Nama Pantai dan Pulau Karimun Jawa untuk Wisata

Dwi Latifatul Fajri
14 September 2021, 18:20
Nama Pantai dan Pulau Karimun Jawa
ANTARA FOTO/Aji Styawan

Keindahan alam Indonesia sangat beragam, mulai dari pegunungan, dataran, pantai dan laut. Dari sekian banyak keindahan tersebut, salah satu tempat populer yang kerap dijadikan tujuan wisata adalah Kepulauan Karimun Jawa di Jepara, Jawa Tengah.

Terletak di bagian utara pulau Jawa, Kepulauan ini terdiri dari 27 pulau, berukuran besar dan kecil. Terdapat 5 pulau besar dan pulau-pulau kecil yang dijadikan objek wisata, sekaligus budidaya.

Kepulauan Karimun Jawa diresmikan menjadi Taman Nasional pada 29 Februari 1988. Penduduk Karimun Jawa terdiri dari beragam suku dan agama. Beberapa suku yang mendiami kawasan tersebut yakni suku Jawa, Bugis-Makasar, Madura, Buton, Bajau dan Mandar.

Selain pariwisata, kawasan ini juga dijadikan konservasi alam, penelitian, dan pendidikan. Mengutip dari jurnal Tanggung Jawab Pemerintah Daerah dalam Pengelolaan Pulau Karimun Jawa Sebagai Kawasan Wisata Bahari di Jawa Tengah, pulau Karimun Jawa memiliki luas 4.301,5 Ha. Taman nasional ini digunakan sebagai perlindungan, hutan mangrove, dan budidaya.

Tentang Pulau Karimun Jawa

Karimun Jawa terletak di utara laut Jawa dengan luas daratan sekitar 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare. Mengutip jurnal Pesona Pulau Karimun Jawa Sebagai Daya Tarik Wisata Bahari di Jepara, pulau ini ditemukan oleh Sunan Muria.

Menurut legenda, diceritakan bahwa Sunan Muria prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Kemudian, Sunan memerintahkan putranya pergi ke sebuah pulau yang nampak kremun-kremun atau tidak jelas seperti kabur. Harapannya, sang anak bisa memperdalan dan mengembangan ilmu agamanya. Adapun istilah Karimun berasal dari kremun-kremun.

Daftar Pantai Karimun Jawa

Berikut daftar pantai populer di Karimun Jawa

  • Pantai Batu Karang Pengantin, di Desa Kemujan Dukuh Karang Lawang berada di Pulau Kemujan
  • Pantai Ujung Gelam, di Desa Karimun Jawa, Pulau Karimun Jawa
  • Pantai Batu Topeng, di Desa Karimun Jawa, Pulau Karimun Jawa
  • Pantai Barakuda, di Desa Kemujan, Pulau Kemujan
  • Pantai Nirwana, di Desa Karimun Jawa, Pulau Karimun Jawa

Nama Pulau di Karimun Jawa

Karimun Jawa ditetapkan pemerintah sebagai area budidaya dan taman nasional. Di pulau ini terdapat sekitar 400 spesies fauna laut, termasuk 242 jenis ikan hias.

Beberapa satwa langka tinggal di Karimun Jawa, seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Tumbuhan yang menjadi ciri khas daerah ini adalah Dewadaru (crystocalyx macrophylla), yang tumbuh subur di dataran rendah.

Karimun Jawa memiliki 27 pulau yang terdiri dari pulau besar dan pulau kecil. Ada 5 pulau yang menjadi pemukiman penduduk yaitu:

1. Pulau Karimun Jawa
2. Pulau Kemujan
3. Pulau Nyamuk
4. Pulau Parang
5. Pulau Genting

Daftar pulau Karimun Jawa yang tidak berpenghuni

1. Menjangan Besar
2. Menjangan Kecil
3. Cemara Besar
4. Cemara Kecil
5. Geleyang
6. Burung
7. Bengkoang
8. Kembar
9. Katang
10. Krakal Besar
11. Krakal Kecil
12. Sintok
13. Mrican
14. Tengah
15. Pinggir
16. Cilik
17. Gundul
18. Seruni
19. Tambangan
20. Cendekian
21. Kumbang
22. Menyawaka

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...