5 Rekomendasi Buku untuk Remaja Ini Ajarkan Arti Hidup

Ghina Aulia
21 Desember 2022, 14:00
Rekomendasi buku untuk remaja.
PE
Ilustrasi orang membaca buku.

Buku menjadi salah satu sumber bacaan yang paling autentik. Sebelum hadir gawai atau teknologi sejenisnya, manusia lebih banyak menggali informasi dari buku.

Hingga sekarang, buku kerap dijadikan sumber rujukan. Baik untuk hiburan dan menambah wawasan, hingga keperluan pembelajaran. Sejak dulu, buku hadir dengan beragam karakter dan jenis, salah satunya novel, buku yang berisikan cerita panjang. Sementara itu, juga juga buku berisi biografi hingga antologi.

Kali ini, Katadata.co.id ingin memberikan rekomendasi buku untuk remaja beserta ulasannya. Semua daftar di bawah banyak bercerita tentang kehidupan. Maka dari itu, cocok untuk remaja yang akan menghadapi masa dewasa. Berikut ini ulasannya, melansir dari situs Gramedia.com.

1. Does My Head Look Big in This?

Rekomendasi buku untuk remaja ini merupakan karya dari Randa Abdel Fattah yang diterbitkan pada 2019. Berjumlah 348 halaman, buku ini banyak membahas tentang upaya seorang garis muda dalam memperkuat imannya sebagai minoritas.

Diceritakan bahwa Amal, tinggal di negara dengan paham sekuler. Sekuler atau sekularisme merupakan paham yang membedakan antara urusan agama dan dunia, misalnya seperti politik dan negara. Amal adalah warga negara Palestina yang bermigrasi ke suatu kawasan di Melbourne, Australia. Ia merupakan seorang muslimah yang taat yang mengenakan hijab setiap harinya.

Saat memutuskan ingin berhijab, orang tua Amal justru khawatir apabila anaknya memiliki keraguan dan sewaktu-waktu bisa berubah pikiran. Hal tersebut lantaran tantangan yang akan dihadapinya tidak mudah, terlebih statusnya sebagai minoritas di sekolah bahkan negara. Namun Amal tetap teguh dan yakin ingin memakai hijab. Hal tersebut juga ia iringi dengan memperbaiki kualitas ibadah.

Tentu yang dihadapi Amal adalah badai, tepatnya gunjingan dari lingkungan sekitarnya, khususnya teman-teman di sekolah. Hal itu juga sempat memberikan keraguan pada dirinya. Pikiran Amal terus berkutat antara hasrat ingin ‘diterima’ atau tetap menjalankan perintah agama.

2. Manusia Urban

Manusia Urban merupakan salah satu rekomendasi buku untuk remaja yang ditulis oleh A.m. Lilik Agung. Terbit pada 2021, buku ini berisi kumpulan cerpen tentang berbagai permasalahan hidup yang dihadapi tokoh di dalamnya. Selain itu, buku ini juga membagikan pesan moral kepada pembaca tentang pahitnya kehidupan dan badai yang pasti berlalu. Istilah manusia urban merujuk pada orang-orang yang hidup dikelilingi keramaian dunia yang mewah dan menggembirakan. Namun di balik itu, konflik selalu datang dan memberikan pelajaran setelahnya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement