7 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Diterima dan Penting Disimak

Tifani
Oleh Tifani
14 Desember 2022, 18:53
cara interview kerja yang baik agar diterima
Katadata
Ilustrasi Cara Interview Kerjaan yang Baik Agar Diterima

Interview adalah salah satu tahap yang perlu dilakukan saat melamar kerja. Tahap interview mungkin cukup mendebarkan, terlebih untuk seorang fresh graduate.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan agar interview kerja dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Pertanyaan seputar interview terkadang memang tidak terduga dan bisa saja menjebak.

Advertisement

Cara Interview Kerja yang Baik Agar Diterima

Maka dari itu para pelamar harus mempersiapkan diri untuk menghadapi interview kerja agar diterima. Dikutip dari Ekrut.com.,berikut ini cara interview kerja yang baik agar diterima:

1. Pahami tentang perusahaan dan lowongan yang dilamar

Tips pertama cara interview kerja yang baik agar diterima adalah ketahui seperti apa perusahaan yang hendak dilamar. Pelamar harus memahami posisi dan latar belakang perusahaan yang dilamar. Caranya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum hari wawancara.

Kenali industri dan profil perusahaan melalui situs resmi mereka. Bagian pekerjaan yang dilamar bisa dicari melalui tempat pelamar menemukan lowongan.

Biasanya, situs portal lowongan juga mencantumkan deskripsi singkat perusahaan serta persyaratan untuk lowongan tersebut. Saat interview kerja, pewawancara seringkali menanyakan apa yang kandidat ketahui tentang perusahaan.

Jadi, pastikan untuk “berkenalan” dengan perusahaan yang dilamar sebelum masuk ke tahapan wawancara.

2. Ceritakan tentang diri Anda

Pertanyaan yang satu ini sering muncul pada saat wawancara. Anda bisa menjawab pertanyaan ini dengan menceritakan asal kampus, jurusan, pengalaman, passion, dan segala sesuatu yang pembahasannya nanti mengarah ke pekerjaan.

Jangan ceritakan hal-hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan, seperti nama orang tua, jabatan orang tua, nama pacar, dan lain sebagainya.

3. Gunakan gaya bicara dan gerak tubuh sopan

Cara interview kerja yang baik agar diterima selanjutnya ialah memperhatikan gaya bicara. Gaya bicara, pemilihan kata, dan bahasa tubuh merupakan faktor yang sering dilupakan oleh kandidat saat menjalani interview kerja.

Padahal, hal-hal tersebut dapat menggambarkan kecakapan pelamar dalam berkomunikasi dengan rekan kerja di kantor.

Hindari menggunakan gaya berbicara yang tidak sopan dan menggunakan nada tinggi ketika menjawab. Sesuaikan juga gaya bahasa dengan konteks wawancara.

Sebagian besar perusahaan memiliki kultur yang sangat formal. Sebaliknya, perusahaan startup cenderung lebih santai.

Selain itu, pastikan tidak menggunakan gerak tubuh yang berkonotasi negatif seperti menunjuk, menyilangkan kaki, atau menyilangkan tangan di dada selama interview kerja.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement