikasi dan konten digital di Google Play dengan metode pembayaran dari akun Google. Untuk menggunakan PayPal maka pengguna harus menambahkan metode pembayaran. Namun sebelum membahas lebih lanjut, Anda perlu mengetahui apa itu Google Play dan juga Paypal.

Tentang Google Play

Google Play merupakan toko online yang digunakan oleh pengguna Android untuk menemukan dan mengunduh aplikasi, game, film, buku, acara TV, dan lain sebagainya.

Google Play menyediakan sekitar dua juta aplikasi dan game untuk seluruh orang di dunia. Google Play mempermudah pengguna dalam memakai aplikasi.

Tak hanya itu, keamanan yang dijamin oleh Google juga berkualitas tinggi. Google Play juga mewajibkan developer mengikuti standar keamanan yang berlaku.

Google Play pada dasarnya membantu developer untuk mengembangkan bisnis secara global. Developer pun terhubung dengan miliaran manusia di dunia. Google Play juga memberikan beragam pilihan layanan bagi konsumennya.

Mengenal PayPal

PayPal merupakan perusahaan penyedia layanan elektronik untuk memfasilitasi transaksi dan penyimpanan saldo. PayPal dapat membantu pengguna melakukan transaksi berupa pengiriman dana, penyimpanan dana, penerimaan dana untuk jual beli atau pemberian lainnya.

PayPal ini memiliki cakupan yang luas. Transaksi yang dilakukan dapat mencakup internasional. Masyarakat antar negara pun dapat melakukan transaksi keuangan dengan PayPal.

Selanjutnya berkaitan dengan cara top up Google Play dengan PayPal, pengguna cukup memahami cara di bawah ini. Berikut ini penjelasan terkait cara top up Google Play dengan PayPal lengkap melansir dari Support.google.com.

1. Buka play.google.com.
2. Pada bagian kanan atas halaman klik ikon profil pengguna.
3. Klik ‘Pembayaran dan Langganan’.
4. Klik ‘Tambahkan Metode Pembayaran’.
5. Ikuti langkah yang tertera di layar.
6. Metode pembayaran pun berhasil ditambahkan di akun google pengguna.

Setelah itu, login dengan akun PayPal dengan langkah sebagai berikut:

1. Login PayPal Melalui Website

a. Login dengan akun PayPal di www.paypal.com.
b. Masukkan email dan password.
c. Klik ‘Login’.
d. Tunggu hingga ada perintah untuk memasukkan 6 digit kode yang wajib dimasukkan. Perintah ini akan muncul jika pengguna mengaktifkan metode verifikasi 2 langkah.
e. Masukkan One Time Code yang terdiri dari 6 digit yang akan terkirim melalui nomor HP pengguna.
f. Klik ‘Continue’
g. Login Selesai

2. Login PayPal Melalui Aplikasi

a. Download aplikasi PayPal melalui App Store maupun PlayStore
b. Buka aplikasi tersebut.
c. Masukkan email dan password.
d. Klik ‘Login’.
e. Tunggu hingga ada perintah untuk memasukkan 6 digit kode yang wajib dimasukkan. Perintah ini akan muncul jika pengguna mengaktifkan metode verifikasi 2 langkah.
f. Masukkan One Time Code yang terdiri dari 6 digit yang akan terkirim melalui nomor HP pengguna.
g. Klik ‘Continue’
h. Login Selesai

Selanjutnya, pengguna wajib juga perlu menjaga keamanan transaksi dengan PayPal. Cara yang cukup baik adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah untuk pengamanan lebih.

Selain itu, terdapat hal yang perlu diketahui terkait metode pembayaran ini. Metode pembayaran dengan PayPal untuk melakukan top up Google Play ternyata hanya tersedia dengan layanan tertentu di berbagai negara. Sayangnya, Indonesia bukan salah satu negara yang menyediakan pembayaran Google Play dengan PayPal.

Negara yang menyediakan metode pembayaran Google Play dengan PayPal adalah Israel, Australia, Austria, Belgia, Bulgaria, Kanada, Cile, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, Hungaria, Irlandia, Italia, Jepang, Meksiko, Belanda, Norwegia, Filipina, Polandia, Rusia, Singapura, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, dan Inggris Raya.

Namun, pengguna Indonesia tak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat metode pembayaran lain yang dapat digunakan untuk top up PayPal. Metode pembayaran lain yang dapat digunakan untuk top up Google Play adalah sebagai berikut:

1. Kartu Debit dan Kartu Kredit Mastercard
2. Kartu Debit dan Kartu Kredit Visa
3. Kartu Debit dan Kartu Kredit Visa Elektron
4. Operator Indosat
5. Operator Smartfren
6. Operator Telkomsel
7. Operator XL/AXIS
8. Operator Tri
9. E-Wallet DANA
10. E-Wallet DOKU
11. E-Wallet GoPay
12. E-Wallet OVO
13. E-Wallet ShopeePay
14. Alfamart
15. Alfamidi
16. Dan+Dan
17. Indomaret
18. Lawson
19. BSI
20. Mandiri

Itulah penjelasan terkait cara top up Google Play dengan Paypal. Selanjutnya dapat diketahui, cara top up Google Play dengan PayPal cukup mudah. Namun, kemudahan pembayaran ini hanya berlaku di negara tertentu saja.

 

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait