6 Destinasi Wisata Keluarga di Bogor, Nuansa Alam hingga Modern

Image title
6 Desember 2022, 14:08
Wisata Keluarga di Bogor
Jejak Berita
Kebun Raya Bogor

Berlibur menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan setiap tahunnya. Biasanya waktu libur digunakan untuk berwisata, termasuk dengan keluarga.

Destinasi yang dituju sudah seharusnya dipikirkan dengan matang. Selain jarak tempuh, kenyamanan juga harus diperhatikan karena pergi bersama keluarga.

Maka dari itu, kali ini Katadata.co.id akan membahas beberapa destinasi wisata keluarga di Bogor. Beberapa di antaranya merupakan wisata alam, namun juga ada yang bernuansa modern. Berikut ini adalah ulasannya.

Wisata Keluarga di Bogor

1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor tentunya bukan tempat wisata yang asing bagi warga Jakarta, mengingat selain dekat dengan Ibu Kota, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Bogor. Lokasi tepatnya berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Terdapat pemandangan yang indah dan asri di Kebun Raya Bogor. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengajak keluarga piknik dengan santai. Tempat ini juga tergolong tidak terlalu jauh dari perkotaan sehingga mudah disambangi. Tiket masuknya dibanderol Rp 16.500 - Rp 26.500. Anda bisa berkunjung setiap hari mulai jam 8 pagi hingga 4 sore.

2. Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor merupakan destinasi wisata keluarga di Bogor selanjutnya. Luasnya kurang lebih 168 hektare dengan ribuan satwa yang bisa dilihat. Berlokasi di Cisarua, tempat ini selalu ramai dikunjungi pada penghujung minggu atau peringatan hari tertentu. Sangat cocok untuk mengajak anak-anak liburan karena ada unsur edukasi di dalamnya.

Tanpa repot turun menghampiri setiap binatang, Anda bisa bersafari menggunakan mobil dengan berkeliling mengitari Taman Safari Bogor. Sementara itu, juga ada beberapa agen perjalanan yang menyediakan paket tour ke tempat ini sekaligus dengan destinasi lainnya, seperti daerah Puncak.

3. Ranggon Hills

Wisata keluarga di Bogor berikutnya adalah Ranggon Hills yang memiliki pemandangan indah. Berlokasi di sekitar kaki Gunung Salak. Terdapat berbagai spot foto yang menarik dan sangat Instagramable. Tak hanya itu, Anda bisa mengambil foto unik dengan bersepeda di atas tali seakan terbang di udara. Adapun yang tidak boleh dilewatkan adalah Ranggon Air Balloon yang bisa Anda naiki. Selain itu, juga ada area untuk berkemah dan membangun tenda.

Ranggon Hills berlokasi di Gunung Picung, Pamijahan, Bogor Jawa Barat. Kawasannya sangat asri dan nyaman untuk dikunjungi. Menariknya, Anda bisa memilih paket perjalanan sekaligus ke beberapa curug lainnya. Selain lokasi yang berdekatan, juga terdapat beberapa agen yang menyediakan layanan demikian. Dilansir dari situs Klook, tiket masuk Ranggon Hills merogoh kocek Rp 13 ribu.

4. JungleLand Adventure Theme Park

Destinasi wisata keluarga di Bogor berikutnya adalah JungleLand Adventure Theme Park. Di dalamnya terdapat banyak wahana yang bisa dinaiki. Tempat ini terbagi atas lima zona, yakni Mysteria, Eksplora, Carnivalia, Downtown, dan Tropicalia. Sedangkan beberapa dari wahananya adalah Disk’o, Harvest Time, Discovery, Ferrish Wheel, Haunted House, Water Flume, Mega Drop, Boat Blaster, dan lain-lain. 

JungleLand memiliki luas sekitar 34 hektare. Sehingga tetap nyaman dikunjungi meski sedang banyak pengunjung. Adapun lokasi tepatnya berada di Kawasan Sentul Nirwana, Jalan Jungle Land Nomor 1, Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Sementara itu, tiket masuknya dibanderol sekitar Rp 168 ribu per orang.

5. Curug Cilember

Curug Cilember merupakan pilihan wisata keluarga di Bogor yang tepat apabila Anda menyukai alam. Di samping banyaknya curug di kawasan tersebut, Cilember memiliki pemandangan dan akses yang mudah. Selain itu, sudah ada beberapa fasilitas yang memudahkan pengunjung ketika berwisata. Curug Cilember disinyalir memiliki zipline bike dan area menembak.

Tiket masuk Curug Cilember memiliki harga yang beragam tergantung paket yang diambil. Mulai dari wisatawan domestik dan mancanegara. Selain itu, mereka juga menawarkan paket petualangan. Harga termurah berada di kisaran Rp 25 ribu. Sementara itu, yang termahal mencapai Rp 155 ribu. Anda bisa memesan tiket secara online terlebih dahulu agar mendapatkan akses masuk lebih cepat.

6. Little Venice Kota Bunga

Setelah puas berwisata di alam, sepertinya Little Venice Kota Bunga merupakan destinasi yang tepat. Tempat ini memiliki desain klasik seperti Kota Venezia di Italia. Menariknya lagi, terdapat kanal sungai buatan yang dapat diarungi dengan sebuah perahu gondola. Untuk mengitari Little Venice, Anda juga bisa menaiki sepeda. Sementara itu, terdapat banyak spot foto menarik yang bisa didatangi. Bangunannya penuh warna dan menyegarkan mata.

Tak hanya untuk berfoto semata, terdapat beberapa arena permainan seperti menembak, panahan, paintball, dan offroad. Mengutip dari Tiket.com, tiket masuk Little Venice berada di kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 80 ribu. 

Demikian ulasan mengenai beberapa destinasi wisata keluarga di Bogor. Mulai dari Kebun Raya Bogor hingga Little Venice.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait