Memahami Apa Itu Social Media Marketing dan Ragam Manfaatnya

Tifani
Oleh Tifani
22 Mei 2023, 11:50
Ilustrasi Apa itu Social Media Marketing
Freepik
Ilustrasi Social Media Marketing

Sosial media tidak hanya dapat digunakan untuk mendapatkan informasi atau hiburan saja. Saat ini, sosial media juga dapat digunakan sebagai strategi marketing dalam berbisnis. 

Kemajuan teknologi dan banyaknya orang yang menggunakan sosial menjadikan platform ini memiliki nilai lebih. Sosial media dapat menjangkau para penggunanya untuk menjadi target pasar.

Memanfaatkan sosial media untuk strategi marketing dalam berbisnis disebut sebagai social media marketing. Seperti namanya, social media marketing bertujuan untuk mempromosikan produk maupun jasa melalui sosial media atau layanan digital.

Apa Itu Social Media Marketing?

Ilustrasi seorang Digital Marketing
Ilustrasi seorang Digital Marketing (Katadata)

Dikutip dari laman Gramedia.com, social media marketing atau SMM  adalah pemasaran media sosial atau pemasaran digital yang menggunakan platform sosial media. Namun, tidak hanya menggunakan sosial media saja, teknik marketing ini juga menggunakan website.

Tujuannya tentu untuk mempromosikan barang maupun jasa kepada khalayak atau target pasar yang ada di sosial media. Social media marketing melibatkan aktivitas seperti membangun jejaring sosial, menyebarkan dan mengenalkan merek dagang, mencari pelanggan melalui konten dan masih banyak lagi. 

Sosial media marketing cukup menguntungkan untuk perusahaan. Sebab, melalui jejaring media sosial penyedia produk atau jasa dapat berinteraksi dengan pelanggan maupun target pasar. 

Tidak hanya itu, perusahaan juga dapat menjawab pertanyaan dan keluhan pelanggan, mengumumkan produk atau layanan baru, mendapatkan umpan balik dan rekomendasi. Bahkan perusahaan dapat membangun branding demi mencapai tujuan. 

Tujuan Social Media Marketing

Ilustrasi strategi marketing
Ilustrasi strategi marketing (pixabay.com)

Tidak hanya sekedar mencapai tujuan perusahaan, social media marketing juga memiliki beberapa tujuan. Berikut tujuan social media marketing:

Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama social media marketing tentunya untuk meningkatkan penjualan. Sebagai pelaku bisnis, tentunya tujuan dari berbagai kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online atau offline adalah untuk mendapatkan penjualan. 

Setelah melakukan penjualan, maka bisnis Anda akan memperoleh keuntungan. Hasil dari keuntungan tersebut akan membantu pengembangan bisnis.

Dengan besarnya potensi media sosial saat ini, pastinya peluang untuk meningkatkan penjualan pun semakin besar. Anda juga harus ingat bahwa penerapan social media marketing tidak berarti harus berhubungan dengan proses transaksi atau jual beli saja.

Anda bisa menggunakan media sosial untuk mengukur banyaknya leads dan users yang bisa dijangkau.

Membangun Minat Masyarakat dan Meningkatkan Kesadaran Merek

Tujuan social media marketing selanjutnya adalah membangun dan menarik minat konsumen terhadap produk atau jasa yang kamu jual. Tujuan berikutnya adalah meningkatkan kesadaran merek terhadap bisnis Anda. 

Social media marketing telah menjadi teknik pemasaran yang biayanya murah dengan jangkauan konsumen yang tidak terbatas. Jika Anda dapat menerapkan penggunaan social media marketing dengan baik, maka akan memberikan dampak yang signifikan terhadap bisnis yang tengah berjalan.

Memperoleh Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar

Facebook, Instagram, dan TikTok saat ini menjadi media sosial yang paling banyak digunakan para pelaku bisnis dalam membantu promosi dan meningkatkan penjualan secara online. Ketiga media sosial tersebut memiliki jumlah pengguna aktif sangat banyak yang tersebar di seluruh dunia. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...