10 Pemain Bola Terbaik Sepanjang Masa, dari Maradona hingga Messi

Tifani
Oleh Tifani
13 Desember 2022, 11:10
pemain bola terbaik sepanjang masa
Katadata
Ilustrasi Pemain Bola Terbaik Dunia

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang populer di dunia. Cabang olahraga ini telah melahirkan sosok-sosok terbaik yang kerap menjadi sorotan selama berada di puncak karirnya.

Para bintang sepak bola tersebut bukan hanya bersaing menjadi pemain terbaik, tapi juga untuk memecahkan rekor untuk membuatnya semakin terkenang. Dikutip dari laman Ourfourtwo.com berikut pemain bola terbaik sepanjang masa.

Advertisement

1. Alfredo Di Stefano

Alfredo Di Stefano atau yang biasa dipanggil dengan Saeta Rubia. Stefano ini memiliki karir sangat sukses hingga ia bisa bertahan lebih dari dua dekade.

Pemain Argentina ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan individu dan juga kejuaraan yang mencakup Ballon D’Or yang pernah ia memenangkan pada 1957 dan 1959. Alfredo Di Stefano adalah salah satu pemain sepak bola yang pernah memenangkan kategori “Pemain Spanyol Terbaik” selama empat kesempatan.

Selain itu, “Kejuaraan Amerika Selatan” pernah ia gapai bersama dengan tim nasional Argentina di tahun 1947 lalu. Sesama pemain sepak bola dan orang-orang sekitarnya juga mengakui akan keterampilannya.

Kecerdikannya yang luar biasa saat bermain membuat dirinya sangat dikagumi. Seperti pernah dikatakan oleh mantan presiden UEFA dan juga para pemain sepak bola Prancis, yaitu Michel Platini yang memuji Alfredo Di Stefano sebagai salah satu pemain terbaik di antara pemain lain yang tak kalah hebat.

2. Franz Beckenbauer

Pemain bola terbaik sepanjang masa selanjutnya adalah Franz Beckenbauer. Legenda Timnas Jerman ini disebut-sebut sebagai pesepakbola cerdas yang tidak hanya berprestasi saat dirinya aktif bermain.

Ia juga berhasil menjadi seorang pelatih sukses dan orang penting dalam suksesnya penyelenggaraan Piala Dunia 2006 silam di Jerman. Franz Beckenbauer merupakan sosok seorang jenderal lapangan tengah Timnas Jerman ini yang dijuluki Der Kaiser.

Beckenbauer sukses membawa Timnas Jerman berjaya pada era 70-an. Ia membawa Timnas Jerman menjuarai Piala Eropa pada 1972, lalu dua tahun kemudian membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 1974.

Beckenbauer juga dua kali terpilih menjadi pemain terbaik Eropa dengan meraih Ballon d'Or pada tahun 1972 dan 1976. Selama berkarir di Timnas, Beckenbauer sudah main sebanyak 103 kali dan mencetak 14 gol.

Tidak sampai disitu, saat ia berkarir menjadi seorang pelatih, Beckenbauer juga meraih kesuksesan besar dengan mengantarkan Timnas Jerman menjadi juara pada Piala Dunia 1990

3. George Best

George Best memulai karir junior di Manchester United. Ia mulai masuk tim utama sejak tahun 1963. Di usia muda, Best sudah jadi pemain inti Manchester United.

Di bawah asuhan pelatih Matt Busby, Manchester United memang memasuki masa keemasan di tahun 60an. Best jadi pemain andalan berkat skill dribble bola yang mumpuni.

Ia mengantar Manchester United meraih dua trofi Liga Inggris, dua trofi Community Shield dan puncaknya meraih trofi European Cup atau Liga Champions pada 1968, gelar Eropa pertama dalam sejarah Manchester United. Best bahkan dianugerahi gelar Ballon d’Or pada 1968.

Salah satu pemain bola terbaik sepanjang masa ini sempat mendapat julukan sebagai El Beatle atau The Fifth Beatle, merujuk pada gaya hidup glamornya di luar lapangan. Best menjadi salah satu superstar selebriti yang dikenal luas dimana gaya hidup dan kehidupan pribadinya kerap menjadi konsumsi publik.

Best bahkan sempat mencetak rekor enam gol dalam satu pertandingan FA Cup. Masalah mulai mendatangi Best, dimana ia terlibat isu indisipliner. George Best akhirnya meninggalkan Manchester United pada 1974 karena satu dan lain masalah. Total permainannya sebanyak 470 kali untuk United dalam 11 musim dan mencetak 179 gol.

Bersama Timnas Irlandia Utara, George Best memulai debut sejak 1964. Total Best menorehkan 37 caps dan mencetak sembilan gol untuk Timnas Irlandia Utara. Namun sepanjang karir internasionalnya, Timnas Irlandia Utara tidak pernah lolos ke Piala Dunia atau Piala Eropa. Best pun menjadi salah satu pemain terbaik yang tidak pernah bermain di Piala Dunia atau EURO.

4. Johan Cruyff

Tidak ada pemain dan orang dalam sejarah olahraga yang memiliki dampak sebesar Johan Cruyff. Seorang pionir yang membawa ide brilian 'total football' kepada Ajax, Barcelona dan tim nasional Belanda.

Cruyff memiliki karir yang luar biasa baik untuk klub dan tim nasionalnya dengan memainkan sepak bola yang indah di sepanjang perjalanannya. Pemenang Ballon d'Or tiga kali dalam karirnya (1971, 1973 dan 1974).

Cruyff pertama kali menciptakan warisannya di Ajax, di mana ia membimbing raksasa Belanda itu meraih beberapa gelar liga dan tiga Kejuaraan Eropa yang menakjubkan. Namun, yang paling diingat Cruyff di era modern adalah transformasi yang dibawanya di Barcelona.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement