Mengenal Apa Manfaat Buah Nanas hingga Khasiat dan Kandungannya

Image title
17 Januari 2023, 13:37
Apa manfaat buah nanas?
pexels
Ilustrasi, buah nanas.

Nanas atau Ananas Comosus merupakan buah yang banyak tersebar di kawasan tropis. Nanas memiliki manis, asam, dan segar. Lalu apa manfaat buah nanas untuk kesehatan?

Selain dikonsumsi secara langsung, nanas juga bisa diracik menjadi olahan tertentu, baik makanan maupun minuman. Di samping itu, ternyata buah ini mengandung beragam nutrisi.

Kandungan Nutrisi Buah Nanas

Dilansir dari U.S. Department of Agriculture, berikut daftar kandungan yang ada pada 165 gram buah nanas:

MANFAAT NANAS UNTUK KESEHATAN
MANFAAT NANAS UNTUK KESEHATAN (pexels)

1. Kalori: 83 kkal
2. Lemak: 1,7 gram
3. Protein: 1 gram
4. Karbohidrat: 21,6 gram
5. Serat: 2,3 gram
6. Vitamin C: 88%
7. Mangan: 109 %
8. Vitamin B6: 11%
9. Tembaga: 20%
10. Tiamin: 11%
11. Folat: 7%
12. Kalium: 4%
13. Magnesium: 5%
14. Niasin: 5%
15. Asam pantotenat: 7%
16. Riboflavin: 4%
17. Besi: 3%

Selain kandungannya, kami juga akan membahas tentang apa manfaat buah nanas yang patut diketahui. Buah ini kaya akan khasiat yang bagus untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Apa Manfaat Buah Nanas?

1. Meringankan Gejala Artritis

APA MANFAAT BUAH NANAS
APA MANFAAT BUAH NANAS (pexels)

 

Mengutip dari Halodoc, artritis merupakan penyakit yang timbul akibat pembengkakan dan nyeri yang dirasakan pada sendi. Adapun gejala yang umum dirasakan adalah nyeri dan kaku. Biasanya artritis dialami seiring bertambahnya usia. Diketahui bahwa artritis terjadi akibat adanya peradangan pada sendi.

Berkaitan dengan beberapa poin yang sudah dibahas, sifat anti inflamasi pada nanas, tepatnya pada bromelain, dapat berperan sebagai pereda nyeri ketika sendi meradang.

Mengacu pada studi yang dilakukan Varilla dkk (2021), dijelaskan bahwa suplemen bromelain dianggap sama efektifnya dalam meringankan osteoarthritis (salah satu jenis artritis) seperti pengobatan nyeri biasa. Penelitian lain juga menemukan bahwa suplemen pencernaan dengan bromelin dapat membantu menghilangkan rasa sakit yang sama efektifnya dengan obat radang sendi biasa.

2. Membantu Percepat Pemulihan setelah Operasi

APA MANFAAT BUAH NANAS
APA MANFAAT BUAH NANAS (pexels)

 

Mengutip dari Healthline, manfaat nanas untuk kesehatan lainnya adalah mampu membantu percepat masa pemulihan setelah operasi. Hai itu mengacu pada sejumlah penelitian yang menemukan bahwa bromelain mampu mengurangi pembengkakan, peradangan, memar, dan rasa sakit yang biasa terasa setelah operasi. Termasuk juga operasi gigi maupun kulit. Bromelain mampu mengatasi bengkak pasca operasi gigi.

Tak hanya itu, ternyata bromelain juga mempercepat pemulihan otot yang panas setelah olahraga berat. Hal ini bisa mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak. Nanas juga dapat membantu mengisi kembali stok karbohidrat setelah berolahraga.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Sakit perut
Sakit perut (cottonbro/pexels)

 

Manfaat nanas untuk kesehatan berikutnya adalah mengatasi masalah pencernaan. Di dalam nanas, terdapat sekelompok enzim bromelain yang dianggap mampu memudahkan pencernaan ketika mengkonsumsi daging. Hal ini mengacu pada sejumlah orang di negara tertentu yang biasa menyantap daging dengan nanas. Namun terdapat beberapa menu masakan nusantara yang juga memadukan olahan daging dan segarnya nanas.

Bromelain di dalamnya berfungsi sebagai protease untuk memecah molekul protein menjadi blok tertentu seperti asam amino dan peptide kecil. Dengan begitu, daging mudah hancur dan protein bisa dipecah. Usus kecil akan lebih mudah menyerapnya. Melansir dari Health Line, peran nanas saat mengonsumsi daging ini membantu orang yang memiliki insufisiensi pankreas, yaitu kondisi pankreas yang tidak bisa menghasilkan enzim pencernaan secara normal.

4. Meredakan Radang

Ilustrasi, seorang anak menderita penyakit batuk.
Ilustrasi, seorang anak menderita penyakit batuk. (Freepik)

 

Mengutip dari buku The Pineapple (2018), nanas sering digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Diketahui juga bahwa nanas mengandung berbagai macam vitamin, mineral, dan enzim. Seperti yang sempat dibahas sebelumnya, enzim bromelain berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. National Institutes of Health juga sempat merilis tentang penelitian kepada 98 anak yang sehat namun tidak makan nanas.

Dibagi ke dalam beberapa kelompok, mereka diberi masing-masing 140 gram nanas dan 280 gram nanas. Ditemukan bahwa yang memakan nanas memiliki risiko terpapar infeksi akibat virus dan bakteri lebih rendah. Anak-anak yang memakan paling banyak nanas memiliki empat kali lebih banyak sel darah putih. Diketahui bahwa sel darah putih berperan penting dalam menangkal penyakit. Selain itu, penelitian kepada orang dewasa yang mengidap sinusitis kronis juga pernah dilakukan. Diberikan suplemen 500 gram bromelain, mereka secara signifikan bisa pulih lebih cepat.

5. Mengurangi Risiko Kanker

 Alat deteksi kanker usus bernama BioColoMelt-Dx. Foto: Antara.
Alat deteksi kanker usus bernama BioColoMelt-Dx. Foto: Antara. (Antara)

 

Sejumlah penelitian yang dirilis PubMed Central menemukan bahwa manfaat nanas untuk kesehatan salah satunya adalah mampu mengurangi risiko kanker. Caranya adalah dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Tak hanya itu, penelitian tertentu juga menunjukkan bahwa bromelain dapat mengobati kanker yang sudah berkembang.

Sementara itu, Gremmler dkk (2021) menemukan bahwa bromelain yang dikombinasikan dalam terapi kanker ternyata tidak ada manfaat apapun. Maka dari itu, terkait hal ini sangat memerlukan penelitian lebih lanjut.

Demikian penjelasan mengenai apa manfaat buah nanas yang patut diketahui. Selain melancarkan pencernaan, ternyata nanas juga bagus untuk mencegah penyakit tertentu.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait