Ciri-ciri Karya Seni Rupa Daerah dan Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
5 Desember 2022, 23:50
Ciri-Ciri Karya Seni Rupa Daerah
ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/tom.
Ilustrasi dalang memainkan wayang

Seni rupa daerah adalah karya seni yang ada di berbagai daerah Indonesia. Seni rupa daerah diturunkan turun-temurun oleh masyarakat. Sehingga seni rupa daerah adalah seni tradisional yang perlu dilestarikan.

Berdasarkan media penciptanya, seni rupa daerah dibedakan menjadi media gerak, media suara, dan media penglihatan (visual). Proses penciptaan ini juga dipengaruhi selera penciptanya. Individu atau kelompok memiliki selera yang berbeda hingga mendorong apresiasi seni.

Advertisement

Setiap seniman memiliki selera berbeda. Contohnya saja faktor alam, lingkungan, dan masyarakat sekeliling. Faktor ini membuat proses karya seni seperti lukisan, lagu, tarian, dan sastra bisa berbeda. Hasilnya karya seni beragam, memiliki estetika, dan keunikan sendiri.

Ciri-ciri Karya Seni Rupa Daerah

Seni rupa daerah memiliki ciri lain yang berbeda dari seni rupa modern. Seni rupa daerah ini memiliki ciri khas sesuai budaya daerah asal.

Berikut tiga ciri-ciri karya seni rupa daerah:

  1. Sifatnya Kedaerahan
  2. Budaya dan latar belakang sejarah mempengaruhi seni rupa daerah. Karya seni rupa ini memiliki makna dan simbol yang berhubungan dengan adat, budaya, dan kebutuhan masyarakat. Beberapa seni rupa daerah menggunakan bahan alami dari lingkungan.
  3. Corak dan motif dipengaruhi oleh tempat suatu daerah. Contohnya saja kain dan batik khas di wilayah Indonesia.

Contoh Karya Seni Rupa Tradisional

Mengutip dari Sekolahan.co.id, seni tradisional berasal dari suku dan abangsa tertentu. Karya seni ini mengandung nilai estetika dan berpegang pada tradisi. Beberapa daerah memiliki seni tradisional yang berbeda atau ada kemiripan. Selain tradisi kondisi geografi juga mempengaruhi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement