Hari Terakhir, 91% Calon Haji Indonesia Sudah Diberangkatkan

Kedatangan terakhir jamaah haji Indonesia ke Arab Saudi, yakni Minggu 3 Juli 2022, sehingga Arab Saudi tidak menerima lagi kedatangan jamaah haji setelah tanggal tersebut.
Image title
Oleh Antara
3 Juli 2022, 12:08
Jamaah calon haji melambaikan tangan saat menaiki tangga menuju pesawat Airbus 330-300 di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (12/6/2022) malam. Sebanyak 360 jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama emba
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/aww.
Jamaah calon haji melambaikan tangan saat menaiki tangga menuju pesawat Airbus 330-300 di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (12/6/2022) malam. Sebanyak 360 jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Banjarmasin Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah diberangkatkan menuju tanah suci Arab Saudi.

Kantor Urusan Haji (KUH) RI mencatat hingga Sabtu (2/7) tengah malam, sebanyak 91.106 jemaah calon haji (calhaj) Indonesia sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. Jumlah tersebut setara dengan 91 % dari total kuota ibadah haji Indonesia untuk 2022.

Berdasarkan data yang dihimpun Media Center Haji di Mekkah, Minggu (3/7), dua kloter calon haji dari Indonesia, dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. jemaah tersebut berasal dari dua embarkasi, yaitu Jakarta-Bekasi (JKS) dan Solo (SOC).

Kedatangan dua kloter tersebut sekaligus menandai berakhirnya fase kedatangan jemaah haji reguler dari Indonesia. Di mana, kedatangan terakhir jemaah haji Indonesia pada 3 Juli 2022, sehingga Arab Saudi tidak menerima lagi kedatangan jemaah haji setelah tanggal tersebut.

Adapun untuk jemaah haji khusus, masih ada kedatangan dalam beberapa hari ke depan. Total kuota haji Indonesia pada 2022 sebanyak 100.051 orang terdiri atas jemaah haji reguler 92.825 orang dan haji khusus 7.226 jemaah.

Advertisement

jemaah yang berada di Mekkah saat ini menanti pelaksanaan puncak ibadah haji. Wukuf di Arafah akan berlangsung pada Jumat (8/7) atau 9 Zulhijah 1443 H. jemaah mulai diberangkatkan menuju Arafah, sehari sebelumnya, tepatnya Kamis (7/7).

Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menetapkan kuota haji sebanyak 1 juta jemaah untuk tahun 2022. Sebanyak 85 % dari kuota tersebut dialokasikan untuk jemaah haji internasional. Sedangkan 15 % sisanya untuk jemaah haji domestik Arab Saudi.

Berdasarkan laporan Saudi Expatriates, jumlah kuota haji internasional yang diberikan ke Indonesia adalah 100.051 jemaah, paling besar dibanding negara-negara asal jemaah internasional lainnya. Berikut gambaran kuota haji 2022, dilansir dari Databoks:

Sebelumnya Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Hilman Latief mengatakan pemvisaan sudah mencapai 100 persen, hanya menunggu pemberangkatan.

"Tapi, nanti mungkin saat pemberangkatan ada yang sakit di asrama haji ini tidak bisa lagi," katanya.

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sempat mengusulkan penambahan kuota haji dari Indonesia. Hal itu disampaikan Luhut di sela kunjungannya ke Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) pertengahan Juni 2022.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait