Kerjasama Bilateral adalah Hubungan Dua Negara, Ini Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
10 Desember 2022, 20:27
Kerjasama Bilateral adalah jenis kerjasama yang dilakukan dua negara
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Sigid Kurniawan/wsj.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kedatangan Menteri Luar Negeri, Internasional Bisnis dan Kerjasama Internasional Suriname Albert R Ramdin (kiri) di lokasi KTT G20 Indonesia 2022, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Kerja sama antar negara bermanfaat untuk mencapai tujuan bersama. Contohnya saja Indonesia memiliki sumber daya alam melakukan ekspor ke negara Jepang. Kerja sama antar negara ini berhubungan dengan ekonomi, pendidikan, teknologi, dan industri.

Indonesia juga bergabung dengan organisasi antar negara. Tujuan kerja sama antar negara dan organisasi ini untuk memajukan ekonomi. Ada jenis kerja sama internasional yaitu kerja sama ekonomi bilateral, ekonomi multilateral, regional, dan kerja sama ekonomi.

Advertisement

Jenis Kerja Sama Internasional

1. Pengertian Kerja Sama Bilateral 

Kerjasama bilateral adalah kerja sama antara dua negara. Kerjasama bilateral ini melibatkan dua negara yang sifatnya saling membantu di bidang ekonomi. Selain ekonomi, kerja sama melibatkan dua negara ini juga menjalin diplomatik, perdagangan, pendidikan, dan kebudayaan.

Contoh kerjasama bilateral adalah bentuk kerja sama Indonesia dan Jepang di bidang teknologi. Indonesia memiliki sumber daya alam seperti batu bara yang diekspor ke Jepang. Negara Jepang memiliki teknologi canggih. Sehingga terjadi kerja sama internasional dalam bentuk ekspor dan impor.

Indonesia juga bekerjasama dengan Malaysia, Korea Selatan, Thailand untuk meningkatkan ekonomi. Indonesia juga bekerjasama dengan negara Eropa untuk ekspor kelapa sawit.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement