5 Contoh Komik Humor Lucu Ini Mampu Mengocok Perut

Dwi Latifatul Fajri
20 Desember 2022, 10:45
Contoh Komik Humor
Unsplash
Ilustrasi baca komik

Komik terdiri dari rangkaian gambar yang memiliki alur cerita. Terdapat garis-garis yang terhubung untuk membagi gambar satu dengan yang lain. Ada dua jenis komik yaitu komik setrip (comic setrip) dan buku komik (comic books).

Dalam jurnal berjudul Analisis Semiotik dalam Komik Strip Konpopilan terbitan Harian Kompas 2016, komik adalah rangkaian gambar yang memiliki peralihan ruang dan waktu. Jenis komik setrip tidak memiliki alur panjang dan terdiri dari dua panel. Sedangkan buku komik adalah jenis komik yang memiliki alur cerita panjang dan dibukukan.

Umumnya komik setrip diterbitkan di koran. Komik setrip bertujuan untuk menyampaikan opini dan hiburan. Pada koran, komik setrip memuat teks dalam balon sebagai kotak dialog. Kekuatan terbesar komik ini ada pada gambar yang ditampilkan. Selain koran, komik setrip berkembang di media sosial contohnya Instagram dan TikTok.

Instagram dan TikTok menyediakan panel bergambar yang bisa digeser oleh pengguna. Berbeda dengan aplikasi baca komik online, cerita komik di media sosial lebih pendek. Komik digital di media sosial lebih berwarna jika dilihat. Berikut contoh komik kartun lucu.

Contoh Komik Humor

Berikut beberapa contoh komik strip humor yang dibaca di Instagram:

1. Komik si Juki

Komik si Juki
Komik si Juki (Instagram.com/jukihoki)

Komik setrip yang bisa dibaca gratis di Instagram yaitu komik Si Juki. Komik @jukihoki ini berupa komik setrip sekali tamat. Si Juki adalah karakter komik karya Faza Ibnu Ubaidillah (Faza Meonk). Komik si Juki dibuat pada 2011 dalam bentuk komik online. Selain itu komik Si Juki bisa dibaca di Webtoon dan bentuk buku. Total ada tujuh buku komik berwarna tentang Si Juki.

Berdasarkan Wikipedia, komik lucu satu ini mengangkat isu-isu terkini yang banyak dibahas. Selain humor, kreator juga menyampaikan isu sosial dengan gaya sarkasme. Contoh isu sosial yang diangkat yaitu kesehatan, hedonisme, dan masalah rokok. Demikian contoh komik humor Si Juki.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement