Kerjasama Multilateral adalah Kerja Sama Banyak Negara, Ini Contohnya

Dwi Latifatul Fajri
11 Desember 2022, 20:50
Kerjasama multilateral adalah jenis kerjasama antar negara sifatnya global
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Sejumlah bendera negara peserta KTT G20 terpasang di Taman Bundaran Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (10/11/2022).

Globalisasi dan ekonomi dunia membuat beberapa negara saling bekerjasama. Ada berbagai organisasi berdasarkan kesepakatan internasional. Jenis-jenis kerja sama antara negara yaitu multilateral, regional, dan bilateral.

Indonesia bekerjasama dengan beberapa negara. Kerja sama ini penting untuk meningkatkan ekonomi, industri, pendidikan, dan jaringan komunikasi. Kerja sama antar negara ini disesuaikan dengan letak geografi atau organisasi.

Kerja Sama Multilateral

Kerjasama multilateral adalah bentuk kerja sama yang dilakukan lebih dari dua negara. Kerja sama ini membentuk lembaga internasional dan jumlahnya tidak terbatas. Kerja sama multilateral tidak hanya berlaku dalam lingkup satu kawasan saja.

Kerja sama multilateral internasional membentuk organisasi yang anggotanya ada di seluruh dunia. COntoh kerja sama multilateral yaitu General Agreement on Trade and Tariff (GATT), World Trade Organization (WTO), dan United Nation Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Faktor Kerja Sama Internasional

Mengutip buku TOP NO.1 Ulangan Harian, kerja sama internasional dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut faktor terjadinya kerja sama internasional antar negara:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...