5 Manfaat Pisang untuk Wajah dan Cara Membuat Masker

Kandungan vitamin A pada pisang bagus untuk melembabkan kulit, serta mengencangkan kulit wajah hingga lebih awet muda. Berikut ulasan manfaat pisang untuk wajah yang perlu diketahui.
Image title
10 Januari 2023, 18:17
Manfaat pisang untuk wajah.
Pexels
Ilustrasi, pisang.

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Pisang juga biasa diolah untuk makanan dan oleh-oleh.

Dari segi kandungan, pisang memiliki banyak antioksidan yang dipercaya ampuh menangkal radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit. Terdapat juga kandungan beberapa vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan.

Pisang juga diketahui mengandung karbohidrat yang relatif tinggi. Selain itu, pisang menjadi salah satu buah yang berserat. Maka dari itu, pisang biasa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan atau sebagai alternatif karbohidrat seperti nasi, roti, dan lain-lain.

Menariknya, semua bagian pisang memiliki manfaat dan bisa dikonsumsi. Mulai dari buah pisang yang dapat dimakan tanpa diolah terlebih dahulu, jantung, batang, hingga daunnya ternyata memiliki berbagai manfaat.

Sementara itu, pisang ternyata memiliki peran dalam produk kecantikan. Salah satu manfaat bisang adalah bagus untuk wajah, karena mengandung vitamin A yang dikenal bagus untuk lembapkan kulit.

Untuk lebih jelasnya, kali ini kami akan memberikan penjelasan lebih jauh mengenai manfaat pisang untuk wajah. Berikut pembahasannya.

Manfaat Pisang untuk Wajah

1. Lembapkan Kulit

Sempat dibahas pada paragraf sebelumnya, kandungan vitamin A pada pisang dikenal bagus untuk memberikan kelembapan pada kulit. Dari manfaat tersebut, pisang bisa membantu mengencangkan kulit dan lebih awet muda. Anda bisa menggunakan pisang yang dihaluskan menjadi masker.

Selain itu, Anda juga bisa memilih alternatif seperti mencari produk perawatan kulit berbahan pisang atau yang terdapat vitamin A di dalamnya. Penggunaan pisang pada wajah juga bisa menjadi solusi untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering.

2. Meredakan Jerawat

Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat
Cara mengecilkan pori-pori wajah bekas jerawat (Unsplash)

 

Melansir dari Halodoc, ternyata pisang juga bisa meredakan jerawat meradang. Dijelaskan bahwa pisang bersifat anti-inflamasi yang bisa menekan pertumbuhan jerawat pada kulit.

Anti inflamasi adalah istilah yang digunakan untuk produk yang tidak menimbulkan peradangan dan justru meredakannya. Demikian halnya dengan pisang, Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah alami setelah dihaluskan seperti bubur. Selanjutnya, poleh pada bagian wajah, kemudian diamkan beberapa menit, terakhir bilas wajah dengan air bersih.

3. Mencerahkan Wajah

MANFAAT PISANG UNTUK WAJAH
MANFAAT PISANG UNTUK WAJAH (Pexels)

 

Manfaat pisang untuk wajah berikutnya adalah mencerahkan kulit. Hal ini mengacu pada kandungan vitamin C yang ada di dalam pisang. Sebagai informasi, vitamin C mampu menghambat produksi melanin yang bisa menambah pigmentasi kulit menjadi relatif lebih gelap. Dengan mengonsumsinya secara langsung atau mengoleskan di wajah, kulit akan lebih cerah.

4. Mengencangkan Kulit

Sempat disinggung pada poin-poin sebelumnya, manfaat pisang untuk wajah juga bisa mengencangkan kulit. Hal ini lantaran terdapat kandungan kolagen yang mampu membantu pembentukan lapisan sel-sel kulit baru. Kolagen juga bisa merangsang pergantian sel kulit mati. Maka dari itu, kolagen pada pisang juga berperan dalam menghempaskan kulit mati yang memicu kulit keriput dan tanda penuaan dini lainnya.

5. Memudarkan Bekas Jerawat

Mengutip dari Alodokter, kandungan vitamin A dan C pada pisang bisa mengatasi bekas jerawat yang tak kunjung hilang. Apabila enggan mengoleskan pisang di wajah, Anda bisa mencari produk skincare yang memiliki kandungan serupa untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah.

Demikian beberapa manfaat pisang untuk wajah yang bisa menjadi solusi untuk permasalahan kulit Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat masker wajah dari pisang untuk wajah. Simak penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Masker Wajah dari Pisang dan Madu

MANFAAT PISANG UNTUK WAJAH
MANFAAT PISANG UNTUK WAJAH (Pexels)

 

Melansir dari situs WikiHow, pisang mengandung vitamin A B, C, dan E. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menambahkan madu yang dikenal bagus untuk wajah. Berikut caranya.

1. Potong pisang menjadi bagian kecil
2. Haluskan pisang di dalam mangkuk menggunakan sendok atau garpu hingga menjadi gumpalan halus
3. Masukkan satu sendok teh madu
4. Masukkan satu sendok teh perasan air lemon
5. Aduk merata
6. Usapkan masker pisang pada wajah menggunakan jari
7. Pijat wajah hingga masker tersebar ke seluruh bagian kulit wajah
8. Diamkan masker selama 10-20 menit
9. Bersihkan wajah menggunakan air hangat dan lap.

Cara Membuat Masker Wajah dari Pisang untuk Kulit Berjerawat

1. Haluskan pisang yang matang di dalam mangkok kecil menggunakan sendok atau garpu
2. Tambahkan ½ sendok teh soda kue
3. Tambahkan ½ sendok teh kunyit bubuk
4. Campurkan hingga merata
5. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit
6. Bilas wajah menggunakan air hangat hingga bersih.

Cara Membuat Masker Wajah dari Pisang untuk Kulit Kering

1. Campurkan ½ buah pisang yang sudah matang
2. Tambahkan 120 gram oatmeal
3. Tambahkan 1 sendok teh madu
4. Tambahkan 1 buah kuning telur
5. Campurkan semua bahan hingga merata
6. Oleskan masker pada wajah menggunakan jari atau kuas bersih
7. Diamkan selama 15 menit
8. Bilas wajah dengan air hangat.

Selain pisang, cara-cara di atas juga bertujuan untuk memaksimalkan manfaat pisang untuk wajah. Dilansir dari situs She Knows, madu berfungsi untuk menghidrasi kulit, sedangkan perasan air lemon bisa menjadi kandungan eksfolian alami. Diketahui bahwa eksfolian alami adalah kandungan yang mampu mengeksfoliasi kulit secara alami.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait