8 Cara Mengecek Kecepatan Wifi Ini Paling Mudah

Tifani
Oleh Tifani
13 Desember 2022, 20:04
Ilustrasi Cara Mengecek Kecepatan Wifi
Katadata
Ilustrasi Cara Mengecek Kecepatan Wifi

Koneksi internet melalui wifi yang cepat menjadi hal penting bagi sebagian orang. Pasalnya, koneksi internet yang disebarkan lewat jaringan wifi tak terbatas dengan kuota.

Berbeda dengan koneksi internet dari jaringan seluler yang membutuhkan kuota. Dengan wifi, pengguna tak perlu khawatir kehabisan kuota internet saat ingin streaming video, melakukan telekonferensi, mengunduh file materi, dan sebagainya.

Cara Mengecek Kecepatan Wifi

Pengguna cukup langganan per bulan ke operator untuk bisa bebas mengakses layanan internet lewat wifi. Untuk mengetahui kecepatan wifi internet di rumah, ada beberapa cara mengecek kecepatan wifi yang dapat dilakukan dengan mudah melalui HP dan PC.

Demi menghindari hambatan saat menggunakan wifi internet, tidak ada salahnya untuk mengetahui kecepatan internet yang sedang dipakai, sehingga pemakai meningkatkan performa jaringan di rumah kedepannya. Dikutip dari laman Myrepublic.com, berikut cara mengecek kecepatan wifi 

1. Speed Test Google

Google juga memiliki layanan untuk memeriksa kecepatan koneksi internet pada wifi . Untuk mengakses layanan ini, silakan kunjungi Google Search pada browser di HP atau laptop, lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “Speed Test”.

Setelah itu, di daftar teratas hasil pencarian Google Search, bakal muncul kolom khusus untuk pengujian kecepatan internet. Klik opsi “Jalankan Uji Kecepatan” pada kolom tersebut dan hasilnya bakal ditampilkan pada pop up halaman informasi baru.

2. Speedtest by Ookla

Speedtest by Ookla merupakan salah satu situs untuk mengecek kecepatan internet yang cukup terkenal. Cara cek kecepatan wifi lewat Speedtest by Ookla bisa diakses dengan mengunjungi laman Speedtest.net.

Saat laman telah terbuka, silahkan klik opsi “Mulai” dan situs web bakal memulai mendeteksi kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan wifi yang terhubung di perangkat. Pemeriksaan kecepatan mungkin bakal membutuhkan waktu sekitar tiga menit.

3. SpeedSmart

SpeedSmart merupakan situs web dengan fitur utama untuk melakukan cek kecepatan internet. Untuk memulai memeriksa kecepatan internet lewat situs ini, silakan kunjungi laman Speedsmart.net.

Saat laman terbuka, klik opsi “Start Test”. Dengan mengetuk opsi tersebut, situs bakal memulai melakukan pemeriksaan kecepatan unduh, unggah, dan latensi pada jaringan wifi yang tengah terhubung ke perangkat. Setelah itu, SpeedSmart bakal menampilkan hasilnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement