Kasus Positif Covid-19 di Lingkungan Olimpiade Tokyo 2020 Bertambah

Cahya Puteri Abdi Rabbi
19 Juli 2021, 12:08
Issei Kato/Pool Lambang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 ditampilkan selama acara pembukaan item yang akan digunakan untuk upacara kemenangan, di Ariake Arena di Tokyo, Jepang, Kamis (3/6/2021). olimpiade
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/Pool/WSJ/sa.
Issei Kato/Pool Lambang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 ditampilkan selama acara pembukaan item yang akan digunakan untuk upacara kemenangan, di Ariake Arena di Tokyo, Jepang, Kamis (3/6/2021).

Dua atlet Olimpiade Tokyo dinyatakan positif Covid-19 setelah rekan satu timnya juga dinyatakan terinfeksi virus tersebut. Dilansir dari AFP, Kedua atlet tersebut dinyatakan positif saat dites di kampung atlet Olimpiade Tokyo. Dengan demikian, terdapat tiga orang yang dinyatakan positif Covid-19 di lingkungan Olimpiade Tokyo 2020.

Dua dari tiga orang tersebut merupakan pemain dari tim sepakbola Afrika Selatan (Afsel), dan satu di antaranya adalah analis video tim tersebut. Dilansir dari NPR, dua pemain yang terkonfirmasi positif adalah Thabiso Monyane dan Kamohelo Mahlatsi. Sementara seorang analis video bernama Mario Masha.

Advertisement

Monyane dan Mahlatsi merupakan kasus atlet positif pertama di kampung atlet. Sebagai informasi, kampung atlet merupakan kompleks apartemen dan ruang makan untuk para atlet yang berlaga dalam Olimpiade Tokyo 2020. Kompleks tersebut bakal menampung 6.700 atlet dan ofisial ketika Olimpiade Tokyo 2020.

Sebelumnya, ketiga orang tersebut bersama rombongan kontingen Afsel lainnya dinyatakan negatif ketika berangkat dari negara asal mereka 13 Juli dan tiba di Tokyo pada 14 Juli. Sementara itu, analis video baru diketahui positif pada Kamis (15/7) dan langsung menjalani isolasi. Adapun dua atlet secara beruntun dipastikan positif pada tes Jumat (16/7) dan Sabtu (17/7).

"Mereka sekarang dalam isolasi, akan terus dipantau dan tidak diizinkan untuk berlatih atau melakukan kontak fisik dengan anggota skuat lainnya," kata Kepala Petugas Medis Tim Phato Zondi, dikutip dari NPR, Senin (19/7).

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement