11 Rekomendasi Minuman Khas Jepang Varian Teh dan Alkohol

Annisa Fianni Sisma
13 Oktober 2022, 15:21
minuman khas jepang
PEXEL
ilustrasi, minuman khas Jepang.

Jepang tidak hanya terkenal karena budaya dan alamnya, yang menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Melainkan juga karena kulinernya yang juga telah mendunia. Tak hanya makanan, minuman yang berasal dari "Negeri Sakura" ini, juga sudah mendunia.

Secara umum, banyak orang menganggap minuman khas Jepang yang paling terkenal adalah teh. Namun, varian teh dari Jepang ternyata beragam. Begitu pula minuman jenis lain yang mengandung alkohol, ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja.

Advertisement

Berkunjung ke Jepang tentu kurang jika melewatkan minuman khasnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang minuman khas Jepang, berikut ini macam-macam minumannya yang wajib dicoba.

1. Matcha

Matcha menjadi minuman khas Jepang yang sudah terkenal di berbagai negara. Minuman ini adalah bubuk teh hijau yang cukup dituang air dan diaduk hingga berbusa. Matcha kerap disajikan dalam bentuk minuman. Namun ternyata Matcha dapat dikonsumsi sebagai topping kue, cookies, permen, latte, dan lain sebagainya

2. Genmaicha

Genmaicha adalah teh beras merah. Sejarah tentang genmaicha ini yakni saat biksu Buddha memadukan daun teh hijau dan batangnya dengan beras merah.

Cara ini awalnya untuk mengurangi pemborosan makanan. Ternyata hasil perpaduan keduanya menjadi minuman khas Jepang yang cukup populer.

Minuman ini kerap dikonsumsi saat sarapan. Kini, bahan dasar pembuatan genmaicha bukan lagi dengan gerusan beras tetapi dengan beras merah panggang sebagai tambahan teh hijau.

3. Uroncha

Minuman khas Jepang sejenis teh selanjutnya, adalah Uroncha. Nama lain teh Uroncha adalah teh olong. Perbedaan Uroncha daripada teh lainnya adalah dalam proses pembuatannya.

Teh hitam, teh hijau dan Uroncha memang berasal dari daun teh yang sama. Namun, proses oksidasi Uroncha memberikan aroma yang juat. Minuman ini, terkadang diminum saat makan siang untuk menenangkan perut.

4. Aojiru

Aojiru merupakan jus yang terbuat dari kale dan sayur mayur warna hijau. Biasanya, Aojiru dijual dalam kemasan dan diminum dengan dicampur air. Minuman khas Jepang ini efektif mengurangi tanda penuaan dan mengurangi berat badan. Bahkan, minuman ini diklaim mampu mencegah kanker.

Aojiru populer di kalangan orang tua karena untuk menjaga kesehatan. Jus ini terasa sedikit pahit dan untuk mengurangi rasa pahit, campur dengan susu atau jus buah lainnya agar rasa lebih nikmat.

5. Sakura Tea

Teh sakura ini menjadi minuman khas Jepang yang cukup populer. Pasalnya, minuman ini terbuat dari bunga musim semi di Jepang, Sakura. Bunga sakura yang diseduh dan dijadikan teh akan terasa nikmat. Teh ini cocok diminum sambil menikmati musim semi di Jepang.

6. Royal Milk Tea

Teh Susu Royal ini adalah minuman khas Jepang yang dibuat dari Lipton Jepang pada 1965. Minuman ini terkenal di dunia.

Berbeda dengan teh susu pada umumnya yang terbuat dari teh hitam dan susu, milk tea ini terbuat dari seduhan daun teh Darjeeling atau daun teh Assam. Rasanya lembut dan segar.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement