Jokowi Pimpin Upacara HUT TNI, Prabowo Megawati Duduk Berdampingan

Rizky Alika
5 Oktober 2022, 10:45
Jokowi pimpin upacara
Istimewa
Presiden Joko Widodo saat acara peresmian Jalan Tol Cibitung - Cilincing Selasa (20/9/2022).

Presiden Joko Widodo memimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77 di Istana Merdeka pada Rabu (5/10). Dalam kesempatan itu, hadir pula Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Dalam pantauan Katadata,Prabowo dan Megawati tampak duduk berdampingan di pilar Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya sesekali berbincang sebelum acara dimulai.
Hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua DPR Puan Maharani, Jenderal TNI Andika Perkasa. Selain itu, upacara turut diikuti oleh tiga matra TNI dari Darat, Laut, dan Udara.

Adapun, Jokowi bertugas sebagai inspektur upacara. Upacara dimulai pada pukul 07.45 WIB.

 Dalam pidatonya, Jokowi menginstruksikan prajurit TNI meningkatkan profesionalitas untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. Ia juga mengingatkan agar pembangunan kekuatan TNI perlu terus selaras dengan pembangunan nasional.

"Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, saya minta TNI tetap harus meningkatkan profesionalitasnya. TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force," kata Presiden Jokowi saat memberikan amanat dalam peringatan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...