Kupas Tuntas Majas Simile, Contoh Serta Pengertiannya

Image title
8 Desember 2021, 14:28
Salah satu contoh majas simile adalah ungkapan "Seperti air di daun talas," Hidup bagaikan air dan api, majas simile, contoh majas simile
Unsplash/Chinnu Indrakumar
Salah satu contoh majas simile adalah ungkapan "Seperti air di daun talas,"

Majas simile adalah pengandaian, dari perbandingan dua hal yang secara logika sangat berbeda. Contoh majas simile bisa kita temukan pada salah satu judul film tanah air, yang tengah hangat diperbincangkan Seperti dendam, rindu harus dibayar tuntas.

Menurut KBBI, pengertian majas simile adalah pertautan yang membandingkan dua hal yang secara hakiki berbeda, tapi dianggap mengandung segi yang serupa, dan dinyatakan dengan eksplisit menggunakan kata seperti, bagai, laksana, dan lainnya.

Serupa dengan majas personifikasi, majas simile termasuk ke dalam majas perbandingan. Selain maja simile dan majas personifikasi, majas perbandingan lainnya antara lain majas metafora, majas hiperbola, majas litotes dan majas ironi.

Definisi dari majas perbandingan itu sendiri adalah, majas yang menggambarkan sebuah kondisi dengan membandingkan satu hal dengan hal lain. Majas simile membandingkan dua hal secara langsung, tapi bukan secara wujud. Perbandingan pada majas simile adalah sifat atau karakter.

Contoh sederhana majas perumpamaan atau simile adalah membandingkan seorang wanita yang terlihat cantik, dengan keindahan bunga-bunga di taman. Secara bentuk, tentu tidak bisa membandingkan antara manusia dengan bunga. Namun majas simile adalah salah satu cara mengungkapkan sifat atau karakter melalui perbandingan tersebut.

Contoh Majas Simile

Sebelum membahas pengertian majas simile, dan memahami ciri-cirinya, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu contoh majas perumpamaan atau simile. Berikut ini adalah beberapa contoh majas simile:

  • Ibarat air di daun talas.
  • Saat ia memilih untuk pergi hidupku seperti kiamat.
  • Pergi begitu saja bagai pesawat tempur.
  • Teguh pendiriannya ibarat tembok yang kokoh.
  • Bersama, kita bagai hutan dan hujan.
  • Kakak dan adik selalu saja bertengkar, seperti kucing dengan tikus.
  • Mereka memang sudah tidak bisa lagi disatukan, ibarat air dan minyak.
  • Wajahnya begitu semringah bagai kembang di taman yang baru mekar.
  • Tatapannya begitu tajam, bak elang yang sedang mengincar mangsa.
  • Kondisinya makin membaik, kini ia terlihat lebih segar seperti ia hidup kembali.
  • Adik cerewet sekali seperti burung beo.
  • Seharian ini Sinta menangis terus, air matanya terus mengalir bak air terjun.

Dari contoh majas simile di atas, mungkin ada beberapa kalimat yang sudah tidak asing lagi. Kalimat hidup bagaikan air dan api adalah salah satu contoh majas simile yang diambil dari lirik lagu Air dan Api yang dibawakan oleh Naif. Sementara kalimat pergi begitu saja bagai pesawat tempur, merupakan contoh majas simile dari lirik lagu Pesawat Tempur karya musisi legendaris Iwan Fals.

Pengertian Majas Simile

Setelah melihat contoh di atas, dapat diketahui pengertian majas simile adalah usaha untuk mengungkapkan sesuatu secara tidak langsung, melalui perbandingan atau perumpamaan. Seperti majas yang lain, majas simile juga memiliki beberapa ciri-ciri, seperti gaya bahasa dan pemilihan kosakata. 

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement