Mimpi Utomo Bersaudara agar Indonesia Dihormati Dunia Melalui IDN

Intan Nirmala Sari
6 Mei 2022, 07:30
Mimpi Utomo Bersaudara agar Indonesia Dihormati Dunia Melalui IDN
Youtube

Berangkat dari misi untuk menjadikan Indonesia lebih dikenal dan dihormati dunia, Winston Utomo dan William Utomo mendirikan IDN Media. Kini, perusahaan startup media yang bakal menginjak usia delapan tahun itu mengoperasikan dua platform bisnis: IDN dan Yummy. 

IDN Media telah berkembang menjadi perusahaan platform media yang memberikan dampak positif kepada lebih 70 juta generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Produk yang ditawarkan berupa media digital multi-platform yang meliput berbagai berita dan hiburan untuk generasi muda.

Lahir di Surabaya dari keluarga yang berlimpah kasih sayang dan dukungan, Founder dan CEO IDN Media, Winston Utomo mengaku memiliki hubungan yang erat dengan sang adik. Mereka dibesarkan bersama. Karena itu, hubungan Utomo bersaudara tak sebatas kakak dan adik, juga teman baik, hingga partner mendirikan IDN Media.

“Kami besar sama-sama di Surabaya, dari TK-SMA kami tidur bareng meskipun punya kamar masing-masing. It become strong bond,” kata Winston dalam program serial podcast Impactalk yang dirilis oleh Impactto belum lama ini.

[Perbincangan lengkap program Impacttalk tersebut bisa dililhat pada link berikut ini]

Bersama sang adik, Winston kerap bertukar pikiran hingga berbagi ide. Salah satu yang dibahas terkait kegelisahan akan besarnya kesenjangan informasi di ibukota dengan daerah. Dari kacamata Winston, informasi yang tersebar di media digital saat itu hanya berfokus pada kondisi di ibu kota, khususnya Jakarta. “Kenapa Indonesia sangat Jakarta centric?” ujarnya.

Winston mengutip salah satu statistik yang menunjukkan 90 % orang Indonesia tinggal di luar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, alias Jabodetabek. Hanya 10 % penduduk Indonesia yang tinggal di Jakarta dan daerah penyangganya.

Sementara itu, persentase konten digital yang ada di internet, sekitar 90 % mengenai Jakarta. Alhasil, terdapat gap atau kesenjangan informasi sangat besar, dan Winston menilainya sebagai hal yang kurang baik. 

“Karena saya dari Surabaya enggak dapat informasi yang cukup di online atau media digital. Dari sana diputuskan untuk melahirkan IDN Media, dengan produk pertama IDN Times,” kata Winston.

Nama IDN memiliki makna atau arti Indonesia, dengan tujuan produk tersebut dapat mendemokratisasi informasi untuk seluruh generasi milenial dan Gen Z di Indonesia. IDN Media resmi lahir pada 8 Juni 2014 dengan misi menekan kesenjangan informasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...