8 Minuman Khas Kalimantan Selatan yang Autentik dan Nikmat

Ghina Aulia
18 Oktober 2022, 21:14
minuman khas Kalimantan Selatan.
Freepik
Ilustrasi, sirup limau kulit, salah satu minuman khas Kalimantan Selatan.

Setelah sebelumnya banyak membahas jenis minuman dari berbagai daerah di pulau Sumatra dan Jawa, kali ini akan sedikit berbeda. Bukan Indonesia namanya ketika suatu daerah tidak memiliki keunikannya masing-masing.

Demikian dengan pembahasan kali ini, yaitu minuman khas Kalimantan Selatan yang juga tak kalah menarik. Perlu diketahui bahwa provinsi dengan Ibu Kota Banjarmasin ini memiliki segudang kuliner yang patut dicoba. Namun, tak hanya makanan, Kalimantan Selatan juga memiliki banyak ragam minuman, yang sangat menyegarkan dan autentik.

Beberapa di antanya ada yang sulit ditemukan di zaman sekarang. Mengingat penjualnya tak sebanyak dahulu. Jadi, jika Anda pernah atau memiliki kesempatan untuk menyicipinya, maka ini merupakan sebuah keberuntungan.

Dilansir dari situs Keluyuran.com, berikut ini adalah daftar minuman khas Kalimantan Selatan yang patut Anda coba.

1. Lahang Bambu

Nah, minuman khas Kalimantan Selatan satu ini menjadi salah satu yang paling autentik. Lantaran cara penyajiannya langsung dari bambu dengan air mengalir di dalamnya. Demikian dengan penjualnya yang harus menggotong kayu tersebut untuk berkeliling.

Lahang bambu ini memiliki rasa yang sedikit asam. Minuman ini dapat Anda temukan di warung pada kawasan tertentu. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menghilangkan dahaga sambil melihat keunikannya.

2. Es Teler

Meski banyak ditemuka di berbagai wilayah di Indonesia, es teler yang berasal dari Kalimantan Selatan ini tak kalah segar ketika disantap. Isiannya yang banyak tak hanya dapat menyegarkan, namun juga mengenyangkan.

Di dalamnya, terdapat alpukat, nangka, melon, durian, nanas, kelapa dan masih banyak lagi. Tak lupa campuran rasa dari kental manis dan sirup. Beberapa tempat juga menyajikannya dengan tambahan kolang-kaling, mutiara sagu dan kolang-kaling.

Di Kalimantan Selatan sendiri, Anda dapat menemukannya dengan mudah. Tentu dengan rentang harga yang beragam namun tergolong masing sangat terjangkau.

3. Es Jagung

Tak melulu dibuat menjadi olahan makanan, ternyata jagung juga bisa menjadi sesuatu yang menyegarkan. Tak terkecuali Kalimantan Selatan yang menyediakan yang namanya es jagung.
Jagung sebelum jadi minuman, terlebih dahulu direbus hingga lunak.

Adapun, bahan jagung yang umum digunakan, adalah jagung manis. Dengan begitu, sarinya akan keluar dan menambah cita rasa selain campuran gula.

4. Es Sari Kacang Hijau

Minuman khas Kalimantan Selatan ini mudah ditemui di warung makan pinggir jalan di daerah setempat. Kombinasi es sari kacang hijau dengan menu makanan ternyata cukup cocok yang tetap menyegarkan. Terlebih Anda juga bisa mendapatkan khasiat dari kacang hijau yang ada di dalamnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...