7 Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil dan Kandungan Lengkapnya

Mengandung lemak dan serat tinggi, alpukat banyak dikonsumsi untuk menjaga berat badan. Selain itu, juga ada manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Berikut pembahasannya.
Image title
17 Januari 2023, 16:53
Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil.
pexels
Ilustrasi, buah alpukat.

Alpukat atau Persea americana merupakan buah yang juga biasa disantap bersama hidangan utama. Alih-alih dibuat menjadi minuman, sejumlah orang memilih untuk menyajikannya bersama makanan pokok seperti roti dan sayur-sayuran.

Buah ini juga biasa dikonsumsi saat diet. Lantaran kandungan di dalamnya bagus untuk pencernaan dan dapat membuat kenyang lebih cepat. Untuk lebih jelasnya, berikut kandungan alpukat.

Kandungan Alpukat

Dilansir dari situs Harvard School of Public Health, berikut daftar kandungan buah alpukat:

1. Lemak
2. Serat
3. Vitamin B
4. Vitamin C
5. Vitamin E
6. Vitamin K
7. Asam folat
8. Potasium
9. Magnesium
10. Carotenoids (lutein, zeaxanthin).

Selain kandungan di atas, Katadata.co.id juga akan mengulas tentang beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Di mana, sejumlah kandungannya bermanfaat untuk ibu dan janin. Berikut pembahasannya.

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

1. Cegah Bayi dari Kelainan Tulang

 LOTION UNTUK MEMUTIHKAN KULIT BAYI
LOTION UNTUK MEMUTIHKAN KULIT BAYI (PEXELS)

 

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil yang pertama berasal dari kandungan asam folat. Melansir Halodoc, asam folat mampu membantu tubuh memproduksi dan memelihara sel-sel baru dan mencegah perubahan pada DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, asam folat pada alpukat juga bisa mencegah penyakit spina bifida pada janin. Mengutip dari Prenagen, spina bifida merupakan kelainan yang ditandai dengan keluarnya jaringan sumsum tulang belakang dari punggung. Hal tersebut mengakibatkan cacat lahir karena pembentukan tabung saraf yang tidak sempurna. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi alpukat.

2. Menghindari Anemia

CARA MEREDAKAN SAKIT KEPALA
CARA MEREDAKAN SAKIT KEPALA (pexels)

 

Anemia merupakan masalah yang terjadi akibat tubuh kekurangan sel darah merah. Untuk mencegahnya terjadi, ternyata manfaat buah alpukat untuk ibu hamil juga termasuk mengatasi kurang darah.

Di dalam alpukat terdapat kandungan asam folat yang dapat membentuk sel darah merah. Selain itu, juga ada zat besi juga bagus untuk mengatasi anemia. Alpukat disarankan untuk dikonsumsi lantaran permasalahan pusing atau sakit kepala memang rentang terjadi pada ibu hamil.

3. Meningkatkan Hormon Prolaktin

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui
Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui (Unsplash)

Manfaat buah alpukat untuk ibu hamil berikutnya adalah mampu meningkatkan hormon prolaktin. Mengutip dari Alodokter, hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI. Maka dari itu, sangat bagus untuk pasca melahirkan dan memastikan bayi akan ternutrisi secara maksimal melalui proses menyusui.

Masih melansir dari Prenagen, vitamin E pada alpukat juga berperan dalam memproduksi hormon prolaktin. Diketahui juga bahwa kekurangan jenis hormon ini, dapat mempengaruhi kondisi emosi ibu hamil.

4. Mengatasi Kram

APA MANFAAT BUAH NANAS
APA MANFAAT BUAH NANAS (pexels)

 

Manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya adalah mengatasi kram. Masalah ini memang kerap terjadi pada orang yang sedang hamil. Menurut Alodokter, hal tersebut disebabkan oleh peningkatan hormone yang mengakibatkan penumpukan cairan tubuh. Selain itu, juga ada pengaruh gravitasi yang akhirnya membuat kaki bengkak. Meski dianggap wajar, Anda bisa melakukan upaya tertentu untuk menanganinya.

Salah satunya dengan mengonsumsi alpukat yang mengandung kalium tinggi. Kandungan tersebut mampu menenangkan otot. Menurut rilisan Kementerian Kesehatan, kalium dapat mengendalikan fungsi sel saraf dan otot. Selain itu, juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan tubuh serta mengatur tekanan darah.

5. Mengatasi Mual dan Muntah

MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL
MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL (pexels)

 

Dilansir dari Avocaderia, alpukat mengandung vitamin C dan B6 yang relatif tinggi. Kandungan tersebut mampu meringankan gejala morning sickness dan membantu tubuh agar menyerap nutrisi dalam buah dan sayuran.

Diketahui bahwa morning sickness merupakan rasa mual dan ingin muntah yang biasanya dialami oleh ibu hamil, khususnya pada trimester awal. Selain dapat mengganggu pencernaan, hal ini juga berpengaruh terhadap nafsu makan dan bisa menyebabkan konsumsi nutrisi yang tidak optimal. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi alpukat.

6. Mengandung Lemak Baik

MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL
MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL (pexels)

 

Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak tak jenuh. Bagus untuk dikonsumsi, sangat cocok untuk Anda yang ingin tetap ternutrisi namun senantiasa menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini bisa menjadi solusi untuk ibu hamil yang rawan mengalami kenaikan berat badan secara drastis.

Mengonsumsi alpukat juga membuat Anda kenyang lebih cepat karena kandungan serat di dalamnya. Terlebih buah ini juga bisa dikonsumsi sebagai hidangan utama maupun minuman biasa.

7. Tinggi Serat

MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL
MANFAAT BUAH ALPUKAT UNTUK IBU HAMIL (pexels)

 

Alpukat merupakan salah satu buah yang berserat tinggi. Tak heran ketika banyak yang mengonsumsinya saat ingin menurunkan berat badan. Alpukat bisa mengendalikan gula darah. Buah ini mampu membuang kolesterol jahat yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan ibu hamil.

Tak hanya itu, ternyata buah ini juga bagus untuk ibu hamil. Lantaran serat sangat bagus untuk pencernaan. Khususnya untuk menangani sembelit. Di mana permasalahan ini rentan terjadi pada ibu hamil, khususnya pada bulan kedua atau ketiga kehamilan.

Demikian penjelasan mengenai beberapa manfaat buah alpukat untuk ibu hamil. Dapat disimpulkan bahwa alpukat memiliki kandungan dan khasiat yang beragam. Tidak hanya untuk sang Ibu, ternyata juga bagus untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait