Mengenal Apa Itu SEM dan Manfaatnya Dalam Pemasaran

Tifani
Oleh Tifani
22 Mei 2023, 12:07
Ilustrasi Apa Itu SEM
Freepik
Ilustrasi Search Engine

Search Engine Marketing atau SEM menjadi bagian penting dalam bidang periklanan digital seperti Google Ads. SEM biasanya digunakan dalam semua tindakan pemasaran search engine.

Pada dasarnya SEM digunakan untuk mengoptimasi website agar berada di peringkat teratas pada halaman mesin pencari google. 

Mengenal Apa Itu SEM

Ilustrasi Search Engine
Ilustrasi Search Engine (Freepik)

Lalu apa itu SEM dan bagaimana menggunakannya? SEM adalah pemasaran menggunakan iklan berbayar untuk memastikan bahwa situs informasi perusahaan ada di halaman mesin pencari. Umumnya, situs tersebut berisi produk atau layanan yang ditawarkan para penjual. 

SEM menjadi salah satu strategi pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas online sebuah situs web pada halaman mesin pencari. Sementara dikutip dari laman gramedia,com, SEM didefinisikan sebagai metode promosi dan periklanan yang dilakukan untuk membantu pemeringkatan konten pada mesin pencari. 

Biasanya, SEM berbentuk iklan penelusuran yang terletak di atas hasil penelusuran organik (tidak berbayar) atau SEO. Dapat disimpulkan, SEM adalah pemasaran menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat situs dalam laman resmi mesin pencari.

Cara kerja SEM adalah dengan menggunakan algoritma pencarian yang rumit. Hal ini berfungsi untuk mendapatkan hasil yang relevan pada mesin pencari.

Manfaat Menggunakan SEM

Ilustrasi Search Engine
Ilustrasi Search Engine (Freepik)

Dalam strategi pemasaran digital memerlukan SEM agar dapat menarik pengguna ke situs yang diinginkan. Dalam hal ini, SEM sangatlah efektif untuk menarik perhatian pengguna dan menghasilkan klik dengan kemungkinan filter berdasarkan kata-kata yang mereka cari.

Dengan demikian, dipastikan bahwa traffic kita terdiri atas orang-orang yang memang punya potensi tertarik dengan produk yang ditawarkan. SEM juga dapat membuat pengguna internet mengenal produk yang dijajakan.

SEM menghasilkan hasil yang cepat dengan menargetkan audiens yang sudah tertarik dengan produk, informasi, atau layanan yang ditawarkan bisnis kamu.

Hal ini menciptakan keunggulan bersaing untuk usaha kecil yang dihadapkan dengan perusahaan yang lebih besar. Selain itu biaya SEM mudah dikontrol sehingga bisa disesuaikan dengan anggaran dan bebas dari kerangka waktu apapun.

SEM pun menjadi salah satu strategi pemasaran yang fleksibel dan terjangkau bagi pemilik bisnis ukuran apapun. Sekitar 74% pengguna internet melakukan pencarian lokal, dan 61% pencarian lokal menghasilkan pembelian, upaya SEM jelas menguntungkan untuk mendapatkan pelanggan.

Contoh Penggunaan SEM 

Ilustrasi Search Engine
Ilustrasi Search Engine (Freepik)

Berikut ini merupakan beberapa contoh penggunaan SEM oleh pengguna internet di Indonesia:

  • Google 

Google menjadi salah satu yang dapat dimanfaatkan untuk SEM. Siapa yang tidak mengenal mesin pencari Google? Media tersebut bisa dibilang sebagai media search engine terbesar yang paling populer.

Search engine yang diberikan oleh Google menjadi yang paling relevan dibandingkan dengan mesin pencari yang lainnya. Inilah yang membuat Google lebih dipercaya oleh sebagian besar pengguna internet di dunia.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...