Jokowi Satu Mobil dengan Ganjar Usai Anies Deklarasi Capres, Ada Apa?

Rizky Alika
4 Oktober 2022, 10:34
Jokowi dekat dengan Ganjar Pranowo
Setpres
Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menuangkan tanah dan air di titik nol IKN, Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Kawasan Industri Terpadu Batang pada Senin (3/10). Pertemuan terjadi di hari yang sama dengan deklarasi Anies Baswedan sebagai calon presiden dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Tak seperti biasa, dalam kunjungan kerja itu Jokowi dan Ganjar terlihat beberapa kali terlibat pembicaraan empat mata. Bahkan, Jokowi mempersilakan Ganjar yang merupakan Ketua Umum Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) berada satu mobil dengannya.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengonfirmasi Ganjar sempat menaiki mobil Kepala Negara. Menurutnya, Jokowi mengajak Ganjar dalam satu mobil saat menuju tempat acara dan sebaliknya.

“Dari tempat acara ke helipad,” kata Bey kepada wartawan, Senin (3/10).

 Menurut Benny perkara Jokowi mengajak Ganjar satu mobil sebenarnya adalah hal biasa. Ia mengatakan Jokowi sudah beberapa kali satu mobil dengan Ganjar. Presiden juga disebut kerap mengajak kepala daerah yang dikunjungi untuk masuk ke dalam mobilnya.

“Sebelum hari ini, waktu di Maluku Utara juga Presiden satu mobil dengan Gubernur Maluku Utara," kata Bey.

Jokowi bertemu Ganjar dalam kunjungan kerjanya untuk peletakan batu pertama atau groundbreaking PT Wavin Manufacturing. Berdasarkan pantauan Katadata, Ganjar tampak mendampingi Jokowi sejak Presiden tiba hingga meninggalkan kawasan Batang. Ganjar juga menemani Jokowi berkeliling di area groundbreaking Wavin.

Capres Pilihan Jokowi

Kedekatan Jokowi dan Ganjar memang bukan kali ini saja. Di sisi lain, barisan pendukung Jokowi pada pemilu 2019, Projo telah beberapa kali menyatakan dukungan pada Ganjar. Namun Jokowi dalam berbagai kesempatan masih membantah telah memberikan dukungan kepada rekan satu partainya itu.

Jokowi mengatakan, ia masih mengamati situasi dan perkembangan politik yang terjadi. Apalagi, dia menilai masih terlalu dini untuk berbicara mengenai dukungan pada pilpres 2024.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...