11 Rekomendasi Minuman Khas Jepang Varian Teh dan Alkohol

Jepang selalu menarik untuk ditelisik. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, adat istiadat yang khas membuat banyak orang penasaran. Berikut ini minuman khas Jepang yang menarik dicoba.
Annisa Fianni Sisma
13 Oktober 2022, 15:21
minuman khas jepang
PEXEL
ilustrasi, minuman khas Jepang.

Jepang tidak hanya terkenal karena budaya dan alamnya, yang menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia. Melainkan juga karena kulinernya yang juga telah mendunia. Tak hanya makanan, minuman yang berasal dari "Negeri Sakura" ini, juga sudah mendunia.

Secara umum, banyak orang menganggap minuman khas Jepang yang paling terkenal adalah teh. Namun, varian teh dari Jepang ternyata beragam. Begitu pula minuman jenis lain yang mengandung alkohol, ternyata tidak hanya terdiri dari satu jenis saja.

Berkunjung ke Jepang tentu kurang jika melewatkan minuman khasnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang minuman khas Jepang, berikut ini macam-macam minumannya yang wajib dicoba.

1. Matcha

Matcha menjadi minuman khas Jepang yang sudah terkenal di berbagai negara. Minuman ini adalah bubuk teh hijau yang cukup dituang air dan diaduk hingga berbusa. Matcha kerap disajikan dalam bentuk minuman. Namun ternyata Matcha dapat dikonsumsi sebagai topping kue, cookies, permen, latte, dan lain sebagainya

Advertisement

2. Genmaicha

Genmaicha adalah teh beras merah. Sejarah tentang genmaicha ini yakni saat biksu Buddha memadukan daun teh hijau dan batangnya dengan beras merah.

Cara ini awalnya untuk mengurangi pemborosan makanan. Ternyata hasil perpaduan keduanya menjadi minuman khas Jepang yang cukup populer.

Minuman ini kerap dikonsumsi saat sarapan. Kini, bahan dasar pembuatan genmaicha bukan lagi dengan gerusan beras tetapi dengan beras merah panggang sebagai tambahan teh hijau.

3. Uroncha

Minuman khas Jepang sejenis teh selanjutnya, adalah Uroncha. Nama lain teh Uroncha adalah teh olong. Perbedaan Uroncha daripada teh lainnya adalah dalam proses pembuatannya.

Teh hitam, teh hijau dan Uroncha memang berasal dari daun teh yang sama. Namun, proses oksidasi Uroncha memberikan aroma yang juat. Minuman ini, terkadang diminum saat makan siang untuk menenangkan perut.

4. Aojiru

Aojiru merupakan jus yang terbuat dari kale dan sayur mayur warna hijau. Biasanya, Aojiru dijual dalam kemasan dan diminum dengan dicampur air. Minuman khas Jepang ini efektif mengurangi tanda penuaan dan mengurangi berat badan. Bahkan, minuman ini diklaim mampu mencegah kanker.

Aojiru populer di kalangan orang tua karena untuk menjaga kesehatan. Jus ini terasa sedikit pahit dan untuk mengurangi rasa pahit, campur dengan susu atau jus buah lainnya agar rasa lebih nikmat.

5. Sakura Tea

Teh sakura ini menjadi minuman khas Jepang yang cukup populer. Pasalnya, minuman ini terbuat dari bunga musim semi di Jepang, Sakura. Bunga sakura yang diseduh dan dijadikan teh akan terasa nikmat. Teh ini cocok diminum sambil menikmati musim semi di Jepang.

6. Royal Milk Tea

Teh Susu Royal ini adalah minuman khas Jepang yang dibuat dari Lipton Jepang pada 1965. Minuman ini terkenal di dunia.

Berbeda dengan teh susu pada umumnya yang terbuat dari teh hitam dan susu, milk tea ini terbuat dari seduhan daun teh Darjeeling atau daun teh Assam. Rasanya lembut dan segar.

Teh ini dapat dikonsumsi berbagai usia. Teh ini cocok disajikan pada pagi hari.

7. Kombu-cha

Minuman khas Jepang lainnya yakni Kombucha. Namun hal pokok yang perlu diketahui adalah Kombu-cha dan Kombucha tidak sama.

Kombucha merupakan teh fermentasi yang kerap menjadi perbincangan akhir-akhir ini. Namun berbeda dengan Kombucha, Kombu-cha merupakan teh rumput laut asal Jepang yang terbuat dari kelp atau kombu atau rumput laut kering serta air panas. 

Rasanya sedikit asin dan bebas kafein. Efek kombu-cha yakni menenangkan dan lebih baik dikonsumsi sebelum tidur.

8. Ofukucha

Teh yang disebut teh keberuntungan ini khas disajikan saat Perayaan Tahun Baru di Jepang. Minuman khas Jepang yang secara harfiah berarti 'teh keberuntungan' ini dipercaya membawa kemakmuran, keberuntungan, dan kejayaan bagi yang menginsumsinya.

Ofukucha merupakan teh hijau yang diseduh dengan rasa bunga, kelo kering seperti Kombu-cha, dan acar plum. Rasa asin dan sedikit asam dari acar plum ini berpadu dan menyajikan rasa yang menarik.

9. Sake

Sake merupakan minuman khas Jepang yang terkenal di dunia. Minuman beralkohol ini dibuat dari fermentasi beras. Selama ribuan tahun, minuman ini sudah dikonsumsi dan diproduksi lebih dari 1.500 pabrik sake.

Rasa Sake Jepang bergantung pada aspek jenis beras, waktu fermentasi, dan lain sebagainya. Rasanya bercampur antara rasa alkohol penuh umami dengan rasa manis seperti wine. Sake di setiap wilayah di Jepang memiliki rasa yang unik khas lokal.

10. Shochu

Minuman khas Jepang yang beralkohol lainnya adalah Shochu. Rasanya seperti vodka dan terbuat dari beras, ubi jalar, tebu, dan barley. Rasa Sochu tergantung dari cara penyedujanmya. Varian dari ubi jalar merupakan sochu yang paling terkenal.

11. Amazake

Amazake merupakan minuman khas Jepang yang merupakan varian dari Sake. Amazake lebih rendah kadar alkohol daripada sake sehingga rasanya pun tidak sekencang Sake.

Tekstur Amazake sedikit kental, manis dan mirip oatmeal. Beras yang difermentasikan sengaja tidak disaring agar teksturnya yang padat terjaga. Saking rendahnya kadar alkohol, terkadang Amazake dikonsumsi oleh anak-anak. Amazake pada umumnya dijual di pondok di gunung.

Demikian 11 minuman khas Jepang yang wajib dicoba saat berkunjung ke negara tersebut. Beberapa minuman yang telah disebutkan, mengandung alkohol. Jadi, pastikan anak-anak tidak mengonsumsi minuman beralkohol tersebut.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait