Kebaya Bakal Warisan Budaya Dunia, Menlu Dukung untuk Olahraga

Intan Nirmala Sari
19 Juni 2022, 11:01
Kebaya, unesco, menlu, divert me
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww.
Seorang perempuan mengenakan kebaya saat Parade Kebaya Nusantara di Keraton Kasunanan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (4/6/2022). Acara tersebut digelar untuk menarik kunjungan wisata di Kota Solo sekaligus upaya mendorong pakaian kebaya sebagai warisan budaya nusantara.

Salah satu sandang khas Indonesia, kebaya tengah diusulkan menjadi warisan budaya dunia dari Indonesia ke UNESCO. Pendaftaran kebaya tersebut, saat ini masih dalam proses. Hal itu mendapat dukungan dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, termasuk menggunakan kebaya saat olahraga.

Dalam kegiatan 'Gerak Jalan Sehat' pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD), Minggu (19/6), Menlu mengatakan kebaya saat ini dalam proses diajukan ke UNESCO.

"Saya sangat mendukung acara 'Jalan Kaki Bersama Perempuan Indonesia Berkebaya' karena kami ingin membudayakan berkebaya," kata Retno, Minggu (19/6).

Menurut Retno, perempuan yang memadati HBKB saat itu turut menunjukkan betapa kebaya sebagai warisan budaya dunia sangat dicintai masyarakat Indonesia. Selain itu, kebaya juga digunakan dalam berbagai kesempatan, termasuk saat berolahraga.

Tak tanggung-tanggung, jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di depan gedung Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, hingga Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, dipadati para perempuan berkebaya yang berjalan kaki dari berbagai kalangan usia.

Adapun jumlah peserta kegiatan tersebut dibatasi, maksimal 2.500 orang. Hal itu menyesuaikan dengan Peraturan Gubernur Nomor 12 Tahun 2016. Selain itu, pola jalan sehat juga diatur setiap kelompok untuk meminimalkan penularan Covid-19, mengingat DKI Jakarta saat ini masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...