6 Tips Liburan ke Jepang Ini Harus Diperhatikan dan Dicatat

Ghina Aulia
7 Desember 2022, 17:36
Tips liburan ke Jepang
Pixabay
Kota Tokyo.

Liburan ke negara beriklim subtropis adalah pilihan menarik untuk dilakukan. Selain iklim berbeda, banyak destinasi yang tidak biasa yang dapat dikunjungi.

Salah satunya adalah negara Jepang. Negeri bunga Sakura ini memiliki banyak keunikan yang bisa menjadi daya tariknya di bidang pariwisata.

Advertisement

Tak hanya itu, Jepang juga memiliki banyak tempat wisata yang hanya ada di sana. Namun beberapa juga memiliki cabang di negara lain. Misalnya seperti Disneyland dan Universal Studio. Meski begitu, cabang di Jepang memiliki perbedaan tertentu.

Hal lain yang membuat Jepang banyak dikunjungi adalah kulinernya. Mungkin sebagian dari Anda tidak asing lagi dari dengan sushi, ramen, onigiri, takoyaki, dan lain-lain. Dengan berkunjung ke Jepang, Anda dapat mencicipi sisi autentik dari hidangan tersebut.

Berlibur ke Jepang juga tidak boleh sembarangan. Selain administrasi yang cukup rumit, turis juga harus siap dengan perbedaan budaya dan kebiasaan masyarakat setempat.

Terkait dengan hal itu, Katadata.co.id akan memberikan beberapa tips liburan ke Jepang. Simak tulisan berikut ini.

Tips Liburan ke Jepang

1. Buat e-Paspor

Paspor merupakan dokumen yang wajib dimiliki oleh wisatawan apabila ingin berkunjung ke luar negeri. Sekarang ini, sudah ada yang namanya paspor elektronik atau e-Paspor. Selain lebih ringkas, ternyata ada benefit berupa bebas visa apabila Anda mengantongi e-Paspor. Untuk destinasi Jepang, Anda bisa mengunjungi situs Ed.emb-japan.go.jp untuk mengisi formulir dan melihat ketentuan administrasi lainnya.

Sebagai informasi, e-Paspor bersifat legal dan terdaftar di Kedutaan Besar Jepang. Meskipun begitu, biaya membuat e-Paspor cenderung lebih mahal yakni Rp 650 ribu, dibandingkan dengan paspor konvensional yang hanya Rp 350 ribu. Adapun masa berlaku e-Paspor sama dengan paspor konvensional, yakni 10 tahun terhitung sejak waktu pembuatan 12 Oktober 2022. 

2. Manajemen Konsumsi Makanan

Konsumsi menjadi hal yang cukup penting dalam suatu perjalanan. Terlebih ketika bepergian bersama rombongan atau keluarga yang jumlahnya tidak sedikit. Biasanya untuk Anda yang ikut di agen perjalanan, pihaknya akan menyediakan paket makan atau catering yang sudah termasuk harga secara keseluruhan.

Namun cara itu bisa menjadi alternatif untuk berhemat apabila Anda sedang melakukan perjalanan ke Jepang secara pribadi. Salah satunya adalah dengan membawa makanan sendiri. Alternatif lainnya adalah membeli makanan instan yang bisa dinikmati di mana saja dan tetap mengenyangkan, misalnya onigiri. Nasi kepal khas Jepang tersebut bisa mengganjal perut dengan harga yang miring.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement