Biaya Liburan ke Jepang dan Rekomendasi Tempat Wisata

Image title
7 Desember 2022, 17:27
Biaya liburan ke Jepang
Pixabay
Disneyland.

Jepang merupakan salah satu negara di kawasan Asia Timur yang ramai dikunjungi oleh turis internasional. Berdasarkan riset yang tercantum di situs Kedutaan Besar Jepang, setiap tahunnya ada sekitar lima juta wisatawan dari berbagai negara.

Salah satunya adalah Indonesia. Perbedaan iklim membuat Jepang sangat menarik. Pasalnya, Anda tidak bisa menemui musim dingin bersalju, gugur dan semi.

Namun akhir tahun adalah masa di mana Jepang paling banyak disasar oleh wisatawan. Pada bulan Desember hingga awal tahun sekitar Maret, salju akan turun sebagai pertanda musim dingin telah datang.

Selain itu, di Jepang juga banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Banyak di antaranya sangat autentik dan hanya dapat ditemui di Jepang. Misalnya seperti bangunan peninggalan sejarah.

Namun juga ada tempat rekreasi yang menyediakan banyak wahana seru. Sebut saja Disneyland dan Universal Studio. Meski sudah ada di beberapa negara lain, Jepang memiliki sesuatu yang berbeda dan hanya bisa ditemukan di sana. Salah satunya adalah arena ‘The Wizarding World of Harry Potter.’

Pada kesempatan ini, Katadata.co.id akan banyak membahas tentang berlibur ke Jepang namun dari perspektif yang lebih sempit. Tidak lain adalah biaya liburan ke Jepang. Simak penjelasan di bawah ini.

Biaya Liburan ke Jepang

1. Tiket Pesawat

Biaya liburan ke Jepang yang paling penting adalah bagaimana caranya sampai di negeri Sakura tersebut. Tiket pesawat sekali berangkat biasanya dibanderol kurang lebih Rp 5-6 juta. Namun, sesekali ada promo yang membuat harganya lebih miring sekitar Rp 3 juta.

Maka dari itu, penting untuk Anda waktu untuk membeli tiket pesawat. Anda bisa memeriksa harganya di aplikasi perjalanan seperti Traveloka, Pegipegi, Tiket.com, dan lain-lain.

2. Biaya Makan

Sebelum tiba di Jepang, sebaiknya Anda menghitung tentang konsumsi makanan selama di sana. Mulai dari menentukan menu hingga restoran yang ingin dikunjungi. Selain dapat memperkirakan biaya, Anda juga bisa menghemat waktu dan membuat liburan lebih lancar. Selain itu, opsi lainnya adalah membawa makanan atau menyimpan stok dari makanan instan namun tetap mengenyangkan.

Adapun hal yang harus diperhatikan adalah kurs jual dan beli antara mata uang Jepang dan Indonesia. Dilansir dari situs Keluyuran, harga makanan di Jepang berada di kisaran ¥ 200 - ¥ 400. Jika dikonversikan ke rupiah berkisar Rp 23 ribu hingga Rp 46 ribu. Anda bisa memperhitungkannya dengan berapa kali makan dalam satu hari dan jumlah hari di Jepang.

3. Akomodasi Transportasi

Biaya liburan ke Jepang tak terlepas dari transportasi yang akan membawa Anda ke tempat tujuan. Biasanya warga lokal dan turis asing menggunakan transportasi publik. Namun Anda harus memastikan apabila sudah mengantongi kartu seperti Japan Rail Pass.

Kabar baiknya, JR Pass bisa dibeli terlebih dahulu secara online dan tidak harus di Jepang. Dilansir dari situs Traveloka, kartu tersebut dapat digunakan untuk tujuh hari tanpa batas perjalanan. Harga satu JR Pass sekitar Rp 3 juta.

Advertisement
HEALTH-CORONAVIRUS/JAPAN
HEALTH-CORONAVIRUS/JAPAN (ANTARA FOTO/ REUTERS/Naoki Ogura/hp/dj)

 

4. Akomodasi Penginapan

Penginapan juga tidak bisa dilewatkan dalam menghitung biaya liburan ke Jepang. Pasalnya, di Jepang terdapat banyak jenis penginapan. Mulai dari konsep hingga harganya. Sebagai wisatawan, penting untuk Anda mengetahui detail tempat yang akan didiami.

Namun yang menarik adalah hadirnya hotel kapsul. Jenis ini merupakan solusi bagi wisatawan yang akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. Meski luasnya yang terbatas dan hanya dapat digunakan untuk tidur, harga relatif miring sehingga bisa menekan pengeluaran selama berlibur. Biaya penginapan di Jepang dibanderol mulai dari harga Rp 500 ribu.

5. Tempat Wisata

Bukan berlibur namanya apabila tidak mengunjungi tempat wisata. Terlebih di Jepang banyak sekali tempat wisata yang bisa disambangi. Mulai dari yang berbau sejarah, alam, hingga wahana seru lainnya.

Maka dari itu, Anda juga perlu menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk masuk ke tempat wisata. Sebut saja beberapa yang paling terkenal adalah Disneyland dan Universal Studio. Dilansir dari Tokyo Disney Resort, masuk ke Disneyland perlu merogoh kocek sebesar ¥ 4.700 hingga ¥ 9.400. Sedangkan mengutip laman Klook, tiket masuk ke Universal Studio berkisar ¥ 8.400 hingga ¥ 16.600.

Rekomendasi Tempat Wisata Jepang

1. Harajuku

Istilah Harajuku mungkin tidak lagi asing bagi beberapa dari Anda, khususnya yang menyukai budaya populer Jepang. Namun, Harajuku sebenarnya adalah kawasan di sekitar Stasiun JR Harajuku, Distrik Shibuya, Kota Tokyo. Disana, terdapat berbagai spot untuk yang bisa dikunjungi. Sebut saja Meiji Shrine, lokasinya tepat di belakang stasiun. Tempat ini sangat bersejarah dan dibangun ketika Jepang di bawah pemerintah Meiji.

Tak hanya itu, di sekitar situ juga ada Takeshita Dori. Disinyalir bahwa tempat ini adalah yang paling ramai di Harajuku. Terdapat banyak penjual pakaian, aksesoris, makanan, dan lain-lain. Menariknya, harga yang ditawarkan cenderung murah untuk turis asing.

2. Universal Studio Japan

Tempat wisata Jepang selanjutnya adalah Universal Studio Japan (USJ). Meski sudah ada di beberapa negara yang lebih dekat seperti Singapura dan Hong Kong, USJ memiliki area yang hanya bisa ditemui di sana. Salah satunya adalah The Wizarding World of Harry Potter. Diketahui bahwa arena tersebut merupakan satu-satunya di Asia.

Selain itu, juga ada ada beberapa arena lain yang tak kalah menarik. Di antaranya adalah Super Nintendo World, Hollywood, New York, San Francisco, Amity Village, Jurassic Park, Waterworld, hingga Universal Wonderland.

3. Tokyo Tower

Tokyo Tower kerap dijadikan tempat wisata Jepang bagi turis mancanegara. Lokasinya tepat di tengah Kota Tokyo sehingga mudah untuk didatangi. Tokyo Tower menjadi titik kota Metropolitan Tokyo. Adapun yang menarik adalah bangunan Menara yang kokoh dan klasik. Menara ini memiliki tinggi sekitar 333 meter. Untuk menaikinya, Anda bisa menggunakan lift dan naik 600 anak tangga menuju Observatorium Utama

Dilansir dari situs Japan Travel, untuk menuju ke tempat ini, Anda bisa menaiki Mita Subway Line dan turun di Stasiun Onarimon. Selain itu, Anda juga bisa menaiki Hibiya Subway Line ke Kamiyacho atau Oedo Subway Line ke Akabanebashi.

Demikian pembahasan mengenai biaya liburan ke Jepang. Lengkap dengan rekomendasi tempat wisata yang bisa dikunjungi. Dari penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke Jepang?

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait