8 Minuman Khas Kalimantan Selatan yang Autentik dan Nikmat

Autentik dan menyegarkan, berikut ini adalah 8 minuman khas Kalimantan Selatan yang patut dicoba ketika berkunjung.
Image title
18 Oktober 2022, 21:14
minuman khas Kalimantan Selatan.
Freepik
Ilustrasi, sirup limau kulit, salah satu minuman khas Kalimantan Selatan.

Setelah sebelumnya banyak membahas jenis minuman dari berbagai daerah di pulau Sumatra dan Jawa, kali ini akan sedikit berbeda. Bukan Indonesia namanya ketika suatu daerah tidak memiliki keunikannya masing-masing.

Demikian dengan pembahasan kali ini, yaitu minuman khas Kalimantan Selatan yang juga tak kalah menarik. Perlu diketahui bahwa provinsi dengan Ibu Kota Banjarmasin ini memiliki segudang kuliner yang patut dicoba. Namun, tak hanya makanan, Kalimantan Selatan juga memiliki banyak ragam minuman, yang sangat menyegarkan dan autentik.

Beberapa di antanya ada yang sulit ditemukan di zaman sekarang. Mengingat penjualnya tak sebanyak dahulu. Jadi, jika Anda pernah atau memiliki kesempatan untuk menyicipinya, maka ini merupakan sebuah keberuntungan.

Dilansir dari situs Keluyuran.com, berikut ini adalah daftar minuman khas Kalimantan Selatan yang patut Anda coba.

Advertisement

1. Lahang Bambu

Nah, minuman khas Kalimantan Selatan satu ini menjadi salah satu yang paling autentik. Lantaran cara penyajiannya langsung dari bambu dengan air mengalir di dalamnya. Demikian dengan penjualnya yang harus menggotong kayu tersebut untuk berkeliling.

Lahang bambu ini memiliki rasa yang sedikit asam. Minuman ini dapat Anda temukan di warung pada kawasan tertentu. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat menghilangkan dahaga sambil melihat keunikannya.

2. Es Teler

Meski banyak ditemuka di berbagai wilayah di Indonesia, es teler yang berasal dari Kalimantan Selatan ini tak kalah segar ketika disantap. Isiannya yang banyak tak hanya dapat menyegarkan, namun juga mengenyangkan.

Di dalamnya, terdapat alpukat, nangka, melon, durian, nanas, kelapa dan masih banyak lagi. Tak lupa campuran rasa dari kental manis dan sirup. Beberapa tempat juga menyajikannya dengan tambahan kolang-kaling, mutiara sagu dan kolang-kaling.

Di Kalimantan Selatan sendiri, Anda dapat menemukannya dengan mudah. Tentu dengan rentang harga yang beragam namun tergolong masing sangat terjangkau.

3. Es Jagung

Tak melulu dibuat menjadi olahan makanan, ternyata jagung juga bisa menjadi sesuatu yang menyegarkan. Tak terkecuali Kalimantan Selatan yang menyediakan yang namanya es jagung.
Jagung sebelum jadi minuman, terlebih dahulu direbus hingga lunak.

Adapun, bahan jagung yang umum digunakan, adalah jagung manis. Dengan begitu, sarinya akan keluar dan menambah cita rasa selain campuran gula.

4. Es Sari Kacang Hijau

Minuman khas Kalimantan Selatan ini mudah ditemui di warung makan pinggir jalan di daerah setempat. Kombinasi es sari kacang hijau dengan menu makanan ternyata cukup cocok yang tetap menyegarkan. Terlebih Anda juga bisa mendapatkan khasiat dari kacang hijau yang ada di dalamnya.

Dengan bahan utama kacang hijau, Anda masih bisa merasakan buliran kacang yang tidak seutuhnya melumat. Di samping itu, harga yang dibandrol untuk segelas es ini sangat terjangkau.

5. Es Nangka Selasih Banjar

Tak kalah menyegarkan, minuman satu ini sangat cocok dikonsumsi saat cuaca sedang terik-teriknya. Hal tersebut lantaran campuran biji selasih, potongan nangka, sirup manis serta es batu yang bisa melepas dahaga dengan baik.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat potongan nata de coco yang kenyal. Dengan begitu, tekstur mau pun rasanya juga cukup kompleks dan bisa memanjakan lidah. Seperti minuman -minuman sebelumnya, harga es nangka selasih ini juga cukup murah.

6. Sirup Limau Kuit

Ketika mendengar nama limau kuit, tentu tak jauh-jauh dari Kalimantan Selatan atau Banjarmasin. Salah satu olahannya yang menarik adalah minuman ini, yakni sirup limau kuit dengan perpaduan rasa asam dan manis yang segar.

Menariknya, sirup ini sudah dijual dengan bebas namun belum banyak menjamah daerah di luar provinsi Kalimantan Selatan. Namun tidak ada salahnya apabila Anda berkunjung, jangan lupa untuk membeli minuman ini dan bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kandungannya, bisa dipastikan dibuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk kesehatan.

7. Es Kacang Merah

Lagi-lagi es, olahan kacang merah ini menyajikan cita rasa yang cukup unik. Tentu ada sentuhan manis dari gula yang tidak boleh tinggalkan pada minuman ini. Campuran dinginnya es batu dan buliran kacang merah berpadu dengan nikmat. Selain mudah ditemukan, harganya juga terjangkau.

8. Teh Gaharu Banjarbaru

Cukup berbeda dari yang lain, Teh Gaharu Banjarbaru merupakan produk olahan masyarakat setempat. Tidak lain adalah dari Kota Banjarbaru yang tidak jauh lokasinya dari Banjarmasin.
Kaya akan manfaat, bisa dikatakan minuman ini adalah teh herbal.

Di samping itu, Anda juga dapat menjadikannya sebagai buah tangan untuk sanak saudara ketika berliburan ke Kalimantan Selatan. Menariknya, produk ini ternyata banyak diminati oleh wisatawan yang berasal dari luar negeri. Beberapa di antaranya adalah dari Arab, Afrika dan Iran.

Demikian lah penjelasan mengenai 8 minuman khas Kalimantan Selatan yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke sana.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait