Contoh Kalimat Majas Ironi, Satire, dan Sinisme

Dwi Latifatul Fajri
30 November 2022, 23:58
Contoh Kalimat Majas Ironi
Unsplash/Gabrielle Henderson
Ilustrasi Menulis

Dalam bahasa Indonesia, kata majas disebut juga gaya bahasa. Majas digunakan dalam materi ilmu kebahasaan. Gaya bahasa majas terdiri dari empat kategori yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas penegasan, dan majas sindiran seperti majas ironi.

Dalam karya sastra, majas sering digunakan untuk mendukung sebuah karya. Bagi pembaca, majas menambahkan kesan imajinatif untuk pembaca. Contohnya saja penggunaan kata majas dalam pantun, puisi, cerpen, dan novel.

Majas memberikan arah emosional untuk pembaca atau pendengar. Kata majas ini umumnya tidak memiliki arti sebenarnya (konotasi). Misalnya majas sarkasme untuk menyindir seseorang menggunakan ejekan.

Majas Sindiran

Majas sindiran adalah gaya bahasa bertujuan untuk menyindir seseorang. Majas sindiran meningkatkan kesan dan makna kata yang dipahami pembaca atau pendengar. Gaya bahasa ini dapat ditemukan dalam teater atau film. Beberapa tokoh mengucapkan kata-kata yang bermaksud menyindir seseorang atau kelompok. Majas sindiran ini bisa dibalut dengan humor.

Majas sindiran terdiri dari lima jenis, sebagaimana dikutip dari buku Ultra Lengkap Peribahasa Indonesia, Majas, Plus Pantun, Puisi, dan Kata Baku:

1. Majas Ironi

Jenis majas paling halus dari majas sindiran. Majas ironi mengandung sindiran halus berupa kata yang bertentangan dari makna sesungguhnya. Sifat majas ironi untuk menutupi kata-kata yang berbeda dari yang diucapkan. Tetapi lawan bicara akan memahami maksud ungkapan tersebut.

Contoh Kalimat Majas Ironi

  • Hebat sekali siswa itu, sampai harus tinggal kelas
  • Bagus benar tulisanmu, sampai aku tidak bisa membacanya
  • Bagus sekali gambar kamu sukanya mencoret-coret tembok
  • Cepat benar kau datang sampai para undangan meninggalkan tempat ini
  • Bersih sekali kamar ini sampai sampah terlihat dimana-mana

2. Majas Sinisme

Jenis majas yang mengungkapkan kata sindiran kasar. Majas sinisme dipakai untuk mengkritik dan mencemooh sesuatu. Majas sinisme menggunakan sindiran terang-terangan pada lawan bicara.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...