Cara Daftar Jenius Secara Online Mudah dan Praktis

Bank digital Jenius menyediakan kemudahan untuk transaksi online. Berikut tutorial daftar Jenius online dan penjelasan setoran awal untuk mendapatkan kartu debit.
Dwi Latifatul Fajri
22 Oktober 2021, 16:35
Daftar Jenius
Google Play Store
Ilustrasi aplikasi Jenius

Jenius menyediakan aplikasi perbankan digital yang diluncurkan oleh PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk atau BTPN. Cara membuat atau daftar Jenius cukup mudah, yaitu melakukan registrasi secara online di aplikasi Jenius.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan transaksi keuangan secara online. Setelah daftar Jenius, Anda akan mendapat kartu debit virtual atau E-Card. Kartu tersebut bisa dipakai untuk transaksi online dan membayar tagihan.

Dokumen dan Persyaratan Daftar Jenius Online

  • Ponsel Android dan Iphone
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP (Tidak wajib)
    Anda bisa memilih "Saya tidak memiliki NPWP" ketika proses pendaftaran. Namun, saat melakukan aktivasi rekening, Anda akan diminta menunjukkan NPWP penanggung dana.
  • Persiapkan dokumen pendukung saat proses video call, seperti SIM, passport, KTM atau identitas lain sesuai data KTP.
  • Kertas untuk tanda tangan

Cara Daftar Jenius

1. Download Aplikasi Jenius

Instal aplikasi di App Store atau Google Play untuk proses registrasi.

2. Isi Data Pribadi

Langkah selanjutnya, Anda perlu memasukkan nomor ponsel dan email aktif untuk pembukaan rekening. Klik tombol Lanjut di bagian kanan bawah. Adapun beberapa data yang perlu diisi saat registrasi seperti:

  • Foto KTP
  • Nama Unik atau Cashtag merupakan identitas baru untuk nomer rekening. Itu memudahkan pemilik akun untuk mengirim dan menerima uang dari Cashtag.
  • Pilih kartu debit Jenius sesuai keinginan dan pilih nama kartu debit Jenius Anda. 
  • Buat password dan pin dengan kombinasi huruf kapital, angka, dan huruf kecil. Anda juga perlu membuat 6 digit pin untuk mengakses atau masuk dan bertransaksi di aplikasi Jenius

3. Aktivasi Akun Jenius

Setelah proses registrasi diaktifkan, ada 2 cara untuk aktivasi kartu debit yaitu:

  • Video Call

Anda bisa menghubungi Jenius Crew untuk melakukan aktivasi akun, dan pastikan koneksi internet stabil. Jam operasional Senin hingga Minggu, pukul 08.00-21.00. Tunggu beberapa saat untuk masuk ke dalam antrian pendaftaran.

Selama menunggu, Anda bisa mempersiapkan KTP asli dan dokumen pendukung, seperti SIM/NPWP/Passport/KTM atau identitas lain. Setelah berhasil melakukan panggilan video, buka email untuk pesan akun telah aktif.

  • Datang ke Jenius Live

Anda bisa berkunjung ke kantor cabang BTPN terdekat dengan membawa KTP asli untuk aktivasi akun. Tim Jenius nantinya akan meminta Anda untuk membubuhkan tanda tangan dan mengambil foto KTP Anda. Setelah itu, Anda akan mendapat pesar elektronik alias email yang menyatakan akun telah aktif.

4. Mulai Menabung

Setoran awal Jenius minimal Rp 500 ribu untuk mendapatkan M-Card atau kartu debit utama. Kartu ini bisa dipakai untuk tarik tunai atau transaksi lainnya.

Anda bisa transfer ke rekening jenius menggunakan ATM, internet banking, atau mobile banking. Pilih transfer antar bank lalu masukkan kode bank BTPN (213) dan nomor rekening Jenius.

Anda bisa mengisi saldo melalui setor tunai di kantor cabang BTPN. Setelah selesai melakukan aktivasi, kartu debit akan dikirimkan dalam 3-7 hari kerja.

Tipe kartu debit Jenius 

Kartu Debit Utama (M-Card)

Anda bisa melakukan tarik tunai di ATM Prima/Bersama/mancanegara. Transaksi bisa dilakukan secara online atau offline di seluruh merchant Visa. Anda juga bisa mendapatkan kartu Jenius Visa dari menu Card Center. Pastikan Anda memiliki saldo minimal Rp 500ribu

Kartu Debit Virtual (e-Card)

Elektronik Card atau e-Card ini bisa dipakai untuk transaksi online tanpa kartu kredit di seluruh merchant Visa. Anda bisa belanja online, membayar tagihan musik, dan aplikasi. E-Card merupakan kartu visual yang otomatis tersedia di Jenius app setelah akun aktif.

E-Card bisa dipakai untuk pembayaran Visa, termasuk beberapa aplikasi berbayar seperti Netflix, iTUnes, Spotify, dan lainnya. Transaksi kartu elektronik ini bisa diakses di fitur Card Center, pilih E-Card, lalu ke menu Transaksi.

Kartu Debit Tambahan (X-Card)

Anda bisa mengatur pengeluaran lebih mudah sesuai kebutuhan, misal belanja atau transportasi. Kartu debit fisik ini bisa dipakai untuk transaksi online dan offline, dengan biaya pembuatan kartu X-Card sebesar Rp 50.000 ribu yang diambil dari saldo aktif.

Ada beberapa keuntungan menggunakan Kartu Debit Jenius. Siapkan setoran awal Jenius minimal Rp 500 ribu untuk memilih kartu pertama. Anda bisa mengatur dan mengubah batas penarikan uang. Ada juga fitur mengubah PIN di aplikasi Jenius.

Selain kartu debit Visa, Jenius juga merilis Jenius GPN untuk kemudahan transaksi pada sistem pembayaran nasional. Pembuatan kartu debit Jenius GPN ini tidak dikenakan biaya. Anda bisa memesan kartu di bagian menu Card Center di aplikasi Jenius. Lalu pilih desain kartu dengan logo GPN. Proses pembuatan kartu memakan waktu 2 sampai 3 hari.

Cara mengaktifkan kartu fisik Jenius:

1. Pilih bagian menu Card Center, lalu pilih kartu debit baru di bagian daftar kartu
2. Cek apakah nomor kartu debit di aplikasi Jenius sama dengan kartu fisik
3. Pilih "Aktifkan" untuk mengaktifkan kartu debit tersebut
4. Masukkan 3 digit kode CVV yang berada di belakang kartu debit
5. Setelah itu, masukkan 6 digit kode PIN baru untuk kartu debit
6. Pilih "Aktifkan"

Cara Top Up Saldo Kartu Debit

1. Setelah aktivasi pilih menu "Card Center"
2. Pilih menu Top Up
3. Lalu pilih kartu debit yang ingin ditambahkan untuk saldo dan tekan "Lanjut"
4. Masukkan nominal transaksi dan cek kembali
5. Pilih kotak "Konfirmasi"
6. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan transaksi pada kartu debit.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait