Anies dan Ganjar Deklarasi Capres, Bagaimana Nasib Prabowo?

Ade Rosman
4 Oktober 2022, 12:55
Anies Ganjar prabowo calon kuat pilpres
Dok. Tim Media Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Api Asri Syubbanul Wathon, Tegalrejo Magelang, Jumat (23/09/2022).

Musim pemilihan presiden (pilpres) 2024 makin semarak. Setelah Partai Gerindra mengumumkan pencalonan ketua umum partai Prabowo Subianto sebagai capres Agustus lalu, giliran Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) angkat suara.

Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pada Senin (3/10) mengumumkan deklarasi atas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sedangkan PSI menyatakan dukungan pada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Berbeda dengan Gerindra, baik Nasdem maupun PSI mendeklarasikan dukungan untuk tokoh yang bukan kader partai.

Dalam pidatonya, Paloh mengatakan pemilihan Anies sebagai capres lantaran memiliki visi yang sama dengan partai. Selain itu Anies diharapkan bisa menjadi pemimpin yang membawa persatuan dan mendorong perbaikan karakter bangsa.

“Kalau ada yang bertanya kenapa Anies? Jawaban saya, why not the best.” ujar Paloh.

Senada dengan Paloh, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan Ganjar dinilai memiliki semangat kebhinekaan yang sama dengan partai. Ganjar diyakini menjadi figur yang tepat menggantikan Joko Widodo lantaran memiliki latar belakang partai yang sama. Selain mengusung Ganjar, PSI juga menjagokan Yenny Wahid menjadi cawapres.

Menanggapi deklarasi Anies dan Ganjar sebagai capres, Wakil Ketua Umum partai Gerindra Habiburokhman menyatakan tidak ada yang istimewa. Gerindra tak gentar dan tetap yakin Capres yang diusung partai yaitu Prabowo Subianto masih unggul. Ia mengatakan, pihaknya siap berkompetisi secara sehat melawan siapapun.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...